banner-detik

fitnfab

Super Segar! Subak Hwachae Cocok untuk Lengkapi Kumpul Keluarga Kamu!

seo-img-article

Mulai memasuki minggu menjelang lebaran, kini saatnya cari inspirasi untuk menyuguhkan minuman segar untuk temani teriknya siang hari saat open house. Subak hwachae bisa jadi pilihan!

Biasanya setelah lebaran, akan banyak keluarga yang melakukan open house di rumahnya, siapapun tetangga, kerabat hingga keluarga akan datang mengunjungi sambil silaturahmi. Bertamu biasanya akan dilakukan di lebaran kedua atau ketiga, setelah di lebaran pertama berkumpul dengan keluarga besar. Nah, bagi kamu yang kebagian jatah untuk melakukan open house, berikut adalah salah satu minuman segar yang bisa dihidangkan di siang hari. 

Subak hwachae atau watermelon punch merupakan salah satu minuman es buah, yang populer di Korea Selatan untuk menemani musim panas yang menyengat. Selain untuk takjil berbuka puasa, kamu juga bisa menyajikan untuk tamu-tamu yang hadir saat open house kamu lho. Yuk, simak resepnya! 

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 

  • Satu buah semangka
  • Soda lemon lime / sprite
  • Susu cair 
  • Krimer kental manis, gula atau madu 
  • Es batu 
  • Tambahan buah (opsional) 

Ada dua cara untuk membuat subak hwachae, yakni langsung di dalam buah semangka, atau di mangkuk. Kamu bisa menjajal dua-duanya untuk bereksperimen! 

Resep Subak Hwachae 

Sama seperti yang dibuat oleh member NCT Dream. Untuk membuatnya super duper mudah banget. Kamu hanya perlu mengeruk buah semangka berbentuk bola atau dipotong kotak-kotak dan di diamkan di dalam semangka yang digunakan sebagai pengganti mangkuk, atau menggunakan mangkuk juga bisa. Kemudian, tambahkan bahan yang telah disiapkan, aduk rata dan subak hwachae siap kamu santap! 

Resep Subak Hwachae with Strawberry 

Resep yang kedua ini nggak jauh berbeda, hanya menambahkan jus strawberry sebagai pelengkap minumannya. Kamu tetap perlu mengeruk semangka dan memindahkannya ke mangkuk. Lalu blender buah strawberry, potongan semangka, susu cair dan gula sampai menjadi jus. Kemudian campurkan jus strawberry dan semangka potong ke dalam mangkuk yang sudah disediakan. Subak Hwachae dengan strawberry bisa kamu santap dengan nikmat dingin-dingin! 

Di Korea Selatan sendiri, minuman ini memiliki varian yang beragam. Ada yang dicampur dengan rice cakes, barley maupun kelopak bunga. Awalnya, minuman ini juga hanya terbuat dari air dengan madu, sirup, gula atau cairan dari omija. Kemudian berinovasi dengan campuran minuman bersoda, buah dan susu. 

Itulah dua resep subak hwachae yang terkenal di Korea Selatan, untuk temani teriknya siang di Indonesia. Tertarik coba? 

 

Image : freepik.com, endeus tv, NCT Daily 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment