banner-detik

fitnfab

Biar Nggak Lemas, Yuk Ikuti 4 Tips Tetap Bugar di Bulan Puasa!

seo-img-article

Masih ada beberapa minggu lagi menjelang lebaran, nih. Biar puasa kamu tetap semangat, yuk simak 4 tips ini agar tetap bugar! 

Buat kamu yang berpuasa, pasti ada momen kamu merasa lelah dan nggak mau ngapa-ngapain. Apalagi buat kamu yang memiliki penyakit asam lambung, rasanya semakin nggak nyaman di jam-jam menjelang buka puasa. Hal-hal seperti ini memang wajar, karena menahan makan dan minum di waktu puasa bukanlah hal yang bisa tahan dilakukan semua orang, apalagi ketika beraktivitas dari pagi. Nah, biar kamu nggak gampang lemas ketika menjalani puasa, berikut adalah beberapa tips tetap bugar di bulan puasa yang bisa diikuti!

Baca juga: Jaga Kulit Tetap Lembap dan Segar saat Puasa, 4 Skincare Ini Wajib Jadi Jagoanmu!

Gunakan waktu sahur dengan makanan bernutrisi 

tips bugar saat puasa

Cara paling mudah untuk menjaga tubuh tetap bugar adalah dengan menjaga asupan gizi. Karena pada bulan puasa waktu makan hanya dua kali, jadi pastikan kamu bisa memaksimalkan waktu yang telah disediakan, yakni ketika berbuka dan sahur. Walaupun rasanya bangun untuk sahur terasa sangat berat, namun sahur jangan sampai kamu skip kalau kamu nggak mau lemas seharian. Di waktu sahur, kamu bisa perbanyak konsumsi makanan yang bisa mengenyangkan perut lebih lama, seperti nasi merah, oat, atau gandum. Kamu juga bisa mendapatkan energi dari protein, telur, keju, maupun daging rendah lemak. 

Penuhi cairan dalam tubuh 

tips tubuh tetap bugar selama puasa

Ketika puasa, biasanya apa yang sering kamu alami? Lebih sering lapar atau haus? Kalau lebih banyak haus, mungkin kamu kurang cairan di dalam tubuhmu. Sehingga kamu merasa lebih sering haus dan lemas. Untuk menjaga tubuh tetap bugar, setidaknya kamu tetap minum air seperti hari-hari biasanya, sebanyak 8-12 gelas sehari. Walaupun waktu minumnya terbatas, tapi kamu tetap harus memenuhi cairan dalam tubuhmu. Lalu, kamu juga bisa mengurangi kafein, supaya nggak bikin buang air kecil terus yang membuat cairan dalam tubuh cepat hilang. 

Baca juga: Harus Dihindari, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Bibir Makin Kering Selama Puasa!

Tidur yang cukup 

Meski dalam hadis dikatakan bahwa tidur adalah ibadah, namun bukan berarti kamu bisa tidur berlama-lama di siang hari hingga menjelang buka puasa. Ketika puasa, ada kegiatan yang dilakukan di sepertiga malam untuk melaksanakan sahur, sehingga waktu tidur yang biasanya kamu gunakan jadi nggak cukup karena harus bangun. Untuk membuat tubuhmu tetap fit, kamu bisa istirahat sementara sebelum melanjutkan aktivitasmu sehari-hari. 

Baca juga: 5 Manfaat Flying Yoga untuk Tubuh Lebih Relax saat Ramadan, Tertarik Coba?

Kurangi asupan manis 

kurangi asupan manis agar tetap bugar

Banyak statement “Berbukalah dengan yang manis” saat bulan Ramadan. Ketika berpuasa, memang sebaiknya berbuka puasa dengan yang manis supaya kadar gula dalam tubuh kamu bisa menjadi energi kembali. Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi banyak makanan dan minuman manis. Alih-alih ingin menjadikan tubuh lebih sehat ketika puasa, justru hal itu dapat menaikkan berat badan. Ketika buka puasa, perhatikan porsi takjil yang kamu ambil supaya nggak terlalu banyak konsumsi gula.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang berpuasa, supaya nggak lemas seharian. Semoga bermanfaat! 

 

Image: freepik 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment