banner-detik

lips

Harus Dihindari, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Bibir Makin Kering Selama Puasa!

seo-img-article

Bibir kering selama puasa adalah salah satu masalah yang sering ditemui selama Ramadan. Apakah kamu juga mengalaminya?

Kekurangan cairan selama berpuasa memang mudah memicu kondisi kulit kering dan bibir kering, bahkan pecah-pecah. Namun, masalah ini bisa diatasi, kok! Selain selalu menggunakan lip balm kesayanganmu, ada hal-hal lain yang penting untuk diperhatikan. Kamu sebaiknya menghindari kesalahan di bawah ini, supaya bibir keringmu nggak semakin parah! Simak, yuk!

Baca juga: 5 Glossy Lip Tint Lokal yang Bikin Bibir Lembap saat Puasa!

Menjilat bibir

menjilat bibir bisa membuat bibir kering

Biasanya, tanpa sadar kita akan menjilat bibir saat bibir terasa kering. Ini adalah kebiasaan yang salah, lho! Bukannya jadi lembap, bibir kering akan jadi semakin kering. Bibir hanya akan basah sementara. Air liur justru akan mengangkat lapisan kulit bibir yang tipis dan sensitif, dan malah mengurangi kelembapan alaminya. Jadi, tiap kali bibir terasa kering, langsung aplikasikan lip balm atau lip oil saja ya!

Baca juga: Kiehl’s Rilis Produk Baru untuk Rangkaian ‘Clearly Corrective’ yang Bisa Bantu Mencerahkan Kulit Wajah!

Mencabut bibir yang mengelupas

Cracked lips memang menyebalkan. Selain bikin tampilan lipstik jadi nggak mulus, kita pun jadi seperti orang sakit. Nggak mau dong selalu punya bibir pecah-pecah selama puasa? Nah, biar kondisinya nggak makin parah atau berdarah, jangan cabut bagian bibir yang mengelupas, ya!

Mencabutinya adalah tindakan mengeksfoliasi secara paksa, sehingga bibir bisa ‘trauma’, luka, dan terasa perih. Kamu bakalan makin nggak nyaman dan nggak pede. Jadi, tahan tanganmu untuk nggak mengutak-atik bibir yang mengelupas. Selalu sedia lip balm di dekatmu, dan bawa ke mana pun kamu pergi.

Baca juga:Rayakan Ramadhan dengan Hidangan Istimewa di The Langham Jakarta!

Menggunakan lip scrub

lip scrub bikin bibir kering

Salah satu step merawat bibir adalah menggunakan lip scrub secara rutin. Namun, sebaiknya hindari pemakaian lip scrub ini saat bibir sedang kering akut atau pecah-pecah. Apalagi menggosoknya dengan keras. Wah, bisa-bisa bibir jadi perih dan iritasi!

Jadi, sembuhkan dan tenangkan dulu kondisi bibirmu dengan lip salve atau lip balm yang sangat menghidrasi. Ketika keadaannya jadi lebih baik dan bibir nggak lagi mengelupas, kamu bisa gunakan lip scrub 2-3 hari sekali untuk mengangkat kulit mati dan membuat bibir lebih soft. Jangan lupa, setelah eksfoliasi kamu harus kembali melembapkannya. Gunakan lip balm supaya bibir kembali lembap dan glowing.

Memakai lipstik matte

It’s a big no! Saat bibir sedang kering apalagi pecah-pecah, kamu simpan dulu ya lipstik matte favoritmu. Pilih lipstik atau lip tint dengan finish satin atau glossy yang punya kandungan pelembap seperti vitamin E, shea butter, atau natural oil. Untuk sehari-hari, kamu juga bisa pakai tinted lip balm saja, supaya bibir tetap lembap sekaligus memberikan warna cantik yang bikin look lebih segar. Kalo kamu memaksakan pakai lipstik matte, apalagi yang formulanya sangat tahan lama sampai susah dihapus, bibir akan jadi lebih kering, pecah-pecah, bahkan jadi perih saat dibersihkan.

Baca juga: Cocok Dipakai saat Bekerja, Ini 8 Rekomendasi Lipstik Para News Anchor!

Kurang asupan air putih

kurang asupan air putih bikin bibir kering

Ini basic, tapi tetap sangatlah penting. Sebaiknya kamu minum air putih yang cukup meskipun di bulan Ramadan. Kamu bisa menerapkan metode 3 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 3 gelas lainnya saat malam hari sampai sebelum tidur. Jangan lupa juga makan sayur dan buah setiap hari, karena selain berfungsi melancarkan pencernaan, juga baik untuk menjaga kulit dan bibir tetap lembap.

lip sleeping mask untuk bibir kering

Nah, itulah 5 kesalahan yang harus kamu hindari biar bibir tetap lembut dan sehat selama puasa. Selain 5 hal di atas, kurangi juga makan makanan yang asin dan pedas, karena bisa bikin bibir kering jadi iritasi dan meradang. Gunakan juga lip sleeping mask secara rutin sebelum tidur ya! Selamat mencoba.

 

Image: Dok. Brands, Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment