banner-detik

beautypedia

Kenalan Sama Manfaat Habbatussauda dan 5 Produk yang Mengandung Kebaikannya!

seo-img-article

 

Bahan alami yang juga dikenal sebagai jintan hitam ini memang sudah diketahui khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun apa manfaat habbatussauda untuk kecantikan?

 

Nama habbatussauda mungkin sudah sering didengar, terutama oleh umat Muslim. Habbatussauda sebenarnya adalah jenis tumbuhan dengan nama ilmiah Nigella sativa, atau sering dikenal juga sebagai jintan hitam. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di Bulgaria, Romania, Cyprus, Turki, Iran, dan Irak. Tapi kenapa habbatussauda bisa jadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir?

Baca juga: Produk Skincare yang Perlu Dihindari Saat Puasa

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan

manfaat habbatussauda

Menurut hasil riset Nigella sative: Monograph, selama ribuan tahun tumbuhan ini sudah diandalkan sebagai rempah untuk memasak serta untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Menurut hasil riset yang sama, berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu efek jintan hitam sebenarnya terhadap tubuh dalam dua dekade terakhir. Ternyata ekstraknya memang berguna sebagai anti diabetes, anti hipertensi, anti inflamasi, anti mikroba, dan lain-lain. Dilansir dari Healthline, habbatussauda juga kaya akan antioksidan. Para ahli pun percaya bahwa berbagai manfaat kesehatan yang didapat setelah mengonsumsi jintan hitam adalah karena kandungan antioksidannya.

 

Manfaat habbatussauda untuk kecantikan

manfaat habbatussauda

Selain untuk kesehatan tubuh, pasti penasaran kan apa sih manfaat habbatussauda untuk kecantikan? Studi Dermatological effects of Nigella sativa melibatkan sekelompok orang yang berjerawat untuk dites apakah Nigella sativa oil lotion 10% bisa mengurangi jerawat mereka. Hasilnya, 58% pesertanya pun menilai bahwa perawatan yang mereka jalankan terbilang baik. Penasaran gimana efeknya kalau diaplikasikan langsung ke kulitmu? Ini dia sejumlah produk skin dan body care  dengan kandungan habbatussauda yang bisa dicoba!

 

Odacité Black Cumin + Cajeput Serum Concentrate

Odacité Black Cumin + Cajeput Serum Concentrate ini terbuat dari jintan hitam organik yang tumbuh di Israel. Teksturnya ringan dan memiliki aroma minyak kayu putih yang khas. Bernadetha Shinta adalah salah satu FD Member yang sudah merasakan manfaatnya dalam mengatasi jerawat. Menurutnya, “Awalnya pake ini pas cuma di jerawatnya aja dan emang bener besoknya langsung kempes! Terus pas lagi hormonal acne, aku campur ke moisturizer dan emang beneran ngeredain jerawat gitu.”

 

Studio Tropik Fresh Skin Barrier Cream

Ternyata Studio Tropik Fresh Skin Barrier Cream menggunakan habbatussauda sebagai salah satu kandungannya, lho. Fungsinya dalam krim ini adalah untuk mencegah tumbuhnya bakteri C. acnes yang jadi penyebab jerawat. Selain itu juga untuk mempercepat proses penyembuhan kulit, sekaligus mempertebal lapisan epidermis supaya skin barrier lebih kuat. FD Member Habba Nahril Labana Addafiqi pun puas banget sama krim ini dan memberikan review setelah habis tiga jar, “overall my dry acne prone skin love this one so much as a PM moisturizer.”

 

Safi White Expert Illuminating Day Cream SPF15 PA ++

Selain mengandung habbatusauda, Safi White Expert Illuminating Day Cream SPF15 PA ++ juga dilengkapi dengan teknologi OxyWhite yang membantu supaya kulit terlihat lebih cerah, halus, dan warna lebih merata. Menurut FD Member Syaharani Radela Paramesti, krim ini bagus banget di kulitnya karena wajah yang dulunya kusam menjadi cerah perlahan-lahan.

 

Mutouch Body Lotion Goats Milk with Habbatus Sauda

Mutouch Body Lotion Goats Milk with Habbatus Sauda memadukan kebaikan dari habbatusauda, minyak zaitu, dan madu. Produk ini dibuat untuk melembapkan dan menutrisi kulit secara menyeluruh. Namun, ternyata yang membuat FD Members seperti Khansamanda dan Linda suka sama produk ini justru karena wanginya, lho!

Baca juga: Tetap Glowing Selama Ramadan, Ini Cara Merawat Skin Barrier saat Puasa!

 

Purbasari Hand & Body Lotion Habbatussauda

Alternatif body lotion lain yang juga mengandung habbatussauda adalah Purbasari Hand & Body Lotion Habbatussauda. Produk ini gak hanya terbuat dari jintan hitam aja. Tapi juga diperkaya dengan Extract Herb Whitening untuk membantu melembapkan, mencerahkan, dan meratakan warna kulit secara alami.

Well, ternyata banyak sekali ya manfaat dari habbatussauda untuk kita! Dari deretan produk di atas, kamu tertarik untuk coba yang mana nih? Tuliskan di kolom komentar yaa.

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment