banner-detik

lifestyle

Ide Menu Sahur Andalan Anak Kos yang Praktis, Tanpa Perlu Dimasak!

seo-img-article

 

Mau sahur yang bergizi tapi malas masak? Tenang aja, ada banyak kok menu sahur yang praktis, nggak perlu dimasak, tapi tetap sehat. Cocok banget buat anak kos!

 

Anak kos mana suaranyaa? Kalau di rumah mungkin kita bisa lebih leluasa berkreasi dengan berbagai resep masakan untuk sahur. Lebih menguntungkan lagi kalau masih tinggal bersama orang tua yang produktif, bangun sahur bisa tinggal duduk manis dan menyantap hidangan yang tersedia. Beda halnya dengan di kos-kosan yang belum tentu ada dapurnya. Kalau pesan makanan online terus, pasti ada jenuhnya juga, kan? Supaya nggak bingung-bingung lagi, kamu bisa contek ide menu sahur andalan anak kos di bawah ini, praktis tanpa perlu dimasak.

Eits, menu sahur ini nggak cuma untuk anak kos saja lho. Kalian yang lebih suka light meal saat sahur juga bisa mencobanya. Walaupun simpel, bahan-bahannya tetap bernutrisi kok!

Baca juga: Cocok untuk Buka Puasa, HAKU Tokyo Cheese Delight Menghadirkan Es Krim Cone Keju Pertama di Indonesia!

 

Avocado Toast 

Alpukat merupakan salah satu superfood karena beragam kandungan nutrisi di dalamnya baik untuk kesehatan. Buah ini mengandung protein, serat, vitamin, sekaligus karbohidrat. Jadi kalau kamu hanya ingin makan roti untuk sahur, bisa banget “upgrade” selainya pakai alpukat. Berikut resep avocado toast paling simpel versi saya.  

menu sahur anak kos

Bahan-bahan:

    • Roti pilihan
    • Alpukat matang – ½ atau 1 buah
    • Sour cream
    • Garam
    • Merica
    • Smoked salmon (opsional)

Cara membuat:

  1. Siapkan 1-2 lembar roti, bisa dipanggang terlebih dulu ataupun tidak.
  2. Haluskan alpukat yang sudah matang menggunakan garpu.
  3. Aduk sour cream hingga tercampur rata dengan alpukat yang sudah dihaluskan.
  4. Oleskan avocado spread di atas roti hingga rata.
  5. Taburkan sejumput garam dan merica di atasnya.
  6. Tambahkan smoked salmon sebagai topping

 

Oatmeal atau Overnight Oat

menu sahur anak kos

Pasti sudah tahu ya, kalau oatmeal punya banyak manfaat baik untuk tubuh? Yup, oatmeal sering banget direkomendasikan sebagai makanan tinggi serat yang menyehatkan untuk sarapan. Supaya praktis, kamu bisa membeli instant oatmeal yang hanya perlu diseduh air atau susu panas untuk membuatnya. Topping-nya pun bisa disesuaikan dengan selera, bahkan hanya dicampur dengan madu saja sudah yummy

resep overnight oat

Kalau mau lebih praktis lagi, kamu juga bisa membuat overnight oatmeal yang cara bikinnya juga tinggal “cemplung-cemplung” saja dan diletakkan dalam kulkas semalaman. Bahan-bahan overnight oatmeal andalan saya cuma oat instan, susu, madu, yoghurt, chia seeds, berries (atau pilihan buah lain), muesli, dan selai kacang. Yes, coba deh tambahin peanut butter ke overnight oatmeal-mu, lezat dan tinggi protein! 

 

Nasi + Abon

Nggak ada salahnya nyetok abon di bulan puasa ini. Kalau lagi kepepet, tinggal masak nasi di rice cooker, terus taburin deh! Kalau nggak ada rice cooker juga nggak perlu khawatir, kamu bisa bikin nasi porang yang tinggal diseduh air panas. Supaya lebih sehat, kamu bisa pilih abon yang bebas MSG dan pengawet. Oh ya, supaya tetap ada sayurnya, kamu juga bisa lho sedia timun, romaine lettuce, atau dedaunan salad lainnya yang nggak perlu dimasak.

Baca juga: Cocok Buat Diet, Ini 5 Makanan yang Nggak Bikin Gemuk Meski Disantap Malam Hari!

 

Smoothie Bowl

Untuk membuat hidangan ini kamu cuma perlu blender! Berikut resep smoothie bowl praktis yang bisa kamu coba.

menu sahur anak kos

Bahan-bahan:

    • Buah naga (1 buah bisa untuk porsi berdua)
    • Oatmeal instan
    • Yoghurt (plain)
    • 1 sdm madu (atau sesuai selera)
    • Pisang (bisa pilih topping buah lainnya)
    • Susu pilihan
    • Muesli
    • Chia seeds

Cara membuat:

  1. Haluskan buah naga, oatmeal instan, yoghurt, madu, dan susu dengan blender, pastikan tekstur kental, tidak terlalu cair.
  2. Tuang ke dalam mangkuk.
  3. Tambahkan irisan buah, chia seed, dan mixed nuts di atasnya sebagai topping.

Kalau buat saya sendiri, keempat menu tadi sudah cukup mengenyangkan dan menutrisi untuk sahur. Jangan lupa disertai dengan asupan air putih yang cukup ya! 

 

Images: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment