banner-detik

fitnfab

Penuh Nutrisi, Ini 4 Menu Takjil yang Bisa Kamu Hidangkan untuk Buka Puasa

seo-img-article

Bulan Ramadan sudah datang lagi, kini saatnya eksplor takjil apa saja yang mau dihidangkan untuk buka puasa!

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi kamu yang merayakan! Di bulan suci ini, apapun menjadi nikmat ketika sudah waktunya berbuka puasa. Namun, apa yang dianggap nikmat nggak selamanya penuh nutrisi. Ketika berpuasa, tubuh akan mengambil energi dari cadangan gula dari dalam tubuh. Namun, semakin berkurang energi maka akan berkurang juga gula di tubuh. Itu sebabnya, kita dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis. Nah, berikut adalah beberapa ide menu takjil bernutrisi yang bisa kamu coba di rumah!

Baca juga: Cocok untuk Buka Puasa, HAKU Tokyo Cheese Delight Menghadirkan Es Krim Cone Keju Pertama di Indonesia!

Sop buah 

Salah satu takjil yang menjadi favorit ketika buka puasa adalah sop buah. Uniknya, ketika hari biasa nggak pernah kepikiran untuk membelinya. Namun waktu ramadhan tiba, sop buah menjadi prioritas utama untuk berbuka. Siapa yang setuju? Sop buah yang kaya nutrisi ini bisa kamu buat sendiri di rumah menggunakan buah-buahan yang ada. Nggak perlu menambahkan gula atau pemanis buatan, karena buah sendiri sudah memiliki rasa manis yang mampu menggantikan energimu yang terkuras seharian. 

Kolak pisang 

Siapa tim kolak pisang saat buka puasa? Pasalnya, kolak pisang merupakan salah satu takjil yang padat gizi dan juga menambah asupan kalium. Kalium sendiri dapat membantu otot dan saraf berkontraksi, menjaga detak jantung supaya stabil, mengedarkan zat gizi ke seluruh tubuh, membuang sisa metabolisme, hingga mengontrol tekanan darah. Selain itu, kolak pisang juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama, lho. Meski memiliki manfaat yang bagus, namun kamu harus mengonsumi secukupnya saja ya, jangan sampai berlebihan.

Baca juga: Cocok Buat Diet, Ini 5 Makanan yang Nggak Bikin Gemuk Meski Disantap Malam Hari!

Kurma 

Jika sering mengikuti serangkaian buka bersama di beberapa restoran, cafe, bahkan dari sekolahan, akan selalu ada kurma di setiap takjilnya dalam jumlah ganjil. Buah yang manis ini memang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk dimakan secara ganjil. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an maupun secara ilmiah yang dibuktikan dalam penelitian. Itu semua karena kurma dalam jumlah ganjil dan genap akan memberi efek yang berbeda. Jika mengonsumsi dalam jumlah genap akan menghasilkan gula, tanpa memberi banyak energi. Sementara, jika konsumsi dalam jumlah ganjil akan melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan. Sehingga kamu bisa mendapatkan energi kembali. 

Baca juga: Menghidrasi dan Mengenyalkan Kulit, Ini 4 Skincare untuk Usia 40-an yang Cocok Dipakai saat Puasa!

Chicken salad 

Bagi kamu yang ingin melakukan diet saat puasa, takjil yang satu ini bisa kamu coba. Mengolahnya pun mudah, kamu hanya cukup memanggang dada ayam yang telah dipotong, kemudian ditambah sayur. Supaya ada rasa nikmat, kamu bisa menambahkan seasoning wijen sangrai atau mayonaise rendah lemak. Dengan adanya serat dalam sayur, dan protein dalam daging ayam, akan membuat energimu kembali utuh. 

Itulah beberapa menu takjil yang bisa kamu hidangkan selama berpuasa di rumah. Silahkan mencoba! 

 

Image: freepik 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment