banner-detik

beauty

Perlu Tahu! Tipe Kerutan yang Bisa Diatasi dengan Botox untuk Tampilan Awet Muda

seo-img-article

Botoks memang bisa menyamarkan kerutan di wajah biar terlihat awet muda, selama kerutan tersebut sifatnya dinamis. 

Cara kerja botoks adalah dengan mengencangkan otot-otot pada bagian wajah kalian, sehingga efek yang didapatkan adalah kulit lebih kencang, menyamarkan garis halus, dan overall bikin wajah kita terlihat lebih awet muda. Kalau dulu kita tahunya botoks itu hanya dilakukan oleh orang-orang yang usia 30-40 tahunan, sekarang banyak banget perempuan dan laki-laki yang sudah melakukan botoks di usia muda, seperti 20 tahun.

Setelah saya ngobrol dengan Dr. Vania Aramita Sari, SpBP-RE, botoks justru lebih baik dilakukan sejak usia muda lho. Karena kerutan pada wajah itu dibagi menjadi dua, yaitu dinamis dan statis. Menurut Dr. Vania, kerutan dinamis adalah kerutan yang memang akan dialami setiap orang secara alami. Kerutan dinamis ini akan muncul atau terlihat ketika kita sedang berekspresi, misalnya seperti sedang senyum.

Kemudian kerutan statis disebabkan oleh berkurangnya elastisitas kulit, pada bagian wajah yang mengalami kerutan dinamis berulang. Misalnya smile lines, yang tadinya kerutan terlihat hanya saat kita tersenyum, tapi karena berkurangnya elastisitas pada kulit, smile lines tersebut tetap terlihat ketika kita sedang diam saja.

Kalau kamu nggak ingin kerutan statis muncul di usia yang masih muda, misalnya pertengahan 20-30 tahunan, solusinya adalah meminimalisir ekspresi wajah kalian. Dr. Vania mengatakan, boleh saja berekspresi dengan wajah kalian, supaya kalian nggak kaku ketika diajak berbicara. Namun saran dari dokter adalah ketika sedang berekspresi jangan terlalu berlebihan, sehingga gerakan otot nggak menghasilkan garis kerutan yang terlalu dalam.

Baca juga: Harus Ada di Skincare Routine, Ini 5 Ingredient Jagoan yang Bikin Kulit Awet Muda!

 

Namun kalau sudah terlanjur terlihat adanya kerutan dinamis, Dr. Vania menyarankan untuk melakukan botox, atau dalam dunia medis dikenal sebagai Botulinum Toxin. Tak perlu takut botox akan membuat wajah kalian kaku. Dr. Vania menyampaikan kalau botox yang baik dan benar adalah menyuntikannya hanya pada area yang dibutuhkan dan dengan dosis yang tepat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya perawatan kulit juga perlu diperhatikan.

Tapi nih, kalau kerutan dinamis yang ada di wajah kalian sudah berat, khususnya di usia 50 tahun keatas, memang nggak bisa lagi diperbaiki dengan melakukan botox. Treatment yang bisa kalian lakukan adalah  Face Lift dan Fat Graft. Face Lift dilakukan pada kasus yang memang sudah berat, jadi kerutan yang sudah sangat dalam. Sedangkan untuk kerutan yang sedang, bisa diatasi dengan  mengisi celah kerutan dengan Fat Graft atau filler.

Baca juga: Tetap Konsumsi Garam, Ini Rahasia Tyo Nugros Awet Muda di Usia 52!

Sebelum kalian mengambil tindakan apapun, memang ada baiknya untuk konsultasi ke dokter kulit dulu ya. Karena dokter yang akan lebih paham tindakan mana yang tepat untuk mengatasi permasalahan kulit kalian. Salah atau memaksakan satu treatment untuk kondisi kerutan tertentu, kadang hasilnya malah nggak akan natural di wajah lho.

Jadi, coba deh atur jadwal konsultasi dengan dokter kesayangan kalian, supaya tahu apakah kamu sudah membutuhkan botox sekarang.

Image Source:  Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment