banner-detik

skin care

Harus Ada di Skincare Routine, Ini 5 Ingredient Jagoan yang Bikin Kulit Awet Muda!

seo-img-article

 

Siapa sih yang nggak pingin tampil awet muda? Punya kulit sehat dan tampak muda lebih lama adalah impian semua orang! Tentunya ada sederet upaya yang harus dilakukan, dong. Contohnya, kamu bisa bersahabat dengan “resep” skincare di bawah ini!

 

Untuk memiliki kulit yang terawat dan awet muda, tentu banyak step yang harus dilewati. Gaya hidup harus sehat, tidur cukup setiap hari, nggak makan terlalu banyak gula (yang bikin inflamasi pada kulit!), level stres yang bisa dikontrol, sampai rutin self-care dan nggak terlalu banyak membanding-bandingkan diri dengan orang lain adalah beberapa kuncinya. Yes, tubuh dan jiwa yang sehat akan memancarkan cahayanya sendiri!

Skincare sangat berperan penting, tapi kamu juga nggak bisa asal pilih. Kebutuhan kulit usia 30 tahun ke atas sudah berbeda dengan ketika remaja, sehingga produk yang kamu pakai sebaiknya nggak cuma melembapkan saja. Kamu butuh perlindungan dan kandungan-kandungan yang memang lebih advance dan terkenal bisa memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Apa saja kandungan yang bisa kamu jadikan bestie supaya kulit awet muda dan awet glowing-nya? Simak di bawah ini!

Sunscreen

Pastinya, sunscreen adalah produk skincare yang amat dibutuhkan, bukan hanya untuk menghindari kulit menggelap dan munculnya banyak dark spots, tapi juga mencegah fine lines dan kerutan datang lebih cepat. Yup, prevention is the key! Kamu bisa pakai sunscreen dengan SPF minimal 30 dan memilih tekstur yang ringan dan nyaman di kulitmu. Sunscreen nggak hanya melindungi DNA di kulitmu dari kerusakan akibat sinar UV, tapin juga membuat sel kulit beristirahat dan beregenerasi. Semakin muda usiamu saat mulai menggunakan sunscreen, biasanya akan semakin baik hasilnya.

Baca juga: Mau Glowing dan Awet Muda seperti Song Hye Kyo? Ini 6 Upaya yang Bisa Kamu Lakukan!

Vitamin C

Awet Muda

Kamu tahu dong kalau vitamin C adalah salah satu ingredient skincare paling populer? Tentunya bukan tanpa alasan! Vitamin C adalah antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas, bisa mendukung produksi kolagen di kulit, serta mengurangi hiperpigmentasi. Multifungsi banget, kan? Kolagen sangat diperlukan oleh kulit kita untuk tampil tetap kencang dan kenyal, tapi sayangnya seiring kita bertambah usia, jumlahnya terus berkurang. Makanya, kita bisa menggunakan serum atau moisturizer dengan kandungan vitamin C untuk menstimulasi produksi kolagen, supaya kulit tetap awet muda. Lakukan secara teratur 2 kali sehari dan gunakan sunscreen setiap pagi. Hello, plumpy and brighter skin!

Baca juga:  Penting Banget, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Serum Vitamin C! 

Retinoid

Awet Muda

Dalam dunia perawatan kulit, sudah bukan rahasia lagi kalau retinoid adalah holy grail untuk bikin kulit awet muda! Retinoid adalah bahan turunan vitamin A yang bekerja lebih dalam pada kulit, meningkatkan produksi kolagen di bagian epidermis dan dermis, meningkatkan pembaruan sel-sel kulit, hingga membantu meratakan warna kulit. Retinoid ini adalah kata yang lebih “umum”, yang menaungi beberapa ingredients lainnya seperti retinol yang dijual dalam produk skincare di pasaran atau produk Over The Counter (OTC), hingga retinoid yang diresepkan oleh dokter seperti tretinoin.

Meski powerful, namun retinol memang kandungan yang cukup tricky. Biar kulit nggak jadi kering dan ‘ketarik’, kamu bisa pilih produk skincare retinol dengan formulasi yang lebih gentle, serta memiliki perpaduan bahan lain yang melembapkan, menenangkan, dan menguatkan skin barrier, seperti Hyaluronic Acid, Ceramide, dan Centella Asiatica.

Namun, para ibu hamil dan menyusui harus bersabar dulu nih untuk menghindari retinol sementara waktu. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan ingredient skincare lainnya yang juga pintar untuk melawan tanda-tanda penuaan dan bikin awet muda, contohnya 5 bahan ini! Beberapa serum lokal ini juga bisa diandalkan untuk bikin kulit kencang meski tanpa kandungan retinol.

Baca juga: Bikin Kulit Glowing dan Bisa untuk Pemula, Ini 3 Serum Retinol Lokal yang Underrated!

Hyaluronic Acid

Awet Muda

Tahukah kamu, seiring kita bertambah usia, kulit akan jadi semakin kering? Nah, bagi kulit kering, Hyaluronic Acid adalah penyelamat yang bisa memberikan hidrasi instan dan efek plumpy. Hyaluronic Acid sangat bvaik untuk menarik kadar air dari sekitar, membuat kulit selalu terasa lembap. Kalau kulit selalu terhidrasi, maka dia akan kelihatan kenyal dan glowing, serta nggak mudah membentuk kerutan. Makanya, banyak banget produk untuk aging skin atau mature skin yang berbahan dasar Hyaluronic Acid. Serunya, Hyaluronic Acid juga merupakan ingredient yang versatile, bisa dipakai dari usia remaja, cocok untuk semua jenis kulit, bisa dikombinasikan dengan active ingredient lainnya, plus aman untuk ibu hamil dan menyusui juga. Untuk rekomendasi skincare yang bagus dengan kandungan Hyaluronic Acid, kamu bisa cek di sini.

Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini Supaya Kulit Area Mata Tetap Awet Muda dan Nggak Gampang Keriput!

Peptide

Awet Muda

Meski lebih tidak sepopuler retinol, Peptide juga merupakan hero dalam produk-produk skincare yang menunda aging, lho! Peptide adalah susunan protein yang memberi sinyal pada kulit untuk membentuk kolagen. Makanya, kalau suplai Peptide dalam kulit kita cukup, maka kulit bisa jadi lebih supple dan firm, karena kolagen terus diproduksi. Peptide juga bisa meningkatkan kelembapan di kulit kita, lho. Menggunakan skincare dengan kandungan Peptide secara rutin setiap hari, bisa membantu mengurangi tampilan fine lines dan wrinkles. Cocok banget untuk usia 30-an hingga 50-an! Nggak lagi susah ditemui, kini Peptide muncul sebagai bahan utama di berbagai produk skincare, mulai dari moisturizer hingga eye treatment.

Baca juga: Kunci Kulit Supple dan Awet Muda, Ini 5 Toner Peptide yang Layak Dicoba!

 

Jadi, itulah beberapa ingredient yang punya role penting dalam menciptakan kulit glowing, segar, dan awet muda! Apakah kamu sudah akrab dengan semuanya? Mana yang jadi favoritmu?

 

Image: Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment