banner-detik

makeup

5 Rekomendasi Concealer Lokal untuk Kulit Sawo Matang, Lengkap dengan Shade-nya!

seo-img-article

Punya kulit sawo matang dan lagi cari concealer yang bagus dari brand lokal? Sebelumnya, samakan dulu yuk persepsi tentang kulit sawo matang. Lalu baca sampai akhir untuk lihat rekomendasinya!

Setuju nggak kalau orang Indonesia sering diidentikkan dengan warna kulit sawo matang? Tapi, definisi kulit sawo matang itu sebenarnya yang seperti apa sih? Sama seperti ‘putih gading’ atau ‘kuning langsat’, ‘sawo matang’ sebenernya hanya merupakan istilah yang dipakai untuk dengan mudah melabelkan rona kulit kecokelatan. Kalau mengacu pada skala Fitzpatrick, kulit sawo matang termasuk dalam tipe kulit 5. Ciri-cirinya adalah kulit berwarna cokelat sampai cokelat gelap, dengan warna rambut dan mata cokelat tua menuju hitam. Kulit sawo matang juga biasa disebut sebagai ‘tan‘ dalam bahasa Inggris.

Baca juga: 5 Eyeshadow Terbaik dari Brand Lokal yang Layak Dimiliki di Tahun 2023!

Pentingnya memilih shade concealer yang tepat

Sebagai tim yang lebih suka pakai concealer aja dibandingkan foundation untuk complexion sehari-hari, saya merasa memilih warna concealer itu lebih tricky. Karena untuk spots concealing, dibutuhkan shade yang benar-benar pas dengan warna asli kulit kita. Otherwise, akan kelihatan belang dan patchy di wajah.

5 rekomendasi concealer lokal untuk kulit sawo matang

Mungkin 5 sampai 10 tahun lalu saya lebih mengandalkan brand luar untuk urusan concealer, berkat pilihan shades-nya yang luas. Tapi sekarang sudah banyak brand lokal yang formulasi dan variasi warnanya nggak kalah on point! Bahkan karena produksi dalam negeri, menurut saya warnanya jadi lebih fit di skin tone orang Indonesia. Berikut rekomendasinya!

ESQA Flawless Liquid Concealer 

concealer esqa

Salah satu personal favorite saya nih! Saya pribadi pakai shade Granola karena masuk ke kategori light medium-neutral. Tapi shades concealer-nya ESQA sekarang makin lengkap pilihannya, mulai dari terang sampai gelap. Buat kulit sawo matang, kamu bisa pilih antara shade Pancake, Truffle, atau Toffee. Menariknya lagi, concealer ini juga dilengkapi ingredients yang skin-loving, mulai dari glycerin, betain, allantoin, sampai caffeine untuk bantu mencerahkan. Plus ada titanium dioxide-nya juga untuk melindungi dari sinar UV.

esqa concealer swatches

Menurut saya teksturnya yang creamy bikin concealer ini gampang di-blend, bahkan pakai jari pun nggak masalah. Hasilnya matte dan full-coverage, kalau sudah kering juga cukup tahan lama. Selain 3 pilihan warna yang saya sebutin di atas, masih ada juga shade Latte yang cocok untuk pemilik kulit lebih gelap.

BLP Beauty Face Concealer

blp face concealer

Mirip dengan brand sebelumnya, Face Concealer dari BLP ini juga punya aplikator yang besar. Ini membuat pemakaiannya lebih mudah dan sat-set. Teksturnya juga creamy dan full coverage. Bedanya, yang ini hasil akhirnya lebih dewy karena memang ada infusi hydrating dan calming properties-nya seperti chamomile. Jadi cocok buat kamu yang kulitnya cenderung gampang kering atau patchy kalau makeup.

concealer kulit sawo matang

Baca juga: Cari Lipstik Merah yang Bisa Jadi Andalan? Koleksi Ikonis Ini Patut Dilirik!

Untuk kulit sawo matang, kamu bisa pilih shade Tan atau Honey. Peach juga jadi color corrector yang banyak disukai karena bisa membantu menyamarkan dark circles dengan lebih seamless.

Rosé All Day The Realest Lightweight Concealer

rose all day concealer

Produk complexion dari brand ini juga jadi favorit tim sosmed FD nih! Concealer-nya sendiri memberikan coverage medium sampai full dan hasil akhirnya cukup skin-like. Uniknya, formulanya itu hybrid, jadi merupakan perpaduan antara concealer dan serum. Kandungannya pun membantu melindungi kulit sehari-hari dari radikal bebas. Di antaranya adalah zinc oxide, vitamin E & C, kafein, panthenol dan hyaluronic acid. Nah, shades Caramel dan Toffee bisa jadi pilihan yang pas nih untuk kulit sawo matang kamu!

Somethinc WAKE ME UP HD Blur Full Coverage Concealer

somethinc concealer

Concealer yang satu ini praktis buat on-the-go karena ada aplikator spons di dalam tutupnya. Jadi kalau misalnya kamu lagi dandan di jalan dan belum sempat cuci tangan, ini bisa jadi penyelamat. Menurut saya concelaer ini coverage-nya medium dengan hasil akhir matte. Klaimnya juga water and sweat resistant, recommended buat kamu yang aktif. Oh ya, pastikan kulit kamu lembap dan terhidrasi ya sebelum menggunakan concelaer ini. Karena waktu itu kulit saya lagi dehidrasi, sayangnya jadi agak patchy. Tapi banyak kok yang cocok pakai produk ini. Pilihan shade untuk kulit sawo matang terdiri dari Honey dan Sand.

Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer

mad for makeup concealer

Buat kamu yang kulitnya rentan berjerawat, produk yang satu ini patut dicoba! Formula serum concelaer ini acne-safe, diformulasi dengan cica untuk menenangkan, serta niacinamide dan hyaluronic acid untuk menghidrasi dan menjaga kesehatan kulit. Teksturnya juga ringan dan buildable, gampang untuk dibaurkan dengan jari atau spons. Dan kemasannya gemes banget!

concealer kulit sawo matang

Di antara 9 pilihan shades, kamu bisa pilih Cappuccino atau Choco untuk kulit sawo matang.

Jadi, paling penasaran coba concealer yang mana nih?

 

Image: Dok. Brands, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment