banner-detik

lifestyle

Tetap Konsumsi Garam, Ini Rahasia Tyo Nugros Awet Muda di Usia 52!

seo-img-article

Bikin banyak penonton dan netizen salah fokus karena penampilannya yang prima di konser Dewa 19, ternyata ini tips Tyo Nugros awet muda walau usianya sudah memasuki kepala lima! 

Selain pertunjukan musikal yang spektakuler, penampilan Tyo Nugros awet muda juga tidak sengaja jadi salah satu highlight dalam konser 30 tahun berkarya Dewa 19, Sabtu (4/2). Dari banyaknya video amatir yang beredar di social media saat konser berlangsung, sang eks-drummer sukses membuat histeris para penonton setiap kali kamera tertuju ke arahnya dari berbagai angle! Ternyata mereka terpukau dengan pesona dan tampilan Tyo Nugros yang seolah tidak menua.

tyo nugros

Baca juga: Kini Tampil Lebih Muda, Ini Detail 5 Operasi Plastik yang Titi DJ Lakukan di Korea!

Tapi kamu setuju nggak sih kalau di usianya yang sudah 52 tahun ini, penampilan Tyo Nugros memang terlihat lebih muda dari usianya? Kalau versi aktrisnya, mungkin seperti Sophia Latjuba! Nah, karena banyak netizen penasaran sama rahasia awet mudanya, banyak juga nih cuplikan video yang mengesankan bahwa Tyo nggak mengonsumsi garam dan MSG sama sekali. Tapi, ternyata bukan seperti itu faktanya.

Tyo Nugros tetap mengonsumsi garam

Dalam video YouTube yang di-upload oleh Andra Ramadhan tahun lalu, terdapat footage di mana Tyo Nugros sedang menyantap nasi goreng dan berkata, “Nggak pake MSG (monosodium glutamat), terus garem biasanya juga nggak pake. Nggak pake garem biasanya gue makan.” Dan cuplikan inilah yang banyak tersebar di medsos hingga ramai diperbincangkan.

manfaat garam untuk tubuh

Nah, ternyata masih ada lanjutan dari pernyataannya tersebut. Kepada Najwa Shihab, Tyo mengklarifikasi bahwa alasan ia memilih tidak menambahkan garam ke makanannya pada saat itu adalah karena ia sudah mencukupi kebutuhan sodiumnya sejak siang hari. “Saya sebelumnya sudah masuk sodium sedikit di siang dan pagi, jadi saya nggak butuh lagi,” tuturnya. Di awal klarifikasinya ia juga menegaskan bahwa, “Nggak mungkin nggak makan garem, orang butuh sodium.”

So yes, Tyo Nugros masih mengonsumsi garamhanya takarannya saja yang benar-benar dikontrol. Jangan sampai jauh melebihi rekomendasi takaran harian. Ini nih yang jadi tantangan, bener nggak?

 

Tips awet muda ala Tyo Nugros, definisi beauty from the inside out!

tyo nugros makan garam

Sempat digoda oleh teman-teman band-nya dengan pertanyaan, “Krim malem lo apa sih?” Tyo menanggapi sambil tertawa dan mulai menjawab dengan tips yang super inspiratif.

Menerapkan clean eating

cara clean eating

Ia mengungkapkan kalau tidak mau memanjakan lidahnya dengan makanan yang hanya terasa enak, tetapi juga harus sehat untuk jangka panjang. Namun sesekali ia juga masih menerapkan cheat day kok dengan makan bebas. “Senin sampai Jumat/Sabtu atur pola makan yang benar-benar disiplin. Nanti ada bebasnya, mau makan pempek atau segala macem,” tuturnya. Walaupun begitu, cheat day ini bukan jadi lampu hijaunya untuk “bablas”. Kalau biasanya orang lain makan sepuasnya sepanjang hari pada saat cheat day, Tyo hanya makan makanan yang ia inginkan satu kali saja, pada siang atau malam.

Saat ditanya pendapatnya tentang mie instan, ia mengungkapkan bahwa kandungan natrium (sodium) di dalamnya cukup tinggi. Risikonya, asupan sodium kita pada hari itu bisa melebihi jumlah yang disarankan. Ia mengaku sempat makan mie instan saat pandemi, tapi setelah 3 tahun tidak mengonsumsinya! Kalau kamu, kapan nih terakhir makan mie instan?

Disiplin olahraga

tips olahraga di rumah

“70% ada di dapur, 30% olahraga,” statement ini juga jadi salah satu poin utama darinya. Walau sudah 2 tahun belakangan ini tidak pergi ke gym, tetapi ia tetap rutin dan disiplin olahraga sendiri. Nggak heran performa drumming-nya juga masih on point banget!

Memilih air distilasi

manfaat air distilasi

Nggak cuma makanan aja, air minum pun ia perhatikan dengan saksama. Sebagai musisi, ia punya riders khusus setiap kali tour atau tampil, dan salah satunya adalah air minum distilasi. Distilled water melalui proses penyulingan untuk menghilangkan kontaminan bakteri, virus, protozoa, serta bahan kimia seperti timbal dan sulfat.

Baca juga: Intip 6 Skincare untuk Usia 30-an yang Bikin Kulit Awet Muda dan Kenyal!

Dilansir dari Healthline, karena mengalami proses penyulingan, distilled water rasanya lebih hambar serta tidak mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium. Jadi kalau memilih air minum distilasi, pastikan asupan mineral harianmu sudah tercukupi dari buah dan sayuran ya!

Menurut Tyo, air distilasi ini bisa membantu membuang kelebihan garam dalam tubuh lewat keringat saat kita berolahraga atau beraktivitas. Tapi sebenarnya belum banyak penelitian yang membuktikan pendapat tersebut.

Support system yang baik

umur Dee Adnan

Ini juga nggak kalah penting. Tyo mengungkap bahwa pasangannya, Dee Adnan, juga menerapkan pola hidup sehat yang serupa. Bahkan pasalnya ia akan menerbitkan buku tentang ini. Jadi, tentu pengalamannya menjalankan healthy lifestyle terasa lebih bersemangat dan menyenangkan karena ditemani  plus didukung oleh orang tersayang.

So, selain rajin skincare-an, kita juga harus mulai memperhatikan gaya hidup nih supaya bisa awet muda dan cantik secara holistik. Good luck for us!

 

Images: Instagram @realnugros, Freepik

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment