banner-detik

lifestyle

Menuju 2023 Lebih Baik, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hindari!

seo-img-article

Siapa yang resolusi 2023 nya new year new me? Kalau kamu punya niat berbenah diri di tahun ini, pastikan hindari beberapa kebiasaan buruk berikut ya! 

Memasuki tahun 2023, seharusnya banyak hal-hal yang berubah di dalam hidup maupun dalam diri masing-masing. Mulai dari berbenah diri perihal pekerjaan, kebiasaan, maupun resolusi untuk menjalani kisah asmara. Barangkali dengan kamu mulai berbenah diri, ada banyak kesempatan baik yang datang kepada kamu yang sebelumnya terhalang kebiasaan buruk. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa bad habit yang setidaknya harus kamu hindari supaya nggak memberi dampak buruk ke kehidupan kamu selanjutnya. Tetaplah menjalani kehidupan yang bahagia, dan penuh suasana positif, untuk memberi dampak positif bagi kamu sendiri dan juga sekitar.

Baca juga: Resolusi Inspiratif untuk Sambut Tahun Baru

Penggunaan smartphone secara berlebihan 

Terlalu bergantung pada dunia digital berarti otak kita kesepian. Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin banyak kamu menggunakan gadget, semakin kamu merasa kesepian. Karena ketika kamu menggunakan lebih banyak gadget, akan membawa kamu ke ketergantungan yang bikin kamu jadi jauh sama kehidupan nyata. Sehingga kamu jadi rentan sama emosi negatif, dan akhirnya bikin kamu jadi manusia yang terisolasi sama dunia maya. Jadi, alangkah baiknya untuk tahun 2023 ini lebih banyak sosialisasi offline deh sama teman-teman atau keluarga. 

Tidur larut hingga subuh 

Siapa yang masih suka tidur di jam-jam orang pada bangun untuk sholat subuh? Pastikan kamu coba untuk mengubah kebiasaan ini ya. Kalau insomnia berlanjut, gangguan tidur pasti akan selalu datang. Ketika bangun pun kamu merasa harimu semakin berat, dan suasana hati bisa buruk sepanjang hari. Begitu pula dengan kesehatan kamu yang jadi nggak maksimal, karena pola tidur yang berantakan. Sebisa mungkin tingkatkan kualitas tidur kamu supaya hidup lebih panjang dan menyenangkan. Mulai sekarang, coba deh perbaiki kualitas tidur untuk kebaikan tubuh kamu.

Menunda sesuatu

 

Segala sesuatu yang penuh perencanaan tanpa eksekusi, hanya menjadi sebuah tujuan tanpa kepastian. Nggak mau kan lagi-lagi gagal dalam perencanaan? Kalau di tahun sebelumnya banyak hal yang kamu tunda, lebih baik sekarang kamu rencanakan kembali dan mulailah untuk mewujudkannya perlahan tapi pasti. Kebiasaan menunda-nunda adalah kebiasaan terburuk setiap manusia yang harus dihilangkan. Kalau memang diperlukan, kamu bisa mulai membuat perencanaan dengan menulis jurnal yang bisa lebih memotivasi kamu mencapai tujuan, lho.

Terus mengkhawatirkan hal yang tidak terjadi 

“Ah, gue pengen ini tapi takut,” siapa yang sering berpikiran cemas sebelum mengetahui hal yang kamu takutkan nggak akan terjadi? Hal-hal seperti ini perlu banget dikurangi, supaya hidup kamu nggak bergantung sama rasa anxiety yang berlebihan. Ingatlah kata Kunto Aji di lagu ‘Rehat’, “Yang kau takutkan takkan terjadi”, Mulai sekarang, coba pikirkan hal-hal positif dan coba untuk memikirkan hal yang baik-baik saja tanpa harus menganggap hal yang belum terjadi akan menimpa kamu. 

Mengabaikan kesehatan 

Makan fast food atau junk food tanpa olahraga? Wah, masalah besar! Kamu harus tetap olahraga apapun kegiatan kamu. Mulai sekarang, coba lebih sering untuk meregangkan tubuh saat bangun pagi, saat berada di kantor ketika terlalu banyak menatap layar komputer, maupun di sela-sela kegiatan kamu. Luangkan sedikit waktu untuk berjalan kaki, ataupun olahraga seperti bulu tangkis, jogging mengitari GBK, atau melakukan hal-hal menyenangkan berkardio bersama teman kamu. 

Mumpung masih awal tahun, yuk tinggalkan kebiasaan buruk dan mulai ciptakan gaya hidup yang sehat! 

 

Image : freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment