banner-detik

sponsored post

Berkunjung ke Universitas Multimedia Nusantara, Lemon8 Berbagi Tips Seru dan Kreatif Jadi Content Creator!

seo-img-article

Setelah lama nggak menggelar event offline karena kondisi pandemi, Female Daily Goes To Campus akhirnya kembali hadir bulan Oktober lalu. Berkolaborasi dengan aplikasi Lemon8, Female Daily mengunjungi Universitas Multimedia Nusantara untuk ngobrol seru seputar jadi content creator!

 

Pada tanggal 25 Oktober 2022 lalu, salah satu event ikonis dari Female Daily yaitu Female Daily Goes To Campus, akhirnya kembali digelar di salah satu kampus terkemuka di Indonesia. Teman-teman di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang jadi pilihan kali ini, untuk bisa menyaksikan talkshow bersama Lemon8 tentang menjadi content creator yang seru dan kreatif. Apa sih Lemon8 itu? Gimana caranya bergabung di sana? Gimana cara memulai profesi sebagai content creator di era sekarang ini? Simak keseruannya, yuk!

Kenalan lebih dekat dengan Lemon8 

Masih belum familiar dengan Lemon8? Lemon8 adalah platform media sosial baru yang bisa mewadahi kamu untuk berekspresi, berbagi cerita, bersosialiasi, serta mendapatkan info seputar beauty, fashion, food, lifestyle, travel, dan masih banyak lagi. Ini adalah aplikasi yang tepat untuk eksplorasi beragam konten informatif bergaya youthful dan penuh semangat. Awalnya, Lemon8 bernama “Sharee” dan diluncurkan di Jepang pada tahun 2020, lalu kemudian rebranding menjadi Lemon8 pada bulan September 2021. Dengan pengguna aktif yang meningkat drastis setiap harinya, Lemon8 kemudian diluncurkan di Thailand pada Oktober 2021. Kini, sudah hadir juga di Indonesia sejak Februari 2022!

Di Lemon8, format utama yang ditonjolkan adalah video dan “photo albums + text”, dan konten-konten yang tersedia sangat personalized sesuai dengan minat dan hobi kamu. Lemon8 juga punya beragam tools yang bisa mengoptimalkan jiwa kreatif kamu, supaya bisa bikin konten yang lebih fun dan playful. Sederet template-nya menggemaskan, lho! Kamu bisa menemukan banyak hal menarik dan inspiratif di sini, menjadi salah satu content creator-nya dan bergabung dengan komunitasnya. Pas banget nih buat kamu yang nggak bisa hidup tanpa social media, suka share hal sehari-hari atau berkreasi melalui foto dan video keren!

Nah, content creator adalah salah satu ‘profesi’ yang baru muncul di era digital ini dan terus berkembang, terutama 5 tahun terakhir. Ini adalah sebuah peluang karir yang sangat bisa ditekuni, lho! Makanya, Lemon8 berbagi kepada para mahasiswa dan mahasiswi UMN, supaya bisa menekuni profesi satu ini dengan baik. Hari itu, Sally Buntoro sebagai Marketing Manager Lemon8 berbagi banyak cerita tentang Lemon8 kepada para peserta yang hadir. Para peserta pastinya langsung download Lemon8 di ponsel masing-masing untuk bisa mendalami aplikasi yang fun dan trendy ini!

Cerita para content creator yang hadir

Setelah Sally menjelaskan tentang fitur-fitur menarik Lemon8 yang bisa dieksplor oleh content creator, ada juga sharing session dari dua orang Lemon8 content creator, yaitu Karisha Izzati dan Regina. Sesi ini dipandu oleh Tjut Imani, Video Content Strategist Lead Female Daily Network.

 

Buat bikin konten yang maksimal, terutama konten beauty, ini beberapa tips dari Karisha dan Regina yang bisa kamu terapkan:

Kenali audiens

Kamu harus mengenali gaya, tipe, dan range usia followers-mu, sehingga kamu bisa membuat konten yang mereka sukai dan pesannya lebih tersampaikan dengan baik.

Jangan abaikan caption

Video yang bagus, unik, dan lucu memang penting banget, tapi kamu harus lengkapi juga dengan caption, supaya orang yang menonton tetap mendapat penjelasan berupa tulisan yang engaging. Nggak harus terlalu panjang, yang penting menarik dan to the point.

Jangan overclaim

Sering kali, kita hanya menonjolkan sisi plus sebuah produk ketika membuat konten beauty. Sebaiknya, sampaikan secara jujur dan ceritakan juga sisi minus yang kamu temui. Jadi, lebih mengalir dan realistis, serta tidak overclaim. Bukan hanya tentang produk, tapi juga gaya makeup, gaya rambut dan lain-lain, kamu bisa ceritakan cocoknya untuk siapa, apa saja kekurangan dan kelebihannya.

Selain itu, Imani juga memberikan beberapa poin penting yang harus kamu tahu untuk jadi seorang beauty content creator:

Harus percaya diri! 

Kamu harus nyaman dengan warna kulit, jenis rambut, bentuk tubuh diri sendiri. Itu justru bisa jadi keunikan dan ciri khasmu yang akan mudah dikenali oleh orang lain.

Be yourself

Ini mungkin terdengar klise, tapi benar-benar membantu, lho! Tiap orang pasti punya gaya berbicara, gaya berdandan, gaya fotografi, dan gaya menulis masing-masing. Ini yang akan menjadi pembeda konten kamu dengan yang lain. Nggak perlu mengekor orang lain selama kamu percaya diri bahwa kontenmu menarik dan bermanfaat!

Rajin eksplor dan harus kreatif

Nah, meskipun kamu sudah pede dan juga jadi diri sendiri, kamu tetap harus membuka diri pada hal-hal baru di sekitarmu. Banyak baca, nonton, dan cari ide. Jangan kaku pada perubahan. Kamu bisa mencoba produk baru, mengeksplor brand baru, bermain makeup yang penuh kreasi, mendesain konten yang fresh, sambil tetap mempertahankan ciri khasmu.

Yuk, segera download aplikasinya dan ikutan challenge bikin konten dari Lemon8!

 

 

Setelah sesi talkshow yang inspiratif, teman-teman peserta FD Goes To Campus di UMN juga merasakan pengalaman seru membuat konten Lemon8, lho! Tantangannya, pembuatan konten harus diselesaikan dalam 15 menit saja! Semua peserta yang sudah membuat konten Lemon8 bisa mendapatkan merchandise seru, dan 3 konten terbaik yang terpilih berhasil mendapatkan voucher MAP, masing-masing senilai 200 ribu. Yaaayy!

Di UMN juga ada Pop-up Booth Lemon8 yang bisa dikunjungi oleh teman-teman mahasiswa dan mahasiswi, karena ada DIY Activity yang sayang banget kalau dilewatkan. Selain itu, para peserta juga bisa share keseruan event FD Goes To Campus hari itu di Instagram masing-masing, pastinya mention @femaledailynetwork dan @lemon8indonesia, biar lebih banyak lagi nih yang tahu tentang daya tarik Lemon8 dan tips ciamik menjadi content creator masa kini. Setelah semuanya selesai, peserta foto bareng bersama host dan para speakers untuk menutup acara.

Wah, seru banget ya? Nantikan FD Goes To Campus selanjutnya ya, siapa tahu kampus kamu yang berikutnya! Jangan lupa, mulai sekarang kamu bisa eksplor dan mencoba bikin konten di Lemon8, lalu tekuni dan upload kontenmu secara rutin biar makin banyak followers yang terinspirasi!

 

Image: Dok. FD

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment