ic-fd

Tips Sukses Interview untuk Fresh Graduate dari Samuel Ray | FDGTC

events
author

ochell・27 Dec 2022

detail-thumb

Selamat buat teman-teman mahasiswa dan mahasiswi yang baru saja wisuda! Sekarang waktunya terjun ke dunia yang lebih dewasa nih. Berikut tips sukses interview kerja dari Samuel Ray Employer Branding Manager Lazada Indonesia.

Female Daily kembali mendapatkan kesempatan buat ketemu dengan teman-teman mahasiswa nih. Yes FDGTC is back dan kali ini kami bekerjasama dengan Lazada Indonesia, buat sharing tips mempersiapkan diri kalian untuk interview pekerjaan. Salah satu kampus yang kami datangi kali ini adalah Universitas Indonesia!

Bukan FDGTC namanya, kalau nggak mengundang expert sebagai pembicara. Karena topiknya adalah “How to Make a Great First Impression Look in a Job Interview”, jadi pembicara yang akan share tips dan trick juga yang ahli dibidangnya nih. Buat yang sering nonton Youtube Channel Female Daily pasti kenal deh sama HR kami, siapa lagi kalau bukan Bani Wicaksono, Head of HR Female Daily Network. Nggak kalah terkenal juga, pembicara selanjutnya adalah Samuel Ray, Employer Branding Manager Lazada Indonesia.

Tips pertama yang diberikan oleh Bani dan juga Samuel, ketika kamu ingin melamar kerja adalah cari tahu dulu detail mengenai perusahaan tersebut. Hal ini penting, karena akan menjadi bekal kamu ketika interview nanti. Jangan sampai ketika kamu lolos seleksi untuk diinterview, tapi nggak tahu perusahaan tersebut fokus dalam bidang apa, dan aset apa yang dimiliki oleh mereka. So stalk your soon to be company!

Kemudian ketika kaliam melamar kerja, baik itu melalui linkedin.com atau langsung ke perusahaan, jangan lupa cantumkan CV terbaru kalian dan resume kalian. Satu hal yang sering kelupaan ketika mengirim CV dan resume, adalah nggak menuliskan body e-mail. Ini akan dinilai sebagai kekurangan oleh HR. Karena walaupun data diri kamu sudah lengkap ada di CV dan resume, kata pengantar di badan e-mail juga penting, supaya tim HR dengan mudah mengetahui tujuan dan niat kalian saat kirim e-mail.

Kemudian Samuel dan Bani juga mengatakan kalau interview itu biasanya berlangsung 30 menit hingga satu jam. Pastikan ketika ingin datang interview, kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik. Entah itu dari penampilan, pertanyaan dan skill-skill yang kamu miliki. Bukan hanya bisa menjawab pertanyaan saja, tapi kamu harus bisa tampil dengan percaya diri ketika interview nanti. First impression itu penting banget, apalagi 7 detik pertama ketika interview di mulai. Jangan lupa langsung branding karakter kamu ya.

Ingat dong kalau di atas tadi saya bahas soal penampilan? Untuk para cewek-cewek nih, ketika melakukan interview kerja, boleh lho menggunakan makeup. Gaya makeup yang digunakan sebenarnya bebas dan disesuaikan dengan calon kantor kalian. Kalau kantornya seperti Female Daily, silahkan gunakan full makeup or trendy makeup.

Namun kalau calon perusahaan kalian dibidang banking, law firm, atau perusahaan yang ‘serius’, saya sarankan gunakan makeup yang simpel saja. Guna menggunakan makeup, tentunya biar kalian terlihat fresh dan rapih ya. Kebetulan untuk tips makeup di acara FDGTC kemarin saya yang membawakan nih. Tips yang saya berikan adalah cukup gunakan cushion, cream blush, loose powder, eyeliner, mascara, pensil alis dan warna lipstick nude saja.

Setelah sesi talk show dan juga makeup demo selesai, acara FDGTC x Lazada di Universitas UI pun akhirnya selesai. Para peserta yang hadir juga mendapatkan goodiebag berisikan produk makeup yang bisa ditemukan di Lazada. Oh ya, selain para mahasiswa dan mahasiswi mendapatkan banyak insight tentang persiapan interview, mereka juga bisa main gatcha dan mendapatkan banyak hadiah menarik lho!

Seru ya acara ini! Kalau pingin kampus kalian didatangi oleh Female Daily, tinggalin komen saja di bawah ya. Semoga kita bisa ketemu di tahun depan!