banner-detik

lifestyle

Intip Langkah Membumi Blibli untuk Kehidupan Berkelanjutan!

seo-img-article

Blibli lakukan gerakan cinta bumi melalui pendekatan edutainment untuk dukung lingkungan dan masyarakat yang sejahtera. 

Sebagai pelopor ekosistem omnichannel terintegrasi, Blibli bersama tiket.com dan Ranch Market berkomitmen mengusung visi kolaboratif untuk menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia dengan penerapan ekonomi sirkular untuk menyukseskan SDG (Sustainable Development Goals). Kampanye dan eksibisi “Langkah Membumi” yang ini digelar sejak 11 November hingga 4 Desember 2022 yang berlokasi di ASHTA District 8, Jakarta Selatan. 

Blibli mengusung pengalaman omnichannel dengan membawa 25 merek produk eco-friendly yang dipamerkan pada booth Langkah Membumi dan dapat dibeli secara online lewat scan QR Code atau mengunjungi laman utama kurasi produk eco-conscious di aplikasi dan situs resmi Blibli melalui search bar dengan menggunakan keyword ‘Blibli Cinta Bumi’.

Baca juga: Krave Beauty Bongkar Rahasia Dapur Soal Sampah Kecantikan Mereka dan Solusinya

Edukasi pengunjung mengenai darurat sampah

blibli mengedukasi pengunjung

Selama tiga minggu eksibisi tersebut, pengunjung mendapatkan edukasi  mengenai darurat sampah di ibukota, termasuk proses pengolahan sampah e-commerce menjadi produk dengan manfaat baru. Blibli pun turut memajang dan menjual hasil olahan sampah operasionalnya yang terdiri dari kardus dan plastik, menjadi barang-barang seperti multi purpose tote bag, pouch, mobile phone holder, laptop sleeve case, dan T-shirt, yang turut memberdayakan komunitas perempuan termarjinal hasil kerja sama dengan sebuah social enterprise, Liberty Society. Produk-produk tersebut juga bisa dipesan lewat eco-hub Blibli Cinta Bumi dengan harga mulai dari 200 ribu. 

Blibli telah menyumbang pada konservasi alam 

blibli menyumbang konservasi alam

Melalui kegiatan ini, Blibli telah menyumbang pada konservasi alam dan pemberdayaan komunitas marjinal dengan menggandeng beberapa pihak yang memiliki kesamaan visi. Blibli bersama Plana yang merupakan social enterprise, telah memproduksi kayu ramah lingkungan yang terbuat dari plastik bekas dan sekam beras, serta mendaur ulang 120 kilogram plastik daur ulang dan 240 kilogram gabah yang setara dengan menyelamatkan 90 pohon. 

Selain itu, acarana ini juga bekerja sama dengan Bioma perusahaan jasa rental furniture yang mendukung efisiensi penggunaan produk, serta berkolaborasi dengan Liberty Society untuk memulai ekonomi sirkular yang memberikan dampak untuk memberikan pelatihan kepada 120 perempuan di 3 provinsi. Lebih jauh lagi, pada proses produksi produk upcycled sampah, Blibli telah memberi tambahan penghasilan hingga 4-5x lipat pada komunitas perempuan marjinal. Nah, seluruh kegiatan ini pun sudah mendukung 9 pilar pembangunan berkelanjutan, mulai dari konsumsi dan produk bertanggung jawab sampai dengan berkurangnya kesenjangan. 

Baca juga: Rilis Sikat Gigi Bambu, SM Entertainment Ajak Penggemar untuk Peduli Lingkungan!

Terdapat sejumlah kegiatan inspiratif

“Dalam eksibisi ini, kami menggunakan pendekatan edutainment dalam memperkenalkan langkah sederhana yang bisa dilakukan bersama, mulai dari kemudahan memilah sampah sampai dengan inovasi ekonomi sirkular yang bisa memberikan kehidupan kedua bagi sampah kardus dan plastik agar memiliki nilai tambah dan fungsi baru, serta kesempatan bagi pekerja yang terdiri dari komunitas marjinal untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik melalui pendapatan tambahan dan pelatihan. Blibli bersama ekosistem kami, tiket.com dan Ranch Market sangat bangga bisa menginisiasi gaya hidup ‘hijau’, yang disertai tingginya antusias pengunjung, baik dari kaum profesional dan keluarga, menjadikan eksibisi ini ajang pembelajaran bagi generasi muda,” ujar Yolanda Nainggolan, VP, Public Relations, Blibli, mengutip dari siaran pers. 

Baca juga: Intip 5 Tips Gaya Hidup Sehat dan Berkelanjutan di Rumah Ala IKEA!

Sejumlah kegiatan inspiratif dan edukatif juga digelar, diantaranya kolaborasi dengan Bartega Studio dan Liberty Society dalam menggelar ‘Junkart Class’ dengan tema Song of The Ocean. Ini merupakan kelas edukasi pentingnya memasak bahan makanan segar bersama Arsyan Dwianto, Big 3 Masterchef Indonesia Season 9, yang berkolaborasi dengan Ranch Market ini juga digelar untuk memupuk semangat gaya hidup sehat.

Itulah beberapa hal menarik dari gerakan hidup berkelanjutan dari Blibli. Buat kamu yang ingin beraksi cinta bumi juga, bisa kumpulkan kardus dan plastik bekas, kemudian dikirim ke kantor Blibli! Informasi lebih lanjutnya bisa ke website BliBli Cinta Bumi 

 

Image: dok. Brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment