banner-detik

entertainment 2

Fakta Menarik Film ‘Before, Now & Then’ yang Bawa Pulang 5 Piala Citra di FFI 2022!

seo-img-article

Selamat untuk tim produksi dan pemeran dari film ‘Before, Now & Then’! Semoga selalu menghadirkan karya terbaik untuk Indonesia.

Film buatan lokal ‘Before, Now & Then’ yang masuk nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2022 berhasil membawa pulang 5 piala citra. Beberapa penghargaan tersebut adalah kategori Penyunting Gambar Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penata Musik Terbaik, dan Film Cerita Panjang Terbaik. Film ini nyatanya berhasil mengoleksi prestasi bukan hanya dari Indonesia saja, tapi juga sukses menembus pasar Internasional.

Baca juga: Duo Visual Bersatu, Kim Ji Won dan Kim Soo Hyun Bakal Jadi Pasutri di Drama Terbarunya!

Film ini bercerita tentang seorang perempuan Sunda yang harus menjalani hidup sebagai istri di keluarga ternama usai kehilangan suami dan ayahnya. Hingga 15 tahun kemudian, ia sudah memiliki suami baru dan menjalani hidup yang baru, namun dengan kecurigaan baru terhadap suaminya. Bagi kamu yang baru mendengar judul film ini, berikut adalah fakta menarik yang bisa kamu pahami.

Angkat budaya Sunda

Before, Now & Then mengangkat budaya Sunda

Banyaknya budaya di Indonesia membuat kita menjadi salah satu negara yang paling kaya di antara negara lainnya. Selain bahasa Jawa yang sering dipakai dalam film, kini salah satu budaya Indonesia juga turut diperlihatkan melalui film. Mengisahkan seorang Nana dari tanah Sunda, film ini menggunakan latar yang cukup menarik yakni tahun 1960-an, sehingga bahasa Sunda yang digunakan pun juga mengikuti eranya.

Adaptasi dari novel

Film Before, Now & Then diangkat dari novel

Film yang disutradarai oleh seorang perempuan, Kamila Andini, ternyata merupakan adaptasi dari novel berjudul ‘Jais Darga Namaku’ karya Ahda Imran. Novel tersebut menceritakan tentang seorang perempuan bernama Raden Nana Sunani yang hidup di Jawa Barat pada 1960-an. Ia merupakan ibu dari Jais Darga yang juga terlibat dalam produksi film sebagai eksekutif produser.

Baca juga: Bakal Reunian, Park Shin Hye dan Park Hyung Sik Pertimbangkan Drama Kedokteran!

Dibanjiri bintang populer

Pemeran film ini bisa dibilang memiliki nama yang sangat populer, bahkan sutradara yang menggarap film ini juga merupakan salah satu tokoh yang bersinar pada tahun lalu yang menggarap film ‘Yuni’. Di film ini ada Happy Salma yang memerankan Nana, sebagai pemeran utama. Kemudian, ada Laura Basuki, Ibnu Jamil, Arawinda Kirana, dan Rieke Diah Pitaloka yang turut memeriahkan film ini.

Cetak prestasi lintas negara

Sebelum membawa pulang 5 piala citra dari Festival Film Indonesia, sebelumnya film ‘Before, Now & Then’ ini pertama kali tayang di Festival Film Internasional ke-72 di Berlin, pada Februari 2022. Alhasil, Laura Basuki mendapatkan penghargaan Silver Bear untuk kategori Pemeran Pendukung Terbaik.

Baca juga: 3 Drakor Populer Song Joong Ki yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Itulah beberapa fakta menarik seputar film yang dibintangi Happy Salma. Sekali lagi, selamat untuk para pemain dan juga tim produksi!

 

Image: Dok. Film

Slow Down

Please wait a moment to post another comment