banner-detik

haircare

Ini Dia 4 Tips Atasi Ketombe bagi Rambut Berhijab yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Meski nggak kelihatan, rambut berhijab juga wajib dirawat, lho. Jangan sampai ketombe menguasai rambut cantikmu ya!

Walaupun menggunakan hijab, nggak menutup kemungkinan bahwa rambut kita tetap memiliki ketombe. Kebanyakan perempuan berhijab justru rentan mengalami masalah rambut tersebut, karena kondisi kepala yang tertutup sepanjang hari. Maka dari itu, perlu perawatan ekstra agar bisa menjaga kesehatan rambut dengan baik. Buat kamu yang sedang resah karena banyak ketombe bermunculan ketika mengibas rambut setelah keramas. Yuk, simak tips mengatasinya di artikel ini!

Baca juga: Ampuh Lawan Rambut Lepek, Hair Care dengan Salicylic Acid Ini Wajib Kamu Coba!

Rutin keramas

rutin keramas untuk mengatasi ketombe

Biasakan rutin keramas meski kamu nggak banyak kegiatan di luar. Begitupun dengan rambut yang telah berhari-hari tertutup dengan hijab. Kamu tetap harus rutin keramas, karena merupakan salah satu tips untuk mengatasi ketombe. “Minyak dan sel kulit mati akan semakin menumpuk akibat jarang mencuci rambut. Pasien yang rentan terhadap ketombe atau dermatitis seboroik harus mencuci rambut secara teratur minimal beberapa kali seminggu untuk mengurangi penumpukan,” ujar Dr. Jessica Weiser dari New York Dematology Group, mengutip dari The Cut.

Cuci bagian kulit kepala

cuci kulit kepala untuk mencegah ketombe

Beberapa shampoo untuk merawat ketombe bisa saja membuat beberapa rambut menjadi kering. Untuk memastikan hal ini nggak terjadi, Dr. Weiser menyarankan untuk mengoleskan shampoo khusus ketombe langsung ke kulit kepala. “Shampoo dan perawatan ini harus dioleskan langsung ke kulit kepala (bukan rambut) dan dipijat dengan lembut di tempatnya, selama setidaknya lima menit setiap kali pemakaian,” paparnya.

Baca juga: WAJIB TAHU! Inilah Pentingnya Eksfoliasi Kulit Kepala!

Memilih shampoo yang tepat

pakai shampoo anti ketombe

Sama seperti kulit wajah, untuk kulit kepala pun kamu juga harus cermat dalam memilih shampoo yang tepat. Bagi kamu yang memiliki kulit kepala berminyak, pastikan untuk rajin berkeramas supaya minyak nggak menumpuk di kulit kepala. Ada beberapa jenis shampoo yang memiliki kandungan ampuh untuk basmi ketombe, seperti zinc pyrithione, atau beberapa shampoo khusus hijab yang diklaim sebagai anti-dandruff. Pasalnya, jenis shampoo zinc mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang berfungsi untuk mengurangi jamur di kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe.

Baca juga: Punya Masalah Pada Kulit Kepala? Cobain 4 Scalp Care Lokal yang Ampuh Mengatasinya!

Memilih kerudung yang tepat

Nah, tips yang satu ini mungkin masih banyak yang nggak menyadarinya. Ketika kamu mencari hijab baru, pastikan untuk memilih yang berbahan katun atau sutra, supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik. Sehingga nggak bikin berkeringat dan menyebabkan kulit kepala jadi gatal, serta muncul ketombe.

Itulah beberapa tips mudah untuk bantu hempaskan ketombe dari rambutmu yang berhijab. Kalau rambut semakin sehat, semakin happy bukan?

 

Image: freepik.com, dok. femaledaily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment