banner-detik

entertainment 2

Bikin Kamu Nostalgia, Inilah 5 Film Klasik Indonesia yang Harus Ditonton!

seo-img-article

Meski industri perfilman di Indonesia terus tumbuh dan berkembang, kita tidak akan pernah bisa lupakan film-film yang memberikan dampak signifikan bagi industri perfilman Indonesia, seperti film klasik ini!

Saat ini, banyak sekali film yang bermunculan. Ada film bergenre romance, comedy, hingga heist. Tentunya industri perfilman Indonesia yang sangat berkembang jadi suatu hal yang membanggakan. Tapi, bukan berarti film-film zaman dahulu nggak punya dampak baik bagi industri film Indonesia. Beberapa film klasik di zaman dahulu juga punya banyak nilai penting, serta banyak pula penggemarnya. Nah, ini dia beberapa film klasik yang jadi favorit banyak orang!

Baca juga: Bikin Bangga! Film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ Bakal Maju ke Oscar 2023!

Gie (2005)

Film klasik Indonesia - Gie

Film klasik yang satu ini disutradarai oleh Riri Riza. Sebuah cerita yang diangkat dari buku harian Soe Hok Gie berjudul ‘Catatan Seorang Demonstran’. Film ini berlatar tahun 60-an dan berkisah tentang Soe, seorang aktivis dan mahasiswa jurusan sejarah di Universitas Indonesia. Ceritanya menyoroti masa-masa kuliah Soe, pada saat Indonesia berada di bawah rezim Soekarno. Termasuk konflik internal dan perjuangannya untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Janji Joni (2005)

Film klasik Indonesia - Janji Joni

Sebuah film klasik yang mungkin pernah kamu dengar sebelumnya, yang disutradarai oleh Joko Anwar. Film ini berfokus pada karakter yang tidak lain adalah Joni! Seorang pria pengantar rol film yang suatu hari menemukan seorang gadis sambil menunggu penjemputan gulungan film. Di tengah pengantaran rol film, ia mengalami rintangan tak terduga yang membawanya ke kejadian tak terduga.

Baca juga: Big Mouth Tamat, Inilah 6 Drama Lee Jong Suk Lainnya yang Layak Kamu Tonton!

Tiga Dara (1956)

Film klasik lain yang tidak bisa dilewatkan! Film garapan Usmar Ismail yang berfokus dengan tiga bersaudara, yaitu Nunung, Nana, dan Nenny. Setelah kematian ibu mereka, ketiga saudara perempuan itu dibesarkan oleh nenek mereka, sementara ayah mereka tidak ada. Film ini mengikuti alur cerita tentang kehidupan cinta tiga bersaudara.

Arisan! (2003)

Arisan! jadi salah satu film yang disutradarai oleh Nia Dinata. Film ini berkisah tentang sekelompok elit sosial di kota besar Jakarta. Kisahnya mengikuti kehidupan tiga teman seumur hidup, di mana kebenaran mereka perlahan terungkap sepanjang film. Penasaran kan, kebenar seperti apa sih yang akan terungkap?

Baca juga: Marsha Timothy Cerita tentang ‘Noktah Merah Perkawinan’ dan Perbedaan Generasi!

Ada Apa Dengan Cinta? (2002)

Ini dia film go-to teman-teman di Valentines Day! Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini menceritakan lovebirds, Cinta dan Rangga. Film Ada Apa Dengan Cinta mengisahkan tentang cinta rumit antara Cinta dan Rangga. Saat jatuh cinta pada Rangga, kesetiaan Cinta kepada sahabatnya dipertanyakan. Dia diberi pilihan yang menantang untuk memilih antara persahabatannya dan Rangga.

Itulah rekomendasi film-film klasik Indonesia yang bisa kamu tonton, sekaligus bernostalgia! Nah, kira-kira film klasik favorimu apa nih? Comment di bawah, ya!

 

Image: IMDb

Slow Down

Please wait a moment to post another comment