skin care

Mau Glowing dan Awet Muda di Usia 40-an seperti Heny Harun? Ini Rahasianya!

seo-img-article

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan Heny Harun, kan? Beauty influencer yang sudah berusia 40-an ini selalu tampak glowing dan awet muda. Penasaran apa saja tipsnya? Simak, yuk!

As we all know, pertambahan usia nggak bisa dihentikan. Setiap tahun kita memiliki usia baru dan lalu kita menyadari bahwa kondisi mental, tubuh, termasuk kulit, tidak lagi seperti dulu. Ada banyak sekali perubahan yang terjadi ketika kita memasuki usia 30-an, 40-an, dan seterusnya, karena satu hal yang pasti tentang hidup sesungguhnya adalah perubahan itu sendiri.

Meski tak lagi muda belia seperti usia 20-an yang sedang aktif-aktifnya dan punya berbagai kesempatan, bukan berarti di usia 40-an lantas segala kebaikan di diri kita jadi padam. Perlu adanya pengelolaan kondisi mental yang baik, penerimaan yang lapang, sekaligus keinginan untuk terus-menerus memperbaiki diri, termasuk soal penampilan dan kesehatan kulit, supaya kita jadi lebih nyaman dan tetap bersinar di usia dewasa. Salah satu yang punya semangat itu adalah Heny Harun, seorang beauty influencer yang selalu tampil dengan kulit bercahaya sehat dan terlihat awet muda seperti 10-20 tahun lebih muda dari usia aslinya.

Female Daily sempat berbincang-bincang dengan sosok perempuan yang akrab disapa Teh Heny ini. Apa sih yang membuatnya terlihat lebih segar dan lebih bahagia di usianya yang tidak lagi muda? Biar kamu nggak lagi penasaran, simak ceritanya sampai selesai ya!

Apa yang Teh Heny Harun rasakan saat memasuki usia 30, lalu usia 40, dan sebentar lagi 50. Ada ketakutan atau insecurity yang sulit diredam nggak? Kalo ada, gimana mengatasinya?

“Waktu usia 20 sampai 30-an, banyak sekali kegalauan dan rasa ketidakpastian, ditambah pressure dari sekitar, dengan pertanyaan-pertanyaan standar, “Kapan?”.

Namun, yang aku rasakan, semakin bertambah usia justru hati semakin tenang. Salah satunya juga karena mungkin sudah lebih kenal dengan diri sendiri, sudah menemukan passion, dan sudah berhasil mengatasi banyak hal yang tadinya memberatkan hati dan pikiran.

Jujur, buat aku, life began at 45. Usia dimana I felt truly happy, dan merasa terlahir kembali. Aku merasa, ketika hati kita tenang dan bahagia, rasa itu akan terpancar di wajah. Dan being happy, being content with yourself, adalah salah satu kunci tampil awet muda.

Insecurity karena bertambah usia? Kayanya nggak ada sama sekali. I think getting older is a privilege that we should be thankful for. Aku senang malah kalau ada yang tanya umurku, aku akan jawab apa adanya, lalu akhirnya malah jadi share ‘anti-aging secrets’ dan ngobrol-ngobrol.”

heny harun

Banyak orang bilang, semakin bertambah tua, kita jadi semakin lemah dan nggak berdaya. Gimana tanggapan Teh Heny?

Age to me, is just a number. Aku datang dari keluarga yang orang tuanya tetap aktif di usia lanjut. Ibuku berusia 71 tahun, dan ayah berusia 81 tahun. Sampai sekarang mereka masih menjalankan usaha yang mereka rintis sejak aku kecil. Mereka selalu berpesan kalau otak dan otot harus selalu dipakai agar tetap tajam. Fungsi tubuh sudah pasti berkurang karena usia, tapi semangat hidup harus tetap tinggi, dan tidak boleh melemahkan diri sendiri, supaya tubuh juga akan mengikuti. Kita bisa kuat seperti pancaran hati kita.

Jadi, kalau aku membandingkan diri dengan orang tua, aku merasa BARU mau 50 kok, masih muda. 🙂 Mindset is everything.”

Baca juga: Selain Retinol, Ini 5 Kandungan Skincare yang Bisa Bikin Kulit Tetap Kencang!

Kalau dari foto-foto yang di-share, kondisi kulit Teh Heny sekarang justru jauh lebih glowing dibandingkan saat 20-an. Apakah artinya sangat mungkin mempunyai kulit bersinar sehat walau pakai skincare-nya cukup telat, misalnya baru rajin setelah usia 35 tahun ke atas?

“Sangat mungkin. Makanya aku selalu share mengenai reverse aging, karena itu yang aku alami. Saat umur 20-an aku sempat jadi reporter TV yang jam kerjanya tidak tentu, apalagi jam tidur. Di umur 30an juga kerja di TV yang kebetulan hampir nggak ada libur. Tiap hari pasti minum sugary drinks, nggak paham basic skincare, apalagi pakai sunscreen.

Begitu memasuki umur 40, semua berubah. Selain sudah mengerti kebutuhan kulit sendiri dan mengerti basic skincare, yang lebih penting lagi adalah gaya hidup sehat, beauty sleep, sangat mengurangi konsumsi gula, dan banyak minum air putih. Plus, yang ternyata juga sangat penting adalah ketenangan batin. Happiness = Hinyainess. Hehehe.”

heny harun

Baca juga:  Mau Kulit Awet Muda dan Glowing seperti Bintang K-Drama? 5 Serum Ini Bisa Diandalkan!

Produk-produk beauty apa saja yang menurut Teh Heny wajib banget dipakai rutin oleh perempuan berusia di atas 40-an?

“Menurutku, yang paling penting adalah untuk “listen to your skin”. Berapapun usianya, penting untuk mengenali jenis dan kondisi kulit masing-masing. Jadi, kita bisa memakai skincare sesuai kebutuhan atau sesuai dengan hasil yang ingin dicapai. Basic skincare jangan dilupakan. Double cleansing, toning, moisturizing, protecting (sunscreen is a must). Exfoliating juga, at least seminggu sekali.

Di usia 40an biasanya kulit cenderung lebih kering, jadi pastikan pakai produk-produk untuk menjaga hidrasi kulit, plus pakai produk-produk yang membantu untuk memicu produksi kolagen, contohnya retinol, dan peptides. Plus, sudah boleh banget tuh lirik brand skincare sultan yang memang diformulasikan khusus untuk usia 40-an.”

Baca juga:  Mata Letih dan Keriput? Ini Rekomendasi Eye Serum Mewah untuk Usia 40-an!

heny harun

Ada nggak pola makan dan gaya hidup tertentu yang Teh Heny Harun jalankan demi menua dengan lebih baik dan bugar?

“Gaya hidup sehat tapi santai, nggak terlalu strict, because we still need to enjoy life. Bangun tidur aku minum air putih, konsumsi royal jelly, bird’s nest dan green juice. Sehari-hari, minum hanya air putih. Ngopi manis sesekali, itupun sedikit saja. Pola makan nggak ada diet khusus, eating mindfully saja. Makan ketika lapar, berhenti sebelum kenyang. Makan junkfood sesekali, tapi porsinya juga dijaga. Kalau ingin makan yang manis-manis, seperti nastar misalnya, aku bisa makan hanya satu butir, yang penting icip saja. Jadi, self-control itu memang penting sekali.

Lalu, olahraga yang bikin hati happy, biasanya dari Youtube, tapi belakangan ini aku coba pilates. Kemudian beauty sleep seperti yang aku bilang sebelumnya, karena manusia butuh cukup istirahat. Aku selalu usahakan tidur 7-8 jam sehari.”

Baca juga: Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kulit Lebih Kenyal dan Awet Muda, Lho!

heny harun

Sebagai seorang beauty influencer dan beauty reviewer dengan pengikut yang sangat banyak, ada nggak sih pesan-pesan spesial terkait “menjadi tua”?

Don’t be afraid of getting older. Enjoy every stage of your life. Jangan membatasi diri untuk berkarya karena usia. Jangan terlalu mempermasalahkan hal kecil, jangan membandingkan diri dengan orang lain,

fokus saja ke pencapaian diri sendiri, jalan hidup orang itu berbeda-beda, ngga usah merasa “kurang” kalo kita belum sampai di tahap hidup yang kita mau. Just keep working, keep living your best life.

Rawat sebisa mungkin apa yang sudah diberikan ke kita. Take care of your mind, body and soul. Jangan suka berkata jelek ke diri sendiri, misalnya aku kan pemalas, aku sudah jompo, aku nggak bisa ini, nggak bisa itu, our body will listen. Pikir yang baik-baik, ucapkan keinginan-keinginan kita ketika berdoa, tanamkan di kepala kita, “I’m so lucky!”, jadi yang datang juga hal-hal yang baik. Be kind to yourself and other people.

Postur juga penting untuk dijaga, lho. Aku duduk selalu tegak, lihat gadget selalu eye level (jadi kita tidak menunduk), jalan juga tegap dan gagah, jadi rasanya hidup juga lebih bersemangat. Percaya deh, age is just a number. Caiyooo!

Baca juga: Insecure karena Bertambah Tua? Ini Tips Tetap Fit di Usia 30-an dan 40-an!

Wah, itu dia rahasia awet muda, glowing dan bahagia ala Heny Harun. Gimana? Setelah membaca, rasanya seperti mendapat asupan semangat dan aura positif, ya? Kalau kamu mencontek tips dari Teh Heny tersebut dan menjalankannya perlahan-lahan secara rutin, pasti kulitmu, tubuhmu, dan pikiranmu akan berterimakasih padamu!

Image: Instagram @henyharun.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment