banner-detik

beauty school

3 Mitos Kecantikan ala Orang Indonesia

seo-img-article

Mitos-mitos tentang kecantikan banyak beredar dan dipercayai di Indonesia. Tetapi, nggak semuanya itu benar lho!

Lahir dan besar di Indonesia, kita dikelilingi setumpuk mitos turun temurun yang sebenarnya cukup aneh dan lucu. Dilarang ini, tidak boleh itu, harus begini, harus begitu, pokoknya ada banyak deh aturan-aturan yang dengan naifnya kita taati! Nggak hanya pamali populer seperti “Jangan buka payung di dalam rumah”, atau “Dilarang menyapu di malam hari”, mungkin kamu juga pernah bertemu dengan mitos-mitos kecantikan berikut:

memencet-jerawat-female-daily-1

Kalau makan nasi nggak habis, kulit bisa jerawatan

Walaupun terdengar totally absurd, saya percaya lho sama mitos ini sampai saya duduk di bangku SMP. Mungkin karena diulang-ulang terus oleh mama dan nenek, saya jadi percaya banget kalau jerawat adalah semacam “hukuman” untuk anak-anak yang suka menyia-nyiakan makanan. Saking percayanya, setiap kali saya jerawatan, bukannya saya salahkan ke skincare yang nggak cocok, atau gaya hidup yang kurang baik, saya malah mikir “Hmm… mungkin gara-gara nasi goreng kemarin nggak saya habisin ya?” LOL. But nevertheless, ini memang cara nakutin anak-anak yang super efektif, apalagi yang sudah mulai dewasa dan lebih self-conscious dengan penampilan sendiri! 

Baca juga: 3 Penyebab Jerawat Nggak Kunjung Sembuh

Memotong bulu mata saat bayi bisa bikin lentik

Kenapa saya yakin kalau ini hanyalah mitos? Cause I was a real life (failed) experiment! Mama saya yang percaya dengan mitos ini memotong bulu mata saya waktu bayi, dan dua puluh tahun kemudian, bulu mata saya masih pendek dan nggak lentik sedikit pun! The saddest part is, waktu bayi saya sudah dikaruniai bulu mata yang lumayan panjang dan lentik, tapi setelah dipotong malah nggak tumbuh kembali 

Setelah saya research (Lucky us, sekarang sudah ada Google!), memang yang mempengaruhi lentik atau tidaknya bulu mata adalah nutrisi yang dikonsumsi si bayi dan faktor keturunan. So for all mommies or mommies-to-be, tidak perlu lagi menggunting bulu mata bayi demi mendapat bulu mata yang lentik. Toh, sekarang juga ada bulu mata palsu, maskara dan eyelash extension service di mana-mana!

Baca juga: 5 Tips Maskara untuk Bulu Mata Pendek

Berlama-lama di kamar mandi bisa bikin cepat tua

Katanya, berlama-lama di kamar mandi dapat menyebabkan wajah terlihat lebih tua dari umur sebenarnya. Bahkan ada versi lain yang bilang kalau menghabiskan waktu lama di kamar mandi sembari nyanyi, jodoh yang didapat akan jauh lebih tua umurnya (lho?)! Again, mungkin ini taktik nakutin orang zaman dulu supaya nggak kelamaan di kamar mandi dan malah masuk angin atau memboros air.

Tapi, kalau dipikir-pikir lagi, mandi telalu lama dan over-cleansing juga dapat mengganggu moisture barrier yang menjaga kesehatan kulit, sehingga dapat memicu masalah-masalah kulit lain seperti iritasi dan jerawatan. So, mungkin ada sedikit kebenaran dalam mitos ini? You decide!

Ada yang punya pengalaman dengan mitos-mitos ini nggak? Atau tahu mitos kecantikan yang lain? Share di kolom komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment