banner-detik

entertainment 2

Fakta Menarik Film 'Mencuri Raden Saleh' yang Bisa Ditonton 25 Agustus di Bioskop!

seo-img-article

Bertabur visual muda berbakat, film kriminal ‘Mencuri Raden Saleh’ ini nggak pakai stuntman lho!

Siapa yang sudah dibikin penasaran sama Visinema di awal pemberitahuan cast ‘Mencuri Raden Saleh’? Yup, kamu nggak salah dengar, film dengan taburan visual lokal dengan bakat luar biasa ini sebentar lagi akan tayang di bioskop! Film ini diperankan oleh Iqbaal Ramadhan (Piko), Angga Yunanda (Ucup), Rachel Amanda (Fella), Umay Shahab (Gofar), Aghiny Haque (Sarah), dan Ari Irham (Tuktuk).

Film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini menceritakan Piko, mahasiswa seni rupa yang mencari uang dengan memalsukan lukisan untuk membaskan sang Ayah dari penjara, yang tiba-tiba dapat tawaran untuk mencuri sebuah karya maestro Raden Saleh yang dijaga ketat di Istana Negara. Dengan mengikuti rencana yang ada, Piko membentuk sebuah tim yang beranggotakan Ucup (hacker), Sarah (atlet bela diri), Gofar (mekanik), Tuktuk (pembalap liar) dan Fella (bandar judi kampus). Masing-masing dari personel mengincar uang yang ditawarkan sebagai imbalan dari pencurian tersebut.

Totalitas pemain tanpa stuntman

Demi memberikan yang terbaik, para pemain di film ini mengaku jarang hingga bahkan nggak pakai stuntman atau pemeran pengganti untuk adegan berbahaya. Salah satunya seperti Iqbaal yang phobia ketinggian, di film ini ia harus melompati antar bangunan. Namun berkat kegigihannya, ia mampu menaklukan rasa takutnya demi adegan yang dijalani. Begitupun dengan Ari dan Umay yang melakukan adegan berbahaya menggunakan mobil untuk menabrak. Pasalnya hanya satu rekaman yang menggunakan pemeran pengganti, karena di adegan tersebut hanya ada dua kesempatan untuk merekam.

Baca juga: Deretan Tontonan Lokal Seru yang Bisa Kamu Saksikan di Disney+ Hotstar!

Sementara, Angga Yunanda harus melalukan sesuatu yang sangat asing baginya, yaitu coding. Ia harus belajar coding langsung dengan ahlinya untuk menampilkan adegan terbaik layaknya hacker sungguhan. Pun, Rachel Amanda juga menunjukkan totalitasnya dalam berperan. Ia hingga belajar memimpin permainan kartu remi yang identik dengan permainan mafia seperti di film-film, untuk mendapatkan karakter yang cocok dengan tokoh Fella.

Baca juga: Rekomendasi Flm Indonesia Bertema Women Empowerment!

Biaya produksi hingga milyaran rupiah

Layaknya produksi film blockbuster hollywood, film Indonesia kali ini benar-benar menyuguhkan konten menarik mengenai kriminal yang wajib ditonton, dengan biaya produksi yang amat mahal. Pasalnya sang sutradara mengungkapkan, untuk membuat film ini nggak mudah mempersiapkannya, karena harus menyiapkan banyak mobil dan menghancurkannya bahkan hingga 20 mobil, untuk mendapatkan adegan aksi yang nyata. Bukan cuma mobil saja yang dipikirkan, tapi juga keselamatan para tim yang ada di lokasi, serta seluruh elemen yang ada, hingga untuk mempersiapkan film ini membutuhkan biaya hingga 20 milyar rupiah.

Merupakan film genre heist

Jika sebelumnya sudah cukup banyak kisah perampokan yang dikemas secara komedi dan memiliki cerita yang ringan. Kali ini Angga Dwimas Sasongko berani menyuguhkan cerita yang berbeda dari biasanya. Film ‘Mencuri Raden Saleh’ ini disebut sebagai film pertama bergenre heist, dari rumah produksi Visinema. Film heist sendiri merupakan subgenre kriminal yang berfokus pada perencanaan, eksekusi, dan akibat dari perampokan. Karya ini juga menjadi maha karya yang patut ditunggu, karena memakan waktu cukup lama, yaitu 4 tahun untuk menulis naskahnya. Terinpirasi dari lukisan Raden Saleh yang minim penjagaan, Angga Sasongko kemudian mulai meramu ide di kepalanya sejak 2016 lalu.

Baca juga: Apakah Casting Blasteran di Film Indonesia Memicu Standar Kecantikan yang Toxic?

Itulah beberapa fakta menarik seputar film ‘Mencuri Raden Saleh’ yang menghadirkan bintang muda berbakat, yang bisa kamu tonton di bioskop mulai 25 Agustus!

 

Image : instagram @mencuriradensalehfilm, dok. visinema

Slow Down

Please wait a moment to post another comment