banner-detik

lifestyle

Khawatir Kolesterol Naik setelah Lebaran? Coba Tips Mudah Ini!

seo-img-article

Sate, gulai, sampai sop daging atau semur, sama-sama punya lemak tinggi ya? Buat menurunkan kolesterol nantinya, kamu bisa coba tips di bawah ini!

Momen kebersamaan saat Lebaran biasanya dimanfaatkan untuk ajang kumpul-kumpul, mulai dari masak bareng, foto-foto, hingga silaturahmi dengan keluarga. Kebayang ya, apa saja makanan enak yang bisa dinikmati saat Lebaran? Nggak perlu khawatir kalau kolesterol bakal naik, tips di bawah ini bisa kamu coba untuk mencegah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca juga: Tips Menjaga Berat Badan Pasca Lebaran Agar Tidak Bertambah Drastis

Konsumsi sayur dan buah

tips atasi kolesterol

Saya sudah bisa membayangkan jenis makanan apa yang dihidangkan saat Lebaran Idul Adha. Mulai dari ketupat, opor, sate kambing, sate sapi, sop kambing, hingga gulai yang jelas punya lemak tinggi! Kamu tetap bisa menikmatinya, tapi tetap ingat untuk mengkonsumsi sayur dan buah ya. Serat di dalamnya efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Coba deh konsumsi nanas madu dengan Vitamin C dan bromelain di dalamnya, yang bisa menurunkan kadar kolesterol! Kalau kamu bosan dengan buah potong, bisa juga kok mengolahnya jadi jus atau smoothies yang lebih nikmat.

Perbanyak konsumsi serat larut

tips atasi kolesterol

Selain dari sayur dan buah, ada juga makanan lain dengan kandungan serat larut untuk menurunkan kolesterol. Bisa dari gandum, kacang merah sampai wortel! Memang nutrisi dalam makanan lebih terjaga dengan direbus, tapi kamu bisa mengolahnya jadi makanan yang enak kok. Untuk gandum, sekarang ini banyak tersedia versi ready to cook, yang cukup diseduh dengan air panas. Bisa kamu tambahkan potongan pisang atau stroberi sebagai topping. Kalau versi yang lebih gurihnya, bisa juga tambahkan lada dan garam di dalamnya. Untuk sayuran sendiri, kamu bisa membuatnya menjadi sup kacang merah yang sehat dan mengenyangkan!

Baca juga: 3 Resep Smoothie untuk Detoks Sehabis Lebaran

Makanan dengan kandungan Omega 3

tips atasi kolesterol

Omega 3 bisa kamu temukan di beberapa bahan makanan seperti minyak ikan, salmon dan biji chia. Makanan-makanan ini efektif menurunkan kolesterol dan kadar trigliserida atau lemak jantung dalam tubuh. Kebayang kan kalau banyak lemak yang mengendap dalam tubuh, bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit atau bahkan tersumbat. Akibatnya bisa muncul penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Nah, kamu bisa mengolah jenis makanan tadi menjadi baked salmon atau overnight chia seed pudding dengan rasa yang lebih nikmat!

Baca juga : 5 Rekomendasi Hampers Lebaran di Bawah 200 Ribu!

Perbanyak Olahraga

tips atasi kolesterol

Sepertinya kegiatan ini terdengar cukup klise ya. Tapi, manfaatnya ada banget dan berpengaruh! Kamu bisa coba dengan olahraga ringan seperti stretching atau jogging di pagi hari. Coba deh rasakan manfaat berjemur di pagi hari yang baik untuk meningkatkan fungsi otak dan kesehatan tulang. Apalagi tubuh bakal terasa lebih fresh setelah berjemur dan berolahraga! Kalau olahraga yang lebih fun lagi, kamu bisa coba berenang atau bersepeda yang sekaligus menenangkan pikiran.

Baca juga: Waspada 3 Gangguan Kesehatan yang Sering Terjadi setelah Lebaran!

Itu tadi beberapa alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah supaya nggak gampang naik. Dengan jaga pola makan dan olahraga ringan, kamu nggak perlu khawatir lagi untuk makan-makan enak! Bisa juga share di bawah ini, apa sih olahraga ringan yang biasanya kamu lakukan?

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment