banner-detik

style

Investasi Tas Branded, Apakah Bisa Cuan?

seo-img-article

Mengoleksi tas mahal dari brand desainer mewah disebut-sebut sebagai bentuk investasi. Benarkah?

 

Ada berbagai bentuk investasi yang bisa kamu lakukan mulai dari investasi emas, saham, properti, hingga barang-barang yang juga biasa kamu gunakan, seperti tas branded. Namun tentunya, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan juga sebelum memilih salah satu bentuk investasi dari yang sudah disebutkan tadi. Kali ini, Female Daily Network akan membahas kiat-kiat untuk memulai investasi tas branded. Yuk simak hasil perbincangan certified financial planner bareng QBs dalam event “Investasi Tas Branded, Apakah Bisa Cuan?” bersama Jenius dari Bank BTPN. 

Menurut Ligwina Hananto, CEO & Lead Financial Trainer QM Financial, sebenarnya semua barang bisa menjadi bentuk investasi asalkan memenuhi tiga syarat berikut. Pertama adalah adanya demand and supply, di mana hal ini menjadi faktor penting yang memicu terjadinya transaksi. Kedua, barang tersebut harus memiliki values perbedaan harga beli dan jual. Terakhir, harus memiliki likuiditas, yaitu kemampuan suatu barang yang bisa dikonversi atau ditukar menjadi uang tunai.

Nah, dalam investasi tas branded ini ada karakteristik khusus bagi tas-tas yang bisa diinvestasikan agar kedepannya juga menghasilkan keuntungan, sebab memiliki demand yang besar dan value yang tinggi. Menurut Hanifa Ambadar (CEO Female Daily Network) dan Novita Imelda (COO Female Daily Network), tas branded dengan model klasik, versatile, berkualitas baik, serta handmade menjadi yang paling digemari dan dicari oleh para pembeli serta kolektor.

Setelah mengetahui karakteristik tas branded yang memiliki nilai investasi, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana sih cara mengumpulkan dana awal untuk melakukan investasi tas branded

1. Pastikan kamu tidak memiliki utang
Sebelum membeli designer bags, pastikan kamu tidak memiliki utang, agar lebih tenang serta  tidak mengganggu persiapan danamu untuk modal investasi tas branded.

2. Kebutuhan finansial primer sudah terpenuhi
Pastikan kebutuhan sehari-hari yang menjadi prioritas sudah terpenuhi. Misalnya seperti dana pendidikan anak, dana darurat, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. 

3. Memisahkan shopping account
Agar pengeluaran dana kebutuhan sehari-hari tidak tercampur, ada baiknya kamu memiliki shopping account sendiri. 

4. Tentukan saldo minimal shopping account
Dalam shopping account, kamu disarankan menentukan jumlah saldo minimum yang ada dalam rekening tersebut. Menurut Ligwina, setidak-tidaknya saldo minimum di shopping account setara dengan 2 kali lipat harga tas branded yang ingin kamu beli.  Hal ini perlu dilakukan agar saldo shopping accountmu tidak langsung habis setelah berbelanja. 

5. Tidak perlu memaksakan
Kalau salah satu dari keempat hal di atas belum kamu sanggupi, maka, tidak perlu memaksakan untuk membeli tas branded saat itu juga. Ingat, jangan menerapkan gaya hidup yang berpotensi untuk mempersulit keadaan cash flow-mu. Sebab, investasi tas branded memang salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan ketika kita sudah siap secara finansial.

Tetapi, kamu nggak perlu khawatir, karena sebenarnya mengumpulkan modal awal untuk investasi tas branded tidak sesulit seperti yang kamu kira, asalkan perencanaan keuangan dipikirkan dengan matang. Ditambah lagi, untuk membantu kamu mengumpulkan dana demi mengisi shopping account, Jenius memiliki tiga fitur yang bisa kamu andalkan. Pertama adalah Moneytory yang bisa membantu kamu untuk mengelola cash flow. Moneytory membantu kamu lebih mudah mengetahui dan memantau pemasukan dan pengeluaran serta detail kebiasaan spending atau belanja kamu dalam periode yang bisa kamu atur.  

Kedua, fitur Dream Saver yang merupakan tabungan autodebit untuk membantu kamu menabung. Kamu bisa membuat hingga 5 Dream Saver dan memilih besaran setoran awal beserta jumlah yang ingin kamu tabung baik secara harian, mingguan, atau bulanan. Uniknya, di fitur ini kamu bisa memasang foto barang yang kamu inginkan. Kamu bakal jadi lebih semangat deh menabung untuk memenuhi wishlist tas branded impianmu.

Terakhir, ada fitur Reksa Dana yang akan membantu kamu untuk memulai investasi dengan lebih mudah, agar pelan-pelan dana yang terkumpul bisa dijadikan salah satu sumber modal untuk membeli tas branded.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan investasi tas branded. Bagi kamu yang memang hobi mengoleksi designer bags, mungkin bisa mulai merambah bentuk investasi ini. Sedangkan kamu yang ingin memulai tapi belum punya dana, kamu bisa mulai langkah kecil yang dilakukan tiap hari untuk mengelola keuangan lebih baik agar bisa memiliki tas branded pertamamu. Yuk mulai #LangkahKecilHariIni untuk kumpulkan modal miliki tas branded pertama kamu!  

 

Image: Dok. Female Daily, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment