interior design

5 Tips Mudah Dekor Dapur Aesthetic dan Ruang Makan ala IKEA Agar Lebih Rapi

seo-img-article

Nggak perlu pusing memikirkan furnitur baru untuk mendekorasi dapur atau ruang makan agar lebih cantik, cuma butuh detail-detail kecil ini. Dapur aesthetic pun langsung jadi nyata!

Siapa saja pasti mengidam-idamkan dapur dan ruang makan yang nggak cuma rapi dan nyaman, tapi juga punya desain yang menarik, estetis, atau elegan. Selain area keluarga, dapur dan ruang makan menjadi ruangan yang penting di rumah karena banyak orang yang menghabiskan waktu bersantai, bercengkerama, atau berkumpul di sini. Menciptakan suasana yang rapi, nyaman, dan juga estetik di dapur dan ruang makan ternyata nggak harus selalu ribet, lho. Simak tips mudah dekor dapur aesthetic dan ruang makan agar lebih rapi dari IKEA!

Baca juga: Membuat Area Hobi di Rumah? Nggak Perlu Keluar Uang Banyak, Ini Tips dari IKEA!

Wadah untuk menyimpan bahan makanan

Terkadang bahan-bahan makanan dan bumbu dapur yang banyak bisa bikin overwhelmed apalagi ketika dibutuhkan saat memasak. Beberapa dari kita mungkin terbiasa menumpuk semua bahan dan bumbu dapur agar mudah diambil saat memasak nanti, tapi hal ini bikin kulkas jadi terlihat berantakan atau bahan makanan jadi rusak. Sediakan wadah khusus untuk menyimpan makanan dan bumbu dapur agar lebih mudah ditata dan nggak cepat basi.

Baca juga: 5 Cara Cegah Food Waste dan Food Loss ala IKEA!

Simpan bahan makanan yang rentan basi di dapur dan simpan bahan makanan yang lebih tahan lama di rak atau laci dapur. Dengan begitu, ruang penyimpanan di dapur bisa dimanfaatkan secara maksimal. Kamu bisa pilih IKEA 365+ yang terdiri dari berbagai ukuran kontainer penyimpanan berbentuk segi empat. Tahan panas juga untuk digunakan di microwave!

Taplak meja untuk ubah suasana

Memperbarui suasana ruang makan nggak perlu dengan furnitur-furnitur mahal atau besar, tapi juga bisa dengan detail-detail kecil seperti taplak meja! Sesuaikan corak taplak dengan warna meja atau tema interior dapur yang kamu inginkan agar tidak berlebihan atau ‘bertabrakan’ dengan keseluruhan desain. Warna-warna monokrom atau earth tone seperti cokelat atau krem bisa jadi pilihan paling aman.

tips dekor dapur estetik IKEA

IKEA juga punya taplak meja polos yang bisa kamu gunakan, namanya taplak meja MARIT. Dengan warna krem netral dan desain polos, taplak ini mudah untuk dipadukan dengan warna meja atau keseluruhan desain ruang makan. Warnanya juga tahan lama dan nggak mudah pudar lho, karena diproses secara otentik dengan mencelupkan benang ke dalam warna.

Wadah cuci agar lebih praktis

Untuk menghindari tumpukan piring, gelas, atau peralatan makan lain yang belum dicuci dan jadi mengganggu pemandangan, kamu bisa sediakan wadah cuci piring khusus di westafel. Selain agar lebih rapi, wadah ini juga memudahkan kamu untuk mencuci peralatan makan dengan memberi ruang lebih untuk meletakkan peralatan yang sudah dicuci. Multifungsi juga karena bisa digunakan untuk menyiapkan dan mencuci bahan makanan yang diperlukan ketika memasak.

Baca juga: 5 Tips Decluttering dari IKEA yang Wajib Kamu Tiru!

Wadah cuci piring GRUNDVATTNET dari IKEA punya desain minimalis yang pas dan mudah diaplikasikan pada wastafel kamu di dapur. Bahannya kokoh dan juga nggak mudah pecah. Produk ini bisa bantu kamu menghemat air ketika mencuci piring karena tidak membiarkan air terus mengalir juga!

Peralatan makan dengan desain menarik

Kalau desain dapur dan ruang makanmu punya tema minimalis dan polos, kamu bisa tambahkan detail motif peralatan makan yang simpel tapi nggak terlalu polos. Tapi nggak perlu semua peralatan harus bermotif ya, cukup beberapa jenis peralatan saja. Contohnya kalau taplak meja makan bermotif polos, sediakan piring atau mangkuk yang bermotif untuk menambah warna di ruangan.

Baca juga: Cari Hadiah yang Cantik dan Terjangkau? Ini 5 Ide Kado Akhir Tahun dari IKEA!

Kamu bisa pilih set peralatan makanan ENTUSIASM dari IKEA yang punya motif cantik berwarna biru dan hijau. Set ini terdiri dari berbagai jenis peralatan, ada mangkuk, gelas, dan piring. Bahannya sendiri adalah porselen feldspar, yang ringan tapi nggak mudah pecah.

Lampu kabinet untuk ciptakan suasana elegan

Nggak banyak yang menyadari bahwa pencahayaan menjadi salah satu elemen yang memberi pengaruh besar bagi keseluruhan desain ruangan. Pemilihan pencahayaan yang tepat di dapur bisa cukup tricky karena kegiatan memasak membutuhkan cahaya yang terang, apalagi ketika memotong bahan makanan. Kombinasikan lampu sorot dengan lampu dekoratif seperti lampu gantung agar desain dapur tetap terang sekaligus menawan. Kamu juga bisa tambahkan lampu pada lemari atau kabinet untuk menambah pencahayaan sekaligus estetika dapur.

tips dekor dapur estetik IKEA

Salah satu lampu kabinet LED paling laris di IKEA, URSHULT, bisa jadi pilihan yang tepat, nih. Dengan bahan baja yang dilapisi nikel, produk ini menggunakan teknologi lampu LED yang lebih hemat energi dan tahan lama. Nggak cuma di dapur, URSHULT juga bisa digunakan di atas lemari pakaian di kamar tidur atau koridor.

Baca juga: 5 Produk Minimalis Affordable untuk Ciptakan Suasana Kerja Aesthetic!

Sekarang sudah tahu kan, tips-tips simpel yang bisa dilakukan untuk dekor dapur dan ruang makan agar lebih rapi sekaligus nyaman dan estetis? Semua produk ini bisa kamu dapatkan langsung di official store IKEA atau secara daring lewat laman resminya di ikea.co.id. Semoga membantu!

 

Images: freepik.com, dok. IKEA

Slow Down

Please wait a moment to post another comment