skin care

Selain Tea Tree, Ini 4 Kandungan Alami yang Baik untuk Atasi Permasalahan Jerawat!

seo-img-article

Siapa yang kalau jerawat sedang meradang larinya ke tea tree? Kandungan ini memang dikenal baik untuk meredakan dan menenangkan jerawat, tapi ada yang lain juga, lho!

Meskipun namanya adalah tea tree, tanaman ini tidak sama dengan tanaman untuk membuat minuman teh, ya. Tea tree, atau dengan nama latin melaleuca alternifolia, adalah pohon yang berasal dari Australia dan biasa digunakan untuk obat antiseptik dan inflamasi. Sejak 100 tahun lalu, minyak dari tea tree sudah digunakan untuk berbagai permasalahan tubuh dan kulit. Nggak jarang menemukan kandungan ini di produk-produk skincare. Namun selain tea tree, ada kandungan lain yang bisa membantu menenangkan kulit, khususnya jerawat!

Baca juga: Mau Kulit Sehat dan Awet Muda? Skincare dengan Kandungan Spirulina Bisa Dicoba!

Green Tea

True to Skin Matcha Oat Gentle Cleanser

Nah kalau yang sebelumnya adalah tea tree, yang ini adalah green tea yang biasa digunakan untuk minuman. Green tea mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu meredakan iritasi dan inflamasi, termasuk jerawat. Selain itu, ada juga kandungan asam amino, vitamin B, tanin, dan lain sebagainya. Green tea juga biasa menjadi masker, digunakan untuk minuman, mengatasi mata panda, dan lain-lain.

Baca juga: 8 Skincare Lokal dengan Green Tea untuk Bikin Kulit Terhindar dari Jerawat!

Aloe Vera]

Rose All Day Aloe-Ha Multi GelAloe vera atau biasa kita kenal dengan lidah buaya, punya segudang manfaat untuk tubuh dan kulit. Lidah buaya mengandung anti-inflamasi, antioksidan, dan juga antibakteri, baik untuk melembapkan dan menenangkan kulit. Beberapa tahun lalu, tren skincare dengan lidah buaya sempat booming banget dan digunakan untuk berbagai permasalahan kulit, salah satunya menenangkan radang akibat jerawat. Tapi jangan lupa untuk membilas wajah setelah digunakan ya.

Baca juga: 9 Cara Menggunakan Aloe Vera Gel

Apple cider vinegar/cuka sari apel

Kalau kamu pernah mendengar beauty hacks merawat jerawat dengan mencampur toner cuka apel, well, it’s not fairly wrong. Cuka apel memang mengandung kadar asam yang beragam seperti asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat yang bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, cuka apel juga mengandung antioksidan dan antibakteri. Meski punya banyak manfaat, sebaiknya jangan langsung menggunakannya di atas kulit, karena kadar asamnya cukup tinggi, tidak disarankan untuk kulit sensitif. Makanya, disarankan untuk melarutkan cuka apel bersama dengan porsi air yang tepat.

Baca juga: Produk Skincare Apel yang Bagus untuk Bikin Kulit Glowing!

 

Madu

COSRX Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask

Bukan hanya enak diminum, madu punya banyak banget manfaat untuk kulit, tubuh dan kesehatan. Madu mengandung antioksidan, antiseptik alami, dan anti-inflamasi yang baik untuk menenangkan dan meredakan permasalahan jerawat. Madu sering digunakan pada masker, sheet mask, moisturizer, dan lain sebagainya, karena mampu memberi hidrasi ekstra.

Baca juga: 10 Body Care dengan Kandungan Madu untuk Melembutkan dan Menutrisi Kulit

Itu tadi 4 kandungan alami selain tea tree yang bagus untuk membantu dan meredakan permasalahan jerawat. Apa skincare hacks yang bisa membantu kamu mengatasi jerawat? Bagikan di bawah ya!

 

Images: dok. Brands, freepik.com

athifahch

athifahch

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment