skin care

Ini Masalah Kulit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran. Gimana Mengatasinya?

seo-img-article

Setelah keriaan usai, hadir masalah kulit yang perlu dituntaskan. Ini solusi merawat kulit pasca lebaran!

Gimana libur lebarannya? Pasti senang ya, akhirnya bisa melepas rindu dengan sanak saudara di kampung halaman setelah dua tahun nggak bisa mudik terhalang pandemi. Ketika berlarut dalam keriaan seperti ini, biasanya kita jadi lupa merawat kulit dengan maksimal. Hasilnya ada beberapa masalah kulit yang paling umum muncul setelah libur lebaran. Apa saja dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: Ini 3 Step Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Dapatkan Kulit Glowing Bebas Komedo!

Komedo dan jerawat

Di sejumlah daerah, perayaan Hari Raya identik dengan makanan tradisional yang berlemak, pedas, dan bersantan. Efeknya juga bisa berpengaruh ke kulit, yaitu pori-pori tersumbat dan memicu produksi sebum yang bisa menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Ditambah lagi seharian pakai makeup yang kemudian bercampur keringat dan minyak juga. Untuk mengatasinya kembali rutin lakukan eksfoliasi untuk mengangkat kotoran dari pori-pori. Kamu bisa pilih exfoliating toner, peeling gel, atau clay mask.

Buat jerawat yang sudah muncul matanya, bisa ditutup dengan acne patch untuk menghindari paparan bakteri lebih lanjut.

Inflamasi dan dehidrasi

Siapa yang kurang minum air selama libur lebaran kemarin? Berbagai sajian minuman segar yang manis memang menggoda banget ya. Terlebih sudah seminggu belakangan ini cuaca sangat panas. Nah, konsumsi gula berlebih bisa memicu munculnya inflamasi di kulit dan glycation. Kurang minum air juga bikin kulit dehidrasi. Alhasil kulit jadi tampak kemerahan, mungkin ada juga yang muncul sensasi perih, gatal, dan kondisi nggak nyaman lainnya.

Trik jitu untuk mengatasinya bisa dengan sheet mask yang mengandung bahan-bahan menenangkan, seperti Niacinamide, Mugwort, Centella asiatica, Heartleaf, atau Aloe vera. Selain sheet mask kamu juga bisa lakukan Chizu Saeki Method dengan mengompres area di wajahmu menggunakan kapas tipis yang sudah dibasahi hydrating toner atau essence andalanmu!

Kulit kusam

Biasanya ketika liburan kita jadi agak malas melakukan skincare routine yang panjang. Selama masih menjalankan Cleanse, Moisturize, and Protect sebenarnya masih aman. Tapi gimana kalau sampai nggak pakai skincare sama sekali? Kemungkinan kulit akan jadi terlihat kusam akibat penumpukan sel kulit mati, paparan sinar UV, dan hidrasi yang kurang. Solusinya: back to basic! Yuk, kembali ke skincare routine-mu yang semula dan jangan lupa sisipkan skincare dengan antioksidan juga.

Kulit terbakar

Sering skip sunscreen ketika libur lebaran kemarin? Risiko yang paling sering muncul adalah kulit terbakar. Kalau sudah terjadi, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung dan pakai produk skincare dengan formula yang gentle. Kamu bisa pilih cream cleanser, hydrating toner yang kandungannya simple, dan jangan lupa moisturizer serta sunscreen. Banyak minum air dan hindari mandi serta mencuci muka dengan air hangat. Kamu juga bisa oleskan after sun gel yang menenangkan.

Baca juga: 3 Sheet Mask Drugstore Penyelamat Kulit Berjerawat!

Selamat mencoba dan semangat untuk kembali ke rutinitas semula ya!

images: dok. Freepik

annedean

annedean

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment