banner-detik

skincare

Ini Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Muncul Masalah Kulit sebelum Lebaran!

seo-img-article

Pernah mengalami masalah kulit yang muncul ketika menjelang hari besar? Nah, kalau kamu mengalami masalah kulit ini sebelum Lebaran, intip cara mengatasinya!

Gimana nih perasaan kamu menjelang Lebaran? Pasti senang ya, karena nanti bisa melepas rindu dengan sanak saudara di kampung halaman. Namun, terkadang menuju Lebaran, kulit bisa saja mengalami masalah. Padahal, kamu harus tampil prima saat Lebaran dan sebisa mungkin nggak memiliki masalah kulit yang serius di hari raya. Nah, kalau kamu sudah terlanjur mengalami masalah kulit beberapa hari sebelum lebaran, coba ikuti cara ini!

Baca juga: Mau Tampil Glowing saat Lebaran? Ini 4 Treatment di Klinik yang Bisa Kamu Coba!

Komedo dan jerawat

Ketika Ramadan, pasti menu buka puasamu nggak jauh-jauh dari makanan yang berminyak, berlemak, pedas, dan bersantan. Efeknya juga bisa berpengaruh ke kulit, yaitu pori-pori tersumbat dan memicu produksi sebum yang bisa menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Ditambah lagi kalau seharian pakai makeup yang kemudian bercampur keringat dan minyak juga. Untuk mengatasinya kembali rutin lakukan eksfoliasi untuk mengangkat kotoran dari pori-pori. Kamu bisa pilih exfoliating toner, peeling gel, atau clay mask.

Buat jerawat yang sudah muncul matanya, bisa ditutup dengan acne patch untuk menghindari paparan bakteri lebih lanjut.

Inflamasi dan dehidrasi

Siapa yang kurang minum air selama bulan Ramadan? Berbagai sajian minuman segar yang manis memang menggoda banget, ya. Terlebih lagi belakangan ini cuaca sangat panas. Nah, konsumsi gula berlebih bisa memicu munculnya inflamasi di kulit dan glycation. Kurang minum air juga bikin kulit dehidrasi. Alhasil kulit jadi tampak kemerahan, mungkin ada juga yang muncul sensasi perih, gatal, dan kondisi nggak nyaman lainnya.

Trik jitu untuk mengatasinya bisa dengan sheet mask yang mengandung bahan-bahan menenangkan, seperti Niacinamide, Mugwort, Centella asiatica, Heartleaf, atau Aloe vera. Selain sheet mask kamu juga bisa lakukan Chizu Saeki Method dengan mengompres area di wajahmu menggunakan kapas tipis yang sudah dibasahi hydrating toner atau essence andalanmu!

Baca juga: Lebih Praktis Bersihkan Makeup saat Mudik dengan 6 Face Cleansing Wipes Ini!

Kulit kusam

Biasanya, ketika berpuasa kita jadi ingin bersantai saja dan nggak melakukan hal apapun, salah satunya pakai skincare routine yang panjang. Selama masih menjalankan Cleanse, Moisturize, and Protect, sebenarnya masih aman. Tapi, gimana kalau sampai nggak pakai skincare sama sekali? Kemungkinan kulit akan jadi terlihat kusam akibat penumpukan sel kulit mati, paparan sinar UV, dan hidrasi yang kurang. Solusinya: back to basic! Yuk, kembali ke skincare routine-mu yang semula dan jangan lupa sisipkan skincare dengan antioksidan juga.

Kulit terbakar

Sering skip sunscreen ketika puasa dan berada di rumah saja? Risiko yang paling sering muncul adalah kulit terbakar. Kalau sudah terjadi, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung dan pakai produk skincare dengan formula yang gentle. Kamu bisa pilih cream cleanser, hydrating toner yang kandungannya simple, dan jangan lupa moisturizer serta sunscreen. Banyak minum air dan hindari mandi serta mencuci muka dengan air hangat. Kamu juga bisa oleskan after sun gel yang menenangkan.

Baca juga: Rekomendasi Makeup Baru di Sephora untuk Tampil Fresh Seharian saat Lebaran!

Itu dia beberapa trik cepat yang bisa dilakukan buat mengatasi masalah kulit yang kamu alami menjelang Lebaran. Selamat mencoba dan semoga kulitmu bisa kembali seperti semula ketika Lebaran, ya!

 

Images: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment