lifestyle

Good Bye Bau Mulut! Ini Tips Jitu untuk Menjaga Kesehatan Mulut Saat Berpuasa!

seo-img-article

Meski bau mulut saat puasa kerap kali terjadi dan merupakan hal yang wajar, kamu tetap bisa mengatasinya dengan beberapa hal ini!

Masalah bau yang kurang sedap pada mulut saat berpuasa memang wajar terjadi. Hal ini dikarenakan produksi air liur yang berkurang, yang disebabkan oleh kurangnya asupan cairan. Namun, yang paling penting adalah memastikan bau mulut yang terjadi bukan karena suatu penyakit pada mulut. Makanya, penting banget melakukan beberapa hal berikut supaya kesehatan mulut terjaga selama berpuasa!

Baca juga: Ampuh untuk Menghidrasi Kulit Kering Saat Puasa, Skincare Ini Layak Dicoba!

Menyikat gigi sebelum tidur dan setelah sahur

Supaya kamu terhindar dari bau mulut, menyikat gigi adalah sebuah keharusan yang nggak boleh dilupakan. Sebelum tidur, kamu wajib menyikat gigi supaya sisa makanan setelah berbuka puasa nggak menempel di sela-sela gigi. Nggak cuma sebelum tidur saja, kamu bisa menambahkan rutinitas menyikat gigi setelah sahur. Hal ini perlu dilakukan supaya sisa makanan nggak menumpuk di sela-sela gigi saat berpuasa. Saat puasa pun produksi air liur bisa berkurang dan makin menyebabkan bau yang nggak sedap. 

Supaya menyikat gigi lebih optimal, kamu bisa memilih sikat gigi elektrik, lho. Philips baru saja meluncurkan Philips Sonicare Seri 3000 dan Seri 1000 dengan teknologi SmarTimer 2 menit dan QuadPacer 30 detik sebagai pengatur waktu. Jadi, kamu nggak bisa asal-asalan sikat gigi dengan cepat Selain itu, terdapat 31.000 getaran bulu sikat per menit yang lembut, tapi tetap kuat membersihkan gigi dan gusi. Jadi, hasil menyikat gigi juga lebih maksimal, deh!

Baca juga: Bikin Tampilan Makin Anggun, 5 Dress Ini Cocok Dipakai Saat Lebaran!

Hindari makanan berbau tajam

Supaya aroma mulut nggak makin bau, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang berbau menyengat. Makanan dengan bau yang tajam misalnya petai, jengkol, durian, dll ini bisa menyisakan bau di mulut dan bikin aroma yang nggak sedap. Nggak cuma itu saja, aromanya juga bisa bertahan lama selama kamu puasa, lho.

Gunakan obat kumur

Untuk membuat mulut terasa lebih segar dan nggak bau, kamu bisa berkumur dengan obat kumur. Lakukanlah di malam hari, supaya menghindari obat kumur tertelan saat berpuasa. Nah, salah satu tips yang bisa kamu lakukan yaitu memilih obat kumur yang nggak mengandung alkohol, supaya nggak bikin mulut kering! Opsinya juga ada banyak, mulai dari Dentiste Premium and Natural Oral Rinse, Listerine Multi Protect Zero, Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert, Total Care Siwak Salt, dan juga Colgate Plax Peppermint Fresh.

Baca juga: Jago Menenangkan Kulit, Produk dengan Kandungan Cica Wajib Masuk Skincare Routine Kamu!

Konsumsi buah dan sayur

Dibanding mengonsumsi makanan yang berbau tajam, kamu bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Yup, buah dan sayur mengandung banyak vitamin, misalnya vitamin C. Vitamin C jadi dalah satu vitamin yang baik untuk mengatasi masalah mulut, seperti sariawan, infeksi, dan lainnya. Sehingga, mulut kamu pun terasa lebih sehat!

Itulah keempat tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Mudah sekali, kan? Jangan lupa diikuti selama berpuasa, ya!

 

Image: Freepik

salmanrh

salmanrh

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment