skin care

Lakukan 5 Cara Ini untuk Jaga Kesegaran dan Cegah Kulit Kering Saat Puasa!

seo-img-article

Saat berpuasa, tubuh akan kekurangan asupan cairan dan jadi dehidrasi. Kondisi ini juga bisa membuat kulit jadi kering, lho.

How’s your day? Bulan Ramadhan sudah berlangsung dua minggu nih, pasti tubuhmu sudah beradaptasi dengan pola makan dan minum saat puasa. Namun saat puasa kulit juga cenderung jadi lebih kering, tubuh lebih lesu dan tidak terlihat segar. Nah, dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV punya beberapa tips untuk cegah kulit kering saat puasa, nih. Simak sampai habis ya!

Baca juga: Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa? Wajib Coba 6 Lip Mask Ini!

Pastikan dapat asupan cairan cukup selama berpuasa

5 cara cegah kulit kering saat puasa

Meski tidak boleh makan dan minum ketika berpuasa, bukan berarti kita bisa abai dengan kebutuhan asupan cairan untuk tubuh, terlebih air putih. Setiap orang membutuhkan 1, 5 sampai 2 Liter atau setara dengan 8 gelas air putih setiap harinya. Kalau bingung gimana caranya menyeimbangkan kebutuhan air putih ketika berpuasa, kamu bisa lakukan strategi minum air putih yang disarankan dr. Kardiana, 2 gelas saat bangun sahur dan sebelum imsak, serta 6 gelas saat berbuka hingga sebelum tidur. Utamakan air putih dan jangan terlalu banyak konsumsi minuman manis ya!

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kecantikan

Pilih pelembap sesuai kondisi kulit

pelembap buat kulit berminyak

Selain menjaga asupan cairan untuk tubuh dengan air putih, jaga juga asupan cairan untuk kulit dengan menggunakan pelembap. Tentu ketika berpuasa kulit menjadi lebih kering dari biasanya, makanya pelembap bisa sangat membantu membuat wajah terlihat lebih plump dan segar. Untuk pemilik kulit berminyak bisa pilih pelembap dengan tekstur ringan yang water based, sementara pemilik kulit kering, bisa pilih pelembap yang lebih rich dan creamy, kalau kulitmu sensitif dan memiliki masalah eksim, gunakan pelembap lotion dengan kandungan yang hypoallergenic.

cegah kulit kering ketika berpuasa dengan produk Ramadan Beauty Week Tokopedia

Nah, kamu bisa temukan pelembap atau skincare yang cocok untuk kebutuhan kulit saat puasa di kampanye Ramadan Beauty Week Tokopedia. Beberapa brand yang ikutan kampanye ini ada Joylab dan Npure, lho. Banyak penawaran dan program menarik, mulai dari diskon hingga 90%, cashback, flash sale, sampai perilisan-perilisan eksklusif. Apakah kamu sempat berbelanja juga?

Baca juga: Mau Kulit Glowing Tapi Nggak Lengket? 8 Gel Moisturizer Lokal Ini Bisa Diandalkan!

Jangan terlalu lama mandi dan perhatikan suhu air

Ternyata nggak cuma kekurangan cairan dari dalam saja yang bisa bikin kulit jadi kering. Terlalu lama mandi apalagi dengan suhu yang cukup panas juga berpotensi membuat kulit jadi kering dan mengkerut karena menghilangkan minyak alami dari kulit. Mandilah dengan durasi secukupnya dengan suhu air yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan sabun mandi yang terlalu banyak mengandung detergen dan alkohol, dan beralih pada sabun organik yang mengandung kandungan natural. Selain lebih aman dan lembut untuk kulit, sabun organik juga lebih ramah lingkungan!

Hindari scrub dan eksfoliasi berlebih

Menjalankan rutinitas perawatan kulit selama berpuasa juga punya caranya sendiri. Salah satunya dengan mengurangi pengunaan skincare yang bisa memicu kulit kering seperti turunan AHA, BHA, retinol, atau bulir-bulir scrub. Penggunaan produk-produk ini bisa membuat kulit iritasi, sementara tubuh juga sudah kekurangan cairan sebelumnya. Kalau terbiasa menggunakan retinol atau mengeksfoliasi kulit dua kali seminggu, kamu bisa kurangi jadi cuma sekali seminggu saja.

Baca juga: 4 Tips Menggunakan Retinol Bagi Pemula

Jaga pola dan konsumsi makanan

Kalau tadi sudah membicarakan cairan dan skincare, poin yang satu ini berkaitan dengan kebiasaan makan saat puasa. Konsumsi buah-buahan dengan kadar air tinggi dan kandungan yang baik untuk kulit seperti kurma, semangka, jeruk, papaya, atau nanas, juga bisa membantu menjaga kelembapan kulit, lho. Buah-buahan mengandung serat tinggi, baik untuk tubuh dan kulit, dan pastinya, bikin kenyang lebih lama!

Baca juga: 5 Skincare Lokal Baru untuk Menambah Hidrasi pada Kulit Kering Akibat Puasa

Itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk cegah kulit kering dan jaga kesegaran kulit saat puasa. Semoga membantu dan selamat menjalankan puasa!

 

Images: dok. Female Daily, freepik.com

athifahch

athifahch

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment