banner-detik

lifestyle

4 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bikin Kulit Sehat dan Cantik Selama Bulan Puasa

seo-img-article

Kalau ngomongin soal cara mendapatkan kulit sehat, seringnya kita hanya fokus pada penggunaan skincare. Selalu penasaran untuk mencoba produk keluaran terbaru atau sebisa mungkin mencari yang formulanya potent agar hasilnya cepat terlihat. Sah-sah saja kok, tapi perlu diingat juga kalau gaya hidup pun memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan kulit kita. Apa lagi ketika berpuasa, banyak aspek dari rutinitas yang berubah. Dampak dari rutinitas yang kita lakukan di pagi hari sampai akan tidur di malam hari dapat terpancar di kulit.

Menurut studi pada tahun 2009 oleh European Journal of Social Psychology, rutinitas baru biasanya akan efektif setelah dilakukan secara konsisten selama 66 hari. Nggak perlu kok langsung melakukan perubahan besar dalam rutinitas hari-harimu. Kamu bisa mulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil ini. 

Tidur telentang

Selain waktu tidur yang cukup dan nggak begadang, posisi kita ketika tidur juga nggak bisa dianggap remeh. Kamu biasanya tidur dalam posisi apa? Beberapa studi menemukan tidur dengan posisi telentang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Dengan tidur telentang, kita bisa mengurangi gesekan pada kulit sehingga mencegah sagging dan iritasi kulit. Orang-orang yang tidur dalam posisi telentang juga umumnya memiliki struktur tulang wajah yang lebih simetris.

Nggak menyentuh wajah 

Confident Businesswoman Smiling and thinking Sitting In Modern Office.

Terkadang kita sering menyentuh wajah tanpa sadar. Padahal belum tentu telapak tangan dan jari kita dalam keadaan bersih. Kebiasaan ini dapat memindahkan bakteri ke kulit dan mengakibatkan muncul masalah kulit, seperti iritasi dan jerawat. Yuk, coba lebih mindful supaya bisa mengurangi kebiasaan buruk ini.

Kurangi konsumsi gula

Buka puasa identik dengan takjil manis khas di bulan Ramadan. Boleh banget sesekali berbuka dengan kolak buatan Mama atau es buah favorit, namun jangan terlalu sering, ya. Selain nggak baik untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi gula yang berlebihan disebutkan sebagai salah satu penyebab inflamasi, termasuk inflamasi kulit. Glycation atau proses penumpukan glukosa pada fiber kulit juga merupakan penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini karena dapat menghancurkan lapisan kolagen lebih cepat. Bukan hanya makanan manis, makanan olahan dengan bahan dasar tepung, seperti mie instan dan bakso juga mengandung kadar glukosa tinggi, lho. Don’t worry, you can still have them in moderation.

Rajin minum air mineral 2 liter per hari atau sesuai dengan aktivitas

Sering mengalami kulit dehidrasi? Hal ini bisa jadi trigger untuk berbagai masalah kulit lainnya lho. Makanya penting banget untuk rutin minum air setiap hari. Untuk jumlahnya, in average, 2 liter per hari atau bisa disesuaikan dengan aktivitas yang kita lakukan, terutama buat yang sering beraktivitas outdoor.

Minum air secara rutin dalam jumlah yang sesuai dapat men-support kerja organ-orang di dalam tubuh dan tentunya menghidrasi kulit juga. Tubuh sehat, kulit juga sehat! Selain itu, sugar cravings juga lebih bisa ditekan lho. Tapi pastikan ya air mineralnya harus yang terjamin lebih bersih dan sehat, seperti Le Minerale. Mengandung mineral esensial yang baikpenting untuk tubuh dan memberikan kesegaran yang berbeda, jadi bisa bikin kita minum lebih banyak dan secara nggak langsung akan membuat kulit kita terlihat lebih sehat! Kemasannya juga dilindungi dengan tiga proteksi berlapis, sehingga kualitas mineral di dalamnya tetap terjaga sampai ke tangan kita.

Nah, buat yang cenderung gampang bosan dengan rasa air minum yang tawar, kamu bisa pilih Le Minerale yang ada sedikit rasa manis alami dari kandungan mineral Bikarbonat (HCO3-). Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang dikemas langsung di sumbernya dan kaya akan mineral esensial yang baik untuk tubuh. Dengan teknologi mineral protection system, kandungan mineral esensial pada Le Minerale terjaga hingga ke tangan konsumen. Airnya juga jernih dan nggak berbau, jadi bikin kamu juga lebih semangat untuk rajin minum air. 

Ketika berpuasa, kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan air mineral harianmu di jam sahur dan berbuka.

4 kebiasaan kecil ini nggak sulit dilakukan, kan? Biar lebih on track, kamu juga bisa tulis di notes atau jurnal setiap berhasil melakukannya. Celebrating small wins keeps you motivated in the long run!

Selamat mencoba, semoga puasamu lancar sampai Hari Idul Fitri nanti!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment