fitnfab

Banyak Makan Saat Berbuka? Ini Tips Mengendalikan Kolesterol Saat Berpuasa!

seo-img-article

Kolesterol naik saat sedang berpuasa ternyata jadi hal yang banyak dialami orang-orang. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasnya dari dokter gizi.

Sudah masuk hari keempat puasa, gimana masih aman ya? Masih semangat dong menjalaninya? Puasa indentik banget dengan menu berbuka puasa yang serba manis dan juga gorengan. Nah, ternyata kebiasaan ini malah bisa memicu naiknya kolesterol di tubuh kita lho. Hal ini juga diakui oleh dr. Sheena R. Angelia, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinis di RS Siloam Kebon Jeruk. Menurut dr. Sheena, saat berpuasa memang kita sangat lengah dengan asupan nutrisi yang berkualitas untuk tubuh. Seringnya kita khilaf dengan berbagai pilihan makanan buka puasa yang enak. Menurut dirinya, saat berpuasa banyak orang yang mengurangi aktifitas fisik, karena takut batal puasa, dan ini menyebabkan risiko yang namanya “sedentary lifestyle”, yang mana gaya hidup minim aktifitas.

Bila hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama, kita bisa mengalami kadar kolesterol yang tinggi, karena kurang bergerak, tapi banyak mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol, seperti daging berlemak, jeroan, junk food, atau makanan tinggi lemak jenuh lainnya, contohnya seperti gorengan.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan 2018, sebesar 6,3% penduduk Indonesia berusia 15-34 tahun sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Angka ini semakain tinggi didukung juga karena kondisi COVID-19 yang membuat orang-orang jarang keluar rumah dan minim aktifitas gerak.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar kolesterol nggak tinggi saat berpuasa?

Pola makan

Ketika ingin berbuka atau sahur, pastikan kalian memilih makanan dengan gizi yang seimbang, sepertikarbohidrat kompleks, protein, lemak baik, dan tinggi serat. Kurangi juga makanan dengan lemak jenuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.

Bergerak

Memang saat berpuasa kita lebih memilih untuk nggak banyak gerak, untuk menyimpan energi seharian. Kalau beraktifitas seperti jalan di siang atau sore hari terasa berat, coba lakukan olahraga atau jalan selama 30 menit setelah tarawih di malam hari.

Vitamin

Nggak ada salahnya juga kalian menambahkan asupan vitamin plant stanol ester. Vitamin ini dapat membantu untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi plant stanol ester sebanyak 2-3 gram setiap hari.

Jadi, mulai sekarang lebih mudah bukan untuk mengontrol kolesterol di dalam tubuh selama sedang berpuasa?

 

Image: Freepik.

ochell

ochell

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment