fitnfab

Olahraga Apa Saja Sih yang Bisa Dilakukan Saat Puasa?

seo-img-article

Nggak bisa hidup tanpa olahraga, meski lagi puasa? Kamu tetap bisa melakukan olahraga saat puasa dengan beberapa pilihan olahraga yang ringan!

Olahraga memang bikin tubuh lebih fit. Tapi, saat bulan Ramadan yang perlu diperhatikan adalah jenis olahraga yang akan dilakukan. Jangan sampai memilih olahraga yang terlalu berat dan bikin energi terkuras. Akibatnya, tubuh jadi terasa lemas dan bikin kamu kelelahan. Persiapan untuk berolahraga saat puasa juga wajib kamu lakukan, mulai dari mengonsumsi karbohidrat yang cukup, memenuhi kebutuhan cairan, dan memilih waktu olahraga yang tepat. So, ini dia beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan saat puasa!

Pilihan olahraga saat puasa

Bersepeda

Salah satu olahraga yang bisa dipilih saat berpuasa yaitu bersepeda! Kamu bisa bersepeda di pagi hari setelah selesai salat subuh, atau menjelang buka puasa. Jadi, sekaligus bisa mengisi waktu untuk ngabuburit. Durasinya juga nggak perlu terlalu lama, lakukanlah selama 30 menit supaya nggak kelelahan. Bersepeda pastinya juga bagus buat kesehatan jantung kamu, sekaligus meningkatkan kekuatan otot dan sendi!

Baca juga: Bingung Memilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

Jogging

Kamu menyukai jenis olahraga kardio yang bisa membakar kalori dengan cepat? Jogging bisa jadi pilihannya, namun dengan catatan harus dilakukan secara ringan. Maksudnya adalah, kamu perlu mengurangi intensitasnya supaya nggak gampang letih. Untuk berolahraga jogging, nggak perlu ribet mencari lokasi khusus kok. Kamu bisa melakukannya di halaman rumah, atau di jalanan sekitar rumah dengan durasi yang tepat, misalnya 20-30 menit saja.

Baca juga: 5 Produk Skincare Baru untuk Menambah Hidrasi Pada Kulit Kering Saat Puasa

Berjalan kaki

Kalau nggak mau jogging, alternatif lainnya adalah berjalan kaki. Meski terlihat sederhana, berjalan kaki juga bisa menjadi olahraga yang baik untuk tubuh. Plusnya, berjalan kaki juga dinilai lebih sedikit membutuhkan energi dibanding olahraga lainnya. Meskipun begitu, berjalan kaki tetap bisa menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, serta membantu membakar kalori di tubuhmu!

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa

Sebaiknya, melakukan olahraga jangan saat perut kamu benar-benar kosong. Hal ini bisa menyebabkan hal buruk terjadi pada tubuh, seperti pusing, kelelahan, lemas, hingga dehidrasi. Jadi, kamu bisa memilih beberapa waktu tertentu misalnya menjelang buka puasa. Kamu bisa berolahraga 30 menit sebelum buka puasa, sehingga dapat langsung mengonsumsi makanan dan minuman setelah selesai olahraga. Jadi, energi yang terbuang bisa langsung terisi kembali.

Baca juga: Cari Lip Cream Murah dan Bagus untuk Bukber? Tengok 6 Produk Ini!

Bukan cuma di waktu tersebut saja, kamu juga bisa berolahraga setelah sahur. Itu semua karena kebutuhan energi kamu masih terisi dengan full dari makanan sahur. Tapi, perhatikan intensitas olahraganya ya, lakukan olahraga yang ringan-ringan saja! Pemilihan waktu untuk olahraga lainnya juga bisa dilakukan setelah buka puasa. Tapi jangan langsung melakukannya persis setelah buka puasa ya. Tunggu sekitar 2 jam sampai makanan dicerna, barulah kamu bisa memulai olahraga!

Gimana, sudah lebih tahu kan tentang jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa, beserta waktu terbaik untuk melakukannya? Jadi, jangan sampai memaksakan diri kamu. Share juga dong, olahraga favorit kamu yang bisa dilakukan saat puasa. Comment di bawah ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment