beauty school

Kulit Sensitif Boleh Pakai Makeup?

seo-img-article

Nggak bisa dipungkiri sih, ketika memiliki kulit sensitif kita perlu hati-hati banget dalam memilih produk makeup atau skincare yang akan dipakai.

Salah kandungan sedikit saja, bisa bikin kulit langsung kemerahan, berjerawat dan sederet permasalahan kulit lainnya. Lalu apakah artinya pemilik kulit sensitif jadi nggak boleh pakai makeup? Jawabannya, tentu saja boleh dong, asal memilih produk yang memang nggak mengandung bahan iritan di kulit, ringan dan punya kandungan skincare-nya.

Selain dari pemilihan produk, tentu saja kamu juga harus memperhatikan cara membersihkan kulit kamu. Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan, agar kulit sensitif kamu tetap aman saat menggunakan produk makeup.

pelembap buat kulit berminyak

Skin preparation

Kulit yang sensitif butuh sekali yang namanya kelembapan di dalam kulit. Jadi pastikan pada rutinitas skincare kamu sehari-hari, gunakan hydrating toner, serum dan juga pelembap yang mengandung Hyaluronic Acid. Rangkaian skincare ini akan menjaga kelembapan dan memperkuat skin barrier, yang sangat dibutuhkan oleh kulit sensitif yang mudah kering. Pilih moisturizer yang teksturnya sedikit kental atau creamy, supaya maksimal proteksinya di kulit. Contoh produk yang bisa kamu coba adalah Dr.Jart+ Cicapair. Selain dapat melembapkan kulit dan menenangkan kulit iritasi dengan kandungan Centella RX (gabungan Centella Asiatica, houttuyniae extract, yarrow oil, dan ilex coarnuta), pelembap ini juga memiliki hint warna hijau, yang dapat membantu meratakan warna kulit yang kemerahan

Produk makeup yang ideal

Layaknya produk skincare, saat memilih produk makeup yang ingin kalian gunakan juga harus ada kandungan skincare yang melembapkan dan juga memperkuat skin barrier. Kali ini saya mau merekomendasikan satu rangkaian makeup terbaru dari Y.O.U, yang dirancang khusus untuk teman-teman yang memiliki kulit sensitif. Rangkain ini special banget, karena kandungannya sangat luxury dan jarang dipakai untuk kategori makeup.

Rangkaian produknya adalah Y.O.U NutriWear+ Series. Dalam rangkaian makeup ini, Y.O.U menggunakan dua kandungan utama yang bisa membantu memperbaiki dan mencegah terjadinya kulit iritasi saat menggunakan makeup. Ada kandungan Centella Asiatica yang berfungsi untuk melembapkan kulit, meredakan iritasi, dan kemerahan pada kulit. Centella Asiatica sendiri memang kaya akan Amino Acid, Beta Carotene, dan Fatty Acids, sehingga baik untuk menstimulasi pertumbuhan sel-sel baru pada kulit.

Kemudian di dalamnya juga terdapat essence dari bunga Immortelle, yang berfungsi untuk menjaga elasitas kulit, kaya akan anti-oksidan, sehingga efektif untuk melawan radikal bebas. Karena ekstrasi ini dilakukan secara etikal, maka kandungan bunga Immortelle pada rangakaian ini berkualitas tinggi, sehingga lebih efektif untuk menjaga keelastisan kulit.

Nggak hanya dua kandungan itu saja, rangkaian Y.O.U NutriWear+ Series juga nggak mengandung alkohol, paraben dan mineral oil, yang biasanya jadi musuh kulit senstif. Kemudian rangkaian makeup ini juga dilengkapi dengan teknologi FILMEXEL® & Soft Lightdiffusing Powder, sehingga rangkaian base makeup ini awet digunakan seharian, tanpa perlu di touch up.

Rangkaian makeup yang dibawakan juga lengkap kok, ada bedak padat, bedak tabur, cushion, foundation, concealer dan juga setting spray. Dari semuanya ini, yang jadi favorit saja adalah NoutriWear+ Flawless Cushion Foundation, NoutriWear+ Airy Fit Loose Powder dan NoutriWear+ Complete Cover Concealer.

Cleansing

Supaya nggak terjadinya pori-pori tersumbat, kulit yang kemerahan dan gatal, di malam hari kalian harus banget membersihkan wajah dengan menyeluruh. Apalagi kalau kalian menggunakan rangkaian Y.O.U NutriWear+ Series, yang tahan lama. Pada malam hari kalian wajib membersihkan wajah dua kali, pertama dengan cleansing oil atau balm, dan dilanjutkan dengan facial wash. Sama aturannya dengan rangkaian skincare dan juga makeup, kamu harus mencari produk skincare yang mild di kulit. Untuk facial wash, cari yang mild dan nggak bikin kulit kering setelahnya. Pilih deh facial wash yang nggak menghasilkan banyak busa, soap-free, atau SLS/SLES-free. Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser. Sabun muka ini mengandung 95% serum infused, yaitu 2% Niacinamide, Hyaluronic Acid, Marula Oil, Kale Extract, Cactus Extract, Rose Extract dan Pentavitin. Jadi selain membersihkan kulit, juga sekaligus merawat kulit.

Cukup perhatikan tiga tahap ini saja, dijamin kulit kalian yang sensitif tetap akan aman menggunakan makeup. Selamat mencoba ya!

 

Image: Doc Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment