banner-detik

beautiful people

Fakta Menarik Haechan NCT yang Puncaki iTunes Dunia dengan Lagu ‘Good Person’!

seo-img-article

Haechan NCT kembali jadi trending topic berkat proyek solo terbarunya untuk lagu ‘Good Person’. Semenarik apakah Haechan ini? Yuk, simak faktanya!

Haechan NCT baru-baru ini merilis proyek solonya, berjudul ‘Good Person’. Lagu ini merupakan karya milik Toy yang kemudian dibawakan ulang oleh beberapa artis termasuk Super Junior dan IU. Kini, Haechan membawakan ulang dengan versi akustik yang lebih lambat temponya, dan diisi untuk soundtrack web drama PLY FRIENDS : Seo Yoon University Class of 22.

Punya julukan ‘Fullsun’

Kalau teman kamu sering menggunakan atau mengungkapkan kata ‘fullsun’ di setiap kesempatan, bisa dipastikan teman kamu adalah salah satu penggemar Haechan. Memiliki nama asli Lee Dong Hyuck, nama Haechan sendiri diberikan oleh petinggi SM Entertainment Lee Soo Man, sebagai nama panggung.

Jika diartikan ke dalam Bahasa Inggris, Hae berarti matahari dan Chan memiliki arti ‘penuh’. Sehingga jika digabungkan menjadi ‘fullsun’. Nama panggung ini juga nggak lepas dari image Haechan sendiri yang memiliki kepribadian ceria, penuh warna dan menyinari seperti matahari. Ia pun kerap didapuk sebagai mood maker untuk grupnya sendiri, NCT.

Main vocalist yang jenius

Pria kelahiran Jeju berzodiak Gemini ini mengambil posisi main vokalis untuk grup NCT. Siapa sangka, cowok yang sangat jahil ke member lain ini ternyata memiliki otak jenius dan memiliki daya serap tinggi. Di berbagai kesempatan acara, ia selalu menjadi salah satu sumber penting untuk memecahkan masalah. Salah satunya dalam acara survival variety show Analog Trip NCT 127. Di antara 9 orang yang berusaha menemukan kunci, Haechan dengan otak jeniusnya bisa menemukannya di bawah pot tanaman.

Nggak cuma jenius, ia dikabarkan juga memiliki kemampuan berhitung yang cepat. Ia bahkan bisa menghitung pertambahan ganda tanpa berpikir. Ia juga memiliki kemampuan daya ingat yang tinggi. Terbukti dengan fasihnya ia meniru berbagai tarian sunbaenim-nya, dan juga caranya menari hanya dengan melihat satu kali preview. Ia juga pandai bermain berbagai macam permainan, dan selalu menang.

 

Pernah melokal dengan lagu Andmesh dan nama Haikal

Bagi NCTzen lama pasti sudah nggak asing dengan fenomena lokalnya Haechan. Ia nggak cuma sekali menyanyikan lagu Andmesh, tapi berkali-kali! Ternyata di salah satu siaran langsungnya di V LIVE, ia dan Mark membawakan lagu Andmesh berjudul ‘Cinta Luar Biasa’, yang dibawakan secara akustik layaknya anak kosan lagi istirahat nugas. Kemudian Haechan membawakan ulang dalam format yang lebih serius bersama Doyoung. Cover-an tersebut mereka unggah di Youtube NCT Music pada tahun 2020, yang saat ini sudah ditonton 23 juta kali.

 

 

Nggak cuma itu yang jadi titik balik nama Haechan dan Doyoung NCT menggema di penjuru media sosial Indonesia. Acara Shopee juga sempat mengundang NCT 127 yang membuat nama mereka jadi semakin terkenal di Indonesia. Haechan bahkan memiliki nama lokal “Haikal”. Bahkan nama ini juga sudah jadi nama karakter cerita Alternate Universe yang dibuat oleh author NCTzen.

‘Good Person’ jadi proyek solo pertama yang duduki chart Dunia

Proyek solo pertama Haechan sejak debut tahun 2016, kini akhirnya bisa menduduki chart Dunia. Lagu berdurasi 4.40 menit tersebut sukses memulai debutnya di posisi ke-13 di chart album iTunes seluruh dunia. Lagu ini bahkan mencapai peringkat satu di 8 negara yang meliputi, Brunei, Indonesia, Malaysia, Mongolia, Filipina, Arab, Thailand dan Vietnam.

Nggak cuma sampai situ aja prestasi yang ia raih dalam proyek solonya. Lagu Good Person juga berada di peringkat 10 teratas chart lagu iTunes di berbagai negara termasuk, Singapore, Peru, Turki, Taiwan dan Hongkong pada 6 Maret.

Good Person sendiri menceritakan seseorang yang terjebak friendzone, dan hanya bisa memandangi sahabatnya dari belakang, tanpa bisa menjaga di sisinya. Nggak sedikit pula penggemar Haechan yang mendedikasikan lagu ini untuk idolanya, karena ada lirik yang bila diartikan ke Bahasa Indonesia berbunyi, “Aku tidak apa-apa meskipun sendirian, selama aku bisa melihatmu, selalu melihatmu dari belakang, kurasa hanya itu yang bisa kulakukan.”

Kamu bisa dengarkan lagu selengkapnya di bawah ini :

 

 

Image : daisyou, dok. SM Entertainment, Nature Republic, basoaci

Slow Down

Please wait a moment to post another comment