banner-detik

lifestyle

Women Can Do Anything! Ini Beragam Profesi Perempuan di Drakor yang Keren

seo-img-article

Profesi seseorang nggak dibatasi oleh gender. Para tokoh perempuan di drakor ini jadi representasi kalau kita bisa melakukan banyak hal!

Tokoh perempuan di drakor awal mulanya sering diliputi dengan stereotip eye candy di layar kaca, ‘bucin sama oppa‘, hanya peduli soal penampilan, dan sebatas fokus dengan kehidupan percintaannya. Sebenarnya nggak beda jauh ya dengan realita yang dialami para perempuan di kehidupan nyata. Seringkali perempuan dianggap ‘kosong’, lebih rendah dari laki-laki, bahkan bisa sampai diragukan dalam pekerjaannya. Namun kini sudah mulai banyak representasi perempuan dengan karakter kuat dan menjalani profesi yang beragam lho di drakor. Pelan-pelan, nggak lagi hanya sekadar tontonan hiburan, drakor mulai mendobrak bias usang yang menempel pada perempuan.

Shim Eun Seok, Hakim Anak- Juvenile Justice

Salah satu drama crime terbaru yang tayang di Netflix, ‘Juvenile Justice’, memperkenalkan suatu profesi yang belum umum di-highlight.  Kalau perempuan di ranah hukum sering diliputi stigma ‘lembek’ dan terlalu pakai perasaan, Shim Eun Seok (diperankan oleh Kim Hye Soo) justru dikenal sebagai seorang Hakim Anak yang sangat tegas bahkan cenderung antagonis. Hakim Anak Shim melihat suatu kasus dengan detil dan dari berbagai perspektif. Di episode 1, ia bahkan berhasil menguak pelaku sesungguhnya dari sebuah kasus pembunuhan yang sangat tricky. 

Jin Ha Kyung, Pegawai Badan Meteorologi Korea – Forecasting Love & Weather

Di drakor ‘Forecasting Love & Weather’ kita bisa melihat betapa pentingnya peran para pegawai Badan Meteorologi dalam keseharian warga dari suatu negara empat musim. Jin Ha Kyung (Park Min Young) sebagai Kepala Tim Divisi Dua di Kantor Meteorologi Pusat. Tim ini didominasi para pegawai laki-laki dan nggak jarang Jin Ha Kyung terlibat dalam debat dengan rekan kerjanya. Namun ketegasannya membuktikan bahwa perempuan juga bisa jadi pemimpin dalam male-dominated field sekali pun!

Kang Kwon Joo, Petugas Panggilan Darurat 112 – Voice

Masih di ranah kepolisian, Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) merupakan lulusan terbaik dari sebuah akademi kepolisian. Di samping itu, ia juga memiliki kemampuan spesial yang dapat membantunya dalam bertugas, yaitu pendengaran tajam. Sayangnya, ia dipasangkan dengan tim detektif yang misoginis dan kerap meragukan pekerjaannya. Dengan kepribadian yang tenang namun teguh, Kang Kwon Joo pantang menyerah untuk mengungkapkan kebenaran.

Dong Baek, Pemilik Kafe – When Camellia Blooms’

Banyak stigma yang menempel pada seorang single mom. Nggak terkecuali Dong Baek. Selain status pernikahannya, profesi Dong Baek sebagai pemilik kafe juga menjadikannya bahan gosip para tetangga. Memang ia sering digoda dan diremehkan oleh para pengunjung, namun Dong Baek tetap fokus dan gigih dalam pekerjaannya untuk membiayai pendidikan sang buah hati.

Chae Song Hwa, Dokter Ahli Bedah Saraf – Hospital Playlist 2

Memiliki kepribadian yang optimis dan menyenangkan, Chae Song Hwa merupakan dokter ahli bedah yang hebat sekaligus ramah. Ia selalu bisa merawat pasiennya dengan baik dan memberikan solusi-solusi yang tepat sasaran.

Baik itu bekerja kantoran, punya usaha sendiri, maupun merawat anak dan urusan rumah tangga, perempuan yang berdedikasi dalam apapun yang ia lakukan patut diapresiasi dan nggak dipandang sebelah mata!

Selamat Hari Perempuan Internasional! Terus semangat mencapai mimpimu!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment