lifestyle

5 Cara Cegah Food Waste dan Food Loss ala IKEA!

seo-img-article

Fenomena food waste dan food loss jadi makin berdampak nih bagi dunia. Gawat kan kalau buminya sakit karena ulah kita sendiri? Yuk simak cara cegah food waste dan food loss ala IKEA!

Melansir dari rilis yang diterima FDN, menurut Food and Agriculture Organization (FAO), food waste mengacu pada penurunan kualitas atau kuantitas pada tingkat ritel, jasa penyedia makanan dan konsumen. Selain itu juga food loss merupakan makanan yang terbuang akibat penurunan kuantitas maupun kualitas. Sayang banget kan, kalau tiap tahunnya semakin banyak pemborosan seperti ini?

Nah, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari, IKEA Indonesia mengajak kamu semua untuk mulai lebih bijaksana dalam megonsumsi makanan dan memilah sampah makanan. Untuk meminimalisir food waste atau food loss dari rumah, kamu bisa melakukan cara sederhana di bawah ini dengan produk dari IKEA lho!

Merencanakan menu makanan dengan bijak

Langkah termudah untuk dilakukan adalah, merencanakan menu makanan yang sesuai dengan orang di rumah dan takaran pribadi. Kalau di rumah hanya sendiri, ukur seberapa banyak makanan yang akan kamu konsumsi di hari itu, begitu juga dengan rumah yang memiliki banyak orang. Biasanya keluarga muda yang memiliki tingkat kedisiplinan tinggi akan membuat meal plan selama seminggu ke depan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat makanan sesuai takaran yang biasa kamu makan, dan nggak membuang bahan yang nggak dihabiskan.

Mengorganisir penyimpanan makanan

Supaya kualitas bahan makanan kamu tetap terjaga dengan baik. Penting banget untuk menempatkan bahan makanan kamu sesuai letaknya. Kamu bisa mempelajari berbagai macam penyimpanan bahan makanan di internet. Untuk produk buah dan sayur segar, kamu bisa menyimpannya di kulkas dengan kantung ISTAD.

Sementara untuk daging mentah dan makanan berat lainnya yang sudah dimakan bisa masukkan pada wadah tertutup dan pisahkan dari makanan lainnya. Gunakan wadah bening seperti seri IKEA 365+ supaya makanan yang ada di dalamnya terlihat. Dengan wadah dari IKEA, yang terbuat dari kaca. Kamu bisa langsung memanaskannya di microwave atau oven tanpa perlu mengeluarkan isinya ke piring.

Jadikan sisa makanan sebagai kompos

Apakah kamu tahu kalau sisa makanan bisa jadi kompos? Tentu, kamu bisa memulainya dari sisa sayuran, buah, ampas kopi ataupun teh. Bahkan kamu juga bisa menanam kembali sayuran dari sisa-sisa yang akan dibuang lho. HALLBAR, tempat sampah dengan tutup dari IKEA bisa membantu kamu untuk memilah sampah makanan dengan bijak.

Selain HALLBAR, kamu dapat menggunakan FRAKTA sebagai tempat menanam tanaman atau menyimpan sampah organik untuk dijadikan sebagai pupuk kompos. Berbagai langkah kecil menjaga bumi ini nggak sulit dilakukan bukan?

Manfaatkan kembali makanan

Food waste dan food loss sering terjadi karena kecenderungan manusia untuk membuang apa yang sudah dirasa nggak habis. Padahal beberapa makanan masih bisa dikonsumsi jika masih banyak, untuk keesokan harinya atau dimasak dalam bentuk lain. Contohnya adalah menggunakan batang sayur maupun kulit sayuran untuk kaldu sayur. Dengan cara menyaring kaldu sayur dan menyimpannya dalam kulkas sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan masak di kemudian hari.

Bagikan makanan berlebih

Hal lain yang bisa kamu lakukan selagi memberi kebaikan kepada orang lain adalah memberi makanan berlebih ke sesama. Selain mengurangi food waste dan food loss, kamu juga bisa mengeratkan silaturahmi dengan sesama manusia. Dengan begini, lingkungan pun turut senang karena nggak ada makanan yang terbuang dan bisa berdampak parah pada lingkungan.

Itulah beberapa cara mudah mencegah food waste dan food loss yang bisa kamu lakukan di rumah. Apakah kamu sudah ada yang sering mempraktikannya?

 

Image : dok. IKEA

Slow Down

Please wait a moment to post another comment