banner-detik

lifestyle

Tak Mau Perut Buncit? Kurangi 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini!

seo-img-article

Perut buncit memang masalah menyebalkan buat semua orang, nggak hanya perempuan tapi juga laki-laki. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bikin perut lebih gampang buncit, lho.

 

 

Sudah rajin olahraga tapi area perut belum ramping juga? Selain mengandalkan exercise, kamu memang perlu mengontrol pola makan juga. Beberapa jenis makanan dan minuman sangat mudah bikin perut buncit dan bloated lho, apalagi kalau kamu mengonsumsinya berlebihan. Yuk, pelan-pelan batasi asupannya, biar perut buncit jadi berkurang dan kamu lebih sehat di tahun ini!

Baca juga: Lagi Hobi Exercise? Ini Tips Merawat Kulit setelah Olahraga yang Patut Dilakukan!

 

Makanan tinggi karbohidrat

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh manusia karena merupakan pemberi energi untuk sehari-hari. Namun, sebaiknya kamu kurangi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie, pasta, dan roti putih, karena bisa menyebabkan melonjaknya jumlah gula dan insulin, apalagi kalau kamu terlalu sering mengonsumsinya. Kamu bisa menggantinya dengan nasi merah, ubi, singkong, jagung, kentang, gandum utuh, dan roti gandum, dengan porsi yang tidak berlebihan. Awalnya pasti sulit, karena budaya orang Indonesia dan Asia kan memang gemar makan nasi serta mie, tapi nggak ada salahnya untuk pelan-pelan mencobanya dan belajar konsisten.

 

Cemilan tinggi garam

makanan penyebab perut buncit

Potato chips, popcorn, mie instan, gorengan… Ah siapa sih yang nggak suka? Memang enak banget ya guys, apalagi kalau mengonsumsinya sambil nonton serial TV favorit. Tapi, sayangnya makanan gurih dan asin ini cenderung “nagih” dan bikin kita sulit berhenti. Akibatnya? Kita jadi makan banyak banget! Padahal, makanan tinggi garam ini bisa bikin perut buncit dan bloated! Itu karena garam mampu menahan air di dalam tubuh kita, sementara kondisi water retention dalam tubuh ini lebih sulit diatasi dibandingkan kelebihan gas. Coba deh mulai beralih ke cemilan yang lebih sehat seperti kentang dipanggang dengan herbs, edamame rebus, atau buah potong.

Baca juga: Mengenal Megawati Hangestri, Atlet Voli RI yang Jadi Idola di Klub Korea Selatan!

 

Makanan tinggi lemak

Ada tiga jenis lemak yang bisa jadi penyebab perut buncit: lemak trans, lemak jenuh, dan lemak omega-6. Lemak trans sering ditemukan dalam makanan yang dibakar dan digoreng. Lemak trans ini bisa memicu penyakit jantung, lho! Jadi, kalau kamu sering mengonsumsi daging berlemak, mentega, margarin, minyak goreng, dan susu full cream, kamu bisa mulai menguranginya. Ada sumber lemak baik yang bisa kamu jadikan favorit yaitu minyak zaitun dan alpukat.

 

Minuman beralkohol

minuman penyebab perut buncit

Nggak hanya mengganggu fungsi hati, alkohol punya banyak efek buruk lainnya. Tahu kan, ada istilah “beer belly”? Yup! Itu karena beer dan minuman beralkohol lainnya akan berubah menjadi gula saat berada di dalam tubuh, jadi gampang banget bikin perut buncit. Bahkan, kamu bisa punya size perut yang besar seperti orang hamil kalau menjadikan minuman beralkohol ini sebagai sahabat kamu.

 

Makanan dan minuman tinggi gula

Apa saja sih makanan dan minuman tinggi gula? Cake, donat, boba drink, milk tea, kopi susu, martabak, kue-kue kering, muffin, brownies, minuman bersoda, wah ada banyak sekali! Memang sih lezat, tapi sebaiknya dikonsumsi sesekali saja, jangan terlalu sering, apalagi setiap hari.

Baca juga: 5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidurmu Jadi Lebih Baik!

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus kita batasi untuk menghindari perut buncit, selain melakukan olahraga dan mengontrol level stres. Ingat, perut buncit dan kelebihan berat badan secara umum bisa menghambat kesehatan kita, karena memicu berbagai penyakit seperti risiko tekanan darah tinggi, stroke, diabetes tipe 2, serangan jantung, dan penyakit jantung.

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment