lifestyle

5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Penyebab Perut Buncit!

seo-img-article

Perut buncit memang masalah menyebalkan buat semua orang, nggak hanya  perempuan tapi juga laki-laki. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang gampang bikin perut buncit, lho.

Sudah rajin olahraga tapi bagian perut belum ramping juga? Kamu memang harus mengontrol pola makan juga, bukan hanya mengandalkan exercise. Beberapa jenis makanan dan minuman sangat mudah bikin perut buncit dan bloated lho, apalagi kalau kamu mengonsumsinya berlebihan. Yuk, pelan-pelan batasi asupannya, biar perut buncit jadi berkurang dan kamu lebih sehat di tahun ini!

Makanan tinggi karbohidrat

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh manusia karena merupakan pemberi energi untuk sehari-hari. Namun, sebaiknya kamu kurangi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie, pasta, dan roti putih, karena bisa menyebabkan melonjaknya jumlah gula dan insulin, apalagi kalau kamu terlalu sering mengonsumsinya. Kamu bisa menggantinya dengan nasi merah, ubi, singkong, jagung, kentang, gandum utuh, dan roti gandum, dengan porsi yang tidak berlebihan. Awalnya pasti sulit, karena budaya orang Indonesia dan Asia kan memang gemar makan nasi serta mie, tapi nggak ada salahnya untuk pelan-pelan mencobanya dan belajar konsisten.

Baca juga: Wajib Perhatikan 4 Hal Ini Kalau Olahraga di Rumah!

Cemilan tinggi garam

Potato chips, popcorn, mie instan, gorengan.. ah siapa sih yang nggak suka? Memang enak banget ya guys, apalagi kalau mengonsumsinya sambil nonton serial TV favorit. Tapi, sayangnya makanan gurih dan asin ini cenderung “nagih” dan bikin kita sulit berhenti. Akibatnya? Kita jadi makan banyak banget! Padahal, makanan tinggi garam ini bisa bikin perut buncit dan bloated! Itu karena garam mampu menahan air di dalam tubuh kita, sementara kondisi water retention dalam tubuh ini lebih sulit diatasi dibandingkan kelebihan gas. Coba deh mulai beralih ke cemilan yang lebih sehat seperti kentang dipanggang dengan herbs, edamame rebus, atau buah potong.

Baca juga: Susah Langsing? Coba deh Advanced Treatment di Klinik Kecantikan!

Makanan tinggi lemak

Ada tiga jenis lemak yang bisa jadi penyebab perut buncit: lemak trans, lemak jenuh, dan lemak omega-6. Lemak trans sering ditemukan dalam makanan yang dibakar dan digoreng. Lemak trans ini bisa memicu penyakit jantung, lho! Jadi, kalau kamu sering mengonsumsi daging berlemak, mentega, margarin, minyak goreng, dan susu full cream, kamu bisa mulai menguranginya. Ada sumber lemak baik yang bisa kamu jadikan favorit yaitu minyak zaitun dan alpukat.

Baca juga: 3 Penyebab Perut Buncit yang Jarang Diketahui!

Minuman beralkohol

Nggak hanya mengganggu fungsi hati, alkohol punya banyak efek buruk lainnya. Tahu kan, ada istilah “beer belly”? Yup! Itu karena beer dan minuman beralkohol lainnya akan berubah menjadi gula saat berada di dalam tubuh, jadi gampang banget bikin perut buncit. Bahkan, kamu bisa punya size perut yang besar seperti orang hamil kalau menjadikan minuman beralkohol ini sebagai sahabat kamu.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Perut Buncit dan Pipi Bloated

Makanan dan minuman tinggi gula

Apa saja sih makanan dan minuman tinggi gula? Cake, donat, boba drink, milk tea, kopi susu, martabak, kue-kue kering, muffin, brownies, minuman bersoda, wah ada banyak sekali! Memang sih lezat, tapi sebaiknya dikonsumsi sesekali saja, jangan terlalu sering, apalagi setiap hari.

Baca juga:

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus kita batasi untuk menghindari perut buncit, selain melakukan olahraga dan mengontrol level stres. Ingat, perut buncit dan kelebihan berat badan secara umum bisa menghambat kesehatan kita, karena memicu berbagai penyakit seperti risiko tekanan darah tinggi, stroke, diabetes tipe 2, serangan jantung, dan penyakit jantung.

 

Image: Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment