ic-fd

Review Parfum Lokal Terbaru, HMNS Ambar Janma!

fragrance
author

ochell・17 Jan 2022

detail-thumb

Kalau kemarin HMNS sudah membuat parfum dengan wangi matahari, kali ini mereka rilis parfum dengan konsep manusia harum. Parfumnya unik, karena ada dua wangi yang perlu dicampur. 

Bisa dibilang HMNS adalah salah satu brand lokal yang paling vocal dan selalu mengeluarkan produk unik. Di tahun ini, HMNS memperkenalkan parfum terbarunya, yaitu HMNS Ambar Janma, yang artinya adalah manusia harum. Nggak hanya parfumnya yang spesial, karena kamu harus mix dua parfum untuk menciptakan aroma baru, tapi rilisnya Ambar Janma ini juga besar-besaran lho. HMNS akan hadir di Paris Fashion Week, dan akan mengharumkan Paris dengan Ambar Janma.

Botol parfum ini memiliki dua sisi, satu sisi warna hitam dengan karakter wangi woody dan warna putih dengan karakter wangi floral, spicy dan exotic. Karena keduanya memiliki karakter berbeda, bisa dibilang HMNS Ambar Janma ini adalah parfum unisex. Kalau kamu cowok dan lebih pingin wangi maskulin, maka gunakan sisi Ambar (hitam), lebih banyak ketimbang Janma (Putih), dan begitu sebaliknya. Sudah kebayang belum wanginya seperti apa? Kalau belum, yuk kita bedah wangi setiap sisi dan gimana sih wanginya ketika di mix bersamaan.

Ambar

Dalam misi membesarkan nama Indonesia di industri parfum Paris, HMNS memilih berbagai bahan dasar yang ada di Indonesia. Salah satu yang digunakan adalah Gayo Patchouli. Tahu nggak, kalau ternyata Indonesia salah satu negara yang paling diandalkan untuk mengkespor bahan ini? Patchouli memang jadi satu wangi yang selalu dipakai hampir di semua parfum yang ada di dunia. Nah, selain ada Gayo Patchouli, pada Ambar juga ada Amberwood, Suede, dan Sandalwood. Kombinasi ini menghasilkan wangi yang cukup fresh dan maskulin, namun tetap ada sedikit sentuhan musky dan powdery. Buat kalian yang suka parfum cukup strong, seperti parfum cowok pada umumnya, pasti suka banget deh dengan wangi Ambar ini.

Janma

Kebalikan dari Ambar, Janma memiliki wangi yang lebih soft dan powdery. Komposisi wanginya terdiri dari Bulgarian Rose, Neroli, Pink Papper, Lily of the Valley dan Black Tea. Saat pertamakali di-spray, wangi yang tercium lebih condong ke wangi powdery yang sedikit fresh. Namun ketika sudah sattle, wangi Bulgarian Rose-nya lebih strong dan tercium. Wangi rose-nya pun unik, dan beda dari wangi rose pada umumnya. Jadi kesan mewah dan elegant-nya tetap terasa.

Cara penggunaan

Cara menggunakannya bebas dengan selera kalian masing-masing sih. HMNS nggak memberikan guideline khusus gimana cara pakainya. Kalian mau menggunakan ratio 1:1 bisa, tapi kalau mau 1:3 pun nggak apa-apa. Di sini kalian mendapatkan kebebasan untuk mencampurkan dua wangi berbeda untuk mendapatkan wangi unik khas kalian.

 

Projection dan Awet

Projection HMNS Ambar Janma ini setara dengan parfum HMNS lainnya, di mana cukup strong dan setiap kamu lewat pasti ada trail HMNS yang bisa dicium orang lain. Wanginya juga nggak memusingkan orang kok, karena kemarin saya pakai parfum ini di kantor banyak yang menanyakan, karena wanginya enak sekali buat mereka. Secara awetnya, menurut saya HMNS Ambar Janma ini beda-beda. Kalau kamu menggunakan Ambar lebih banyak, wanginya bisa awet hingga 8+ jam penggunaan. Sedangkan kalau kalian lebih banyak menggunakan sisi Janma, wanginya bertahan kurang lebih 4-5 jam.

Overall

Secara konsep dan pemilihan wangi, jujur saya kagum banget dengan HMNS yang membuka awal tahun yang berani. Bukan hanya konsep, tapi HMNS pun sampai bisa ke Paris Fashion Week untuk mengharumkan Paris dengan Ambar Janma. Secara wangi juga nggak mengecewakan, Ambar Janma ini wangi unisex, yang bisa dinikmati oleh laki-laki dan juga perempuan.

Ambar Janma ini sempat membuka batch PO 1 di tanggal 22 Desember 2021 lalu, dan seperti biasa langsung soldout. Sekarang memang Ambar Janma belum bisa kalian beli lagi, karena masih dalam tahap produksi. Incase kalian mau menabung, saya kasih tahu dulu deh ya harganya. Ambar Janma dijual dengan harga Rp495.000, sedangkan ketika dijual di Paris nanti harganya menjadi Rp2.500.000/ 100ml. Secara harga masih setara dengan parfum HMNS lainnya kok, jadi nggak akan menguras dompet banget.

Coba absen di kolom komentar di bawah, siapa saja yang sudah memiliki HMNS Ambar Janma ini? Kalau menurut kalian, gimana wanginya?