lifestyle

Tips Sederhana untuk Menjaga Finansial Tetap Stabil di 2022

seo-img-article

Siapa sih yang nggak pingin finansialnya aman dan selalu stabil? Kamu bisa kok mewujudkannya di tahun yang baru ini!

 

Mengawali tahun baru, pasti ada salah satu di antara kamu yang ingin membenahi kondisi finansial yang berantakan. Kalau kamu setiap harinya nggak mikirin permasalahan keuangan, dijamin hidupmu jauh lebih tentram!

Tapi, gimana caranya? Sebenarnya ada banyak kok cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar finansial lebih stabil di tahun 2022 besok. Mulai dulu dari mengubah kebiasaan kecil (yang berakibat buruk), dan jangan malas menyisihkan pendapatanmu untuk menabung. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mengurangi belanja yang tidak penting

Belakangan ini, banyak orang boros berbelanja dengan kedok “self-reward”. Hayooo, apakah kamu salah satunya? Coba deh cek lagi, apakah produk-produk belanjaan kamu itu hal yang benar-benar penting? Apakah setelah berbelanja kamu malah tambah stres? Sekarang, saatnya membuat list prioritas! Sepatumu masih banyak yang bagus? Maka tahan dulu untuk nggak beli yang baru. Pernak-pernik merchandise K-Pop sudah menumpuk, kan? Jadi, nggak usah nambah lagi. Beli hanya yang benar-benar kamu butuhkan saja, bukan sekadar kamu suka atau lapar mata sesaat.

Don’t do it for the sake of Instagram. Kamu nggak perlu memberi kesan ke orang lain yang sebetulnya tidak memikirkanmu juga. Kalau sesekali mengeluarkan uang untuk memanjakan diri ke salon atau beli baju bagus yang bisa dipakai sangat sering, it’s okay. Tapi hindari spending berlebihan yang bikin kamu happy sesaat saja, padahal setelah itu barangnya tidak terlalu berguna.

Habiskan dulu makeup dan skincare sebelum beli yang baru

Skincare yang terpenting adalah yang basic: cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Jadi selebihnya kalau kamu nggak punya pun nggak apa-apa. Produk seperti serum, toner, face oil, dan essence ya nggak perlu dikoleksi terlalu banyak. Hanya beli skincare yang ingredients-nya sesuai dengan jenis kulit kamu. Sayang kan, kalau kamu punya terlalu banyak produk, namun yang dipakai itu-itu saja, lalu yang lainnya kadaluwarsa? Sebisa mungkin, kalau masih ada, jangan beli dulu yang baru ya!

Untuk produk makeup pun begitu. Apalagi, masih dalam suasana pandemi, sehingga wajahmu masih ketutupan masker. Basic makeup seperti lipstik yang tahan lama, loose powder, lip tint, eyeshadow, eyeliner,dan maskara sudah cukup, kok. Jumlahnya nggak perlu berlebihan ya.

Buat catatan pengeluaran

Ini memang cara klasik, namun tetap sangat penting hingga sekarang. Kalau kamu malas membuatnya dalam bentuk excel, paling tidak kamu tulis di buku agenda atau di note ponsel kamu. Dari catatan tersebut, kamu akan mengetahui rata-rata pengeluaran harian kamu seberapa, dan ketika sudah berlebihan, kamu harus bisa rem. Jangan sampai jumlah pengeluaran lebih besar dari pendapatan, hanya karena kamu merasa ada credit card dan fitur-fitur paylater yang bisa jadi back-up. 

Cari side job

Zaman sekarang, rasanya kita nggak bisa mengandalkan gaji dari kantor saja. Kebutuhan yang tinggi menuntut kita untuk bisa hustle dan juggle, untuk memperoleh penghasilan tambahan yang bisa jadi tabungan. Kamu bisa berjualan online, jadi reseller, atau cari lowongan freelance yang bisa dikerjaan saat weekend. Kamu juga bisa monetize hobi kamu seperti menggambar, fotografi, menulis, masak, menyulam, review produk beauty, dan lain sebagainya. Jangan malu untuk bertanya kepada teman dan memperluas link untuk memperbesar kesempatan mendapatkan side job. Penghasilan dari side job ini bisa kamu simpan sebagai dana darurat, tabungan liburan, dan berbagai kebutuhan lain di luar kebutuhan harian kamu.

Baca juga: Buka Tabungan BRImo Cukup dari Ponsel Saja, Nggak Pakai Repot!

Rajin nabung di BRImo

Sebelum mencoba investasi yang lebih advanced, menabung adalah cara mulai membenahi finansial yang paling sederhana. Memang untuk memulainya kamu butuh tekad yang kuat, tapi kalau sudah terbiasa, rasanya menyenangkan lho, karena kamu akan merasa lebih secure dalam menjalani hari-harimu. Biar makin semangat, kamu harus bikin goal-nya, misalnya liburan ke luar negeri, beli rumah, beli mobil, umroh, ganti laptop, atau sekadar beli tas dan sepatu yang sudah lama kamu idamkan. Kamu bisa nabung di BRImo, karena praktis banget, kamu bisa buka rekening tanpa perlu datang ke bank. Cukup download aplikasi bank BRI ini di ponsel kamu, registrasi, lalu ikuti step-step ini.

Fitur BRImo juga lebih lengkap, mulai dari transfer, cek mutasi, pembayaran tagihan, hingga top up wallet BRIZZI, uang elektronik resmi BRI untuk melakukan pembayaran online maupun offline. Setiap pengguna BRImo juga bisa melakukan tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM, lho!

Serunya lagi, pengguna bisa menggunakan fingerprint saat login BRImo. Nggak hanya praktis, cara ini juga lebih aman, karena hanya pemilik saja yang bisa menggunakannya. BRImo juga dilengkapi dengan BRIVA atau BRI Virtual Account, yang sangat berguna terutama jika kamu sering belanja online. Yayy! Nggak ada alasan lagi kan buat nggak menabung, karena semuanya bisa pakai ponsel saja!

 

 

 

Nah, itulah beberapa cara sederhana agar finansial tetap stabil di tahun baru! Yuk, sama-sama semangat meningkatkan kesadaran finansial demi masa depan yang lebih nyaman!

 

Image: BRImo, Freepik.

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment