pro tips

4 Tips Menggunakan Retinol Bagi Pemula

seo-img-article

Baru mau coba retinol? Perhatikan 4 hal ini, simpel tapi penting!

Sampai saat ini, retinol masih menjadi salah satu kandungan yang popular dan juara, karena bisa memberikan efek dalam jangka waktu yang cukup cepat. But it comes with a cost. Retinol memang sangat powerful untuk membantu berbagai permasalahan kulit, tapi karena itu juga, kalau tidak hati-hati, kulit bisa jadi kering dan malah breakout. Berikut tips yang kamu perlu lakukan ketikan menggunakan retinol bagi pemula!

Baca juga: 3 Rekomendasi Skincare Retinol Lokal untuk Pemula dan Kulit Sensitif

Gunakan di malam hari, sekali seminggu

Sebenarnya, menggunakan retinol di malam hari sah-sah saja. Namun, ketika menggunakan retinol, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap lingkungan sekitar. Efeknya mungkin akan cukup mengagetkan bagi yang baru pertama kali menggunakan. Bila terpapar sinar matahari langsung, khawatirnya kulit akan lebih iritasi. Selain itu, lebih disarankan juga bagi pemula untuk menggunakan retinol sekali seminggu, untuk mengetahui bagaimana respon kulit. Kalau sudah terbiasa dan kulit tidak menunjukkan efek buruk, boleh ditingkatkan dua sampai tiga kali seminggu, tapi perlu diperhatikan juga ya persentase konsentrasinya, jangan terlalu sering dan terlalu tinggi!

Pakai konsentrasi yang rendah

Retinol adalah salah satu kandungan yang cukup potent dan punya efek yang powerful. Untuk pemula, sebaiknya menggunakan persentase rendah seperti 0.5 sampai 1% saja. Selain untuk melihat bagaimana respon kulit terhadap retinol, juga untuk mencegah efek kering dan sensasi tingling yang berlebih. Kalau mau lebih aman lagi, gunakan retinol dalam bentuk produk lain yang persentase retinolnya lebih rendah, seperti toner atau moisturizer.

Baca juga: 5 Kesalahan Pakai Retinol yang Sebaiknya Kamu Hindari

Beri hidrasi tambahan dan moisturizer

Karena retinol punya efek samping seperti kulit kering, sebaiknya segera beri hidrasi tambahan dengan kandungan-kandungan melembapkan seperti hyaluronic acid, ceramide, atau moisturizer yang sangat menghidrasi. Tujuannya selain untuk melembapkan, juga untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan layer dan skin barrier kulit dari efek samping retinol.

Jangan lupa sunscreen!

Sunscreen ini memang jadi perawatan yang super penting ya. Di artikel mana pun, pasti sunscreen menjadi ‘kuncian’ untuk segala permasalahan kulit. Setelah menggunakan retinol di malam hari, jangan berpuas diri dan jadi lalai untuk menggunakan sunscreen di pagi harinya. Justru sangat penting untuk menggunakan sunscreen di pagi dan siang hari setelah aplikasi retinol, karena kulit jadi lebih sensitif dan akan sering terpapar sinar matahari.

Baca juga: Selain Retinol, Ini 5 Kandungan Skincare yang Bikin Kulit Awet Muda!

Well, itu tadi keempat tipsnya. Adakah produk retinol andalanmu yang bagus banget? Jangan lupa share di bawah ya!

Images: dok. Female Daily, freepik.com, unsplash.com

athifahch

athifahch

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment