banner-detik

fragrance

7 Parfum Patchouli yang Earthy dan Sensual untuk Akhir Tahun!

seo-img-article

Suka dengan aroma yang earthy, woody, dan sensual? Coba deh pilih parfum yang punya note patchouli!

 

Patchouli adalah sebuah tumbuhan berbunga ungu, masih dalam keluarga mint, yang sangat sering dipakai sebagai salah satu note dalam produk wewangian. Dalam dunia parfum, dia memang tidak sepopuler mawar, keluarga citrus, atau vanilla, namun aromanya begitu khas dan menyenangkan. Patchouli juga tumbuh subur di Indonesia, lho!

Bukan sekadar aroma “rumput” atau dedaunan hijau yang segar, patchouli memiliki sentuhan woody dan sensual. Aromanya yang cenderung universal, tidak terlalu feminin, membuat parfum patchouli bisa dipakai untuk perempuan maupun laki-laki. Kalau kamu suka tipe wewangian seperti itu, simak sederet parfum patchouli di bawah ini!

Christian Dior Patchouli Imperial

Diluncurkan tahun 2011 silam, parfum ini memadukan patchouli asal Indonesia dengan sandalwood, coriander, Calabrian bergamot, mandarin, dan cedar. Spicy dan hangat, bukan tipe parfum yang berbunga-bunga. Penggemar aroma sensual dan oriental, ini harus ada dalam wishlist kamu!

Tom Ford White Patchouli

Menggabungkan patchouli dengan peony, white flowers, bergamot, coriander, musk mallow, rose, jasmine, dan woody notes, parfum ini cukup unik. Clean, elegan, tapi juga cukup powerful. Botolnya yang penuh estetika pasti memperindah meja riasmu!

Baca juga:  5 Pilihan Parfum Aroma Green Tea yang Relaxing!

Byredo Bibliotheque

Terinspirasi dari sebuah perpustakaan yang menyimpan sejuta cerita, Bibliotheque Eau De Parfum dari Byredo hadir dengan aroma yang warm, leathery, dusty. Tipikal aroma parfum niche yang tidak pasaran, namun tetap ada sentuhan bright, karena memadukan plum, peach, peony, voilet, leather, patchouli, dan vanilla. Kalau kamu suka dengan parfum patchouli yang memiliki sentuhan buah, ini bisa dicoba.

Maison Margiela Replica Music Festival

Diluncurkan tahun 2017, wewangian ini memiliki kombinasi note yang mungkin jarang kamu dengar.  Cannabis, red apple, violet leaf hadir sebagai top notes. Patchouli, incense, dan tobacco di middle notes. Dilengkapi dengan cypress, leather, dan cedar di base notes. Tipe aroma yang woody dan comforting, sangat cocok dipakai di malam hari saat musim hujan atau musim dingin.

Baca juga: 20 Parfum Terbaru di Tahun 2020 yang Bernuansa Musim Panas!

Gucci Flora Gorgeous Gardenia EDP

Ini adalah parfum patchouli terbaru dari Gucci, yang diluncurkan Agustus 2021. Parfum ini merupakan versi terkini dari Gucci Flora Gorgeous Gardenia EDT yang hadir tahun 2012 silam. Botolnya tampak bold dan vintage, dengan nuansa pink dan floral yang feminin. Selain patchouli, di dalamnya ada keharuman plum blossom, white gardenia, jasmine, dan brown sugar. Sweet dan floral.

Chanel Coco Mademoiselle

Usia parfum ini sudah lebih dari 20 tahun, tapi masih banyak yang menyukainya. Lebih ringan dibandingkan Chanel No. 5, namun nggak kalah memikat. Orange, mandarin orange, bergamot, dan orange blossom membuatnya tercium citrusy, namun tetap elegan berkat tambahan jasmine, rose, mimosa, dan ylang-ylang. Dilengkapi dengan patchouli, musk, vanilla, vetiver, tonka bean, dan opoponax, aromanya jadi tak terlupakan.

Vilhelm Parfumerie Stockholm 1978

Brand parfum niche, Vilhelm Parfumerie, juga punya wewangian dengan patchouli yang punya campuran yang unik. Ada black pepper, lemon, almond pada top notes. Dilengkapi dengan rose dan geranium di middle notes. Ditambah dengan moss, black amber, dan patchouli pada base notes. Sangat soapy, fresh, sekaligus vintage dan maskulin, dikemas dalam botol yang sangat memesona.

Baca juga: 10 Parfum Manis dan Hangat untuk Kamu Si Feminin!

 

Nah, itulah 7 parfum patchouli yang bisa melengkapi suasana akhir tahun yang lebih dingin. Adakah yang kamu miliki?

 

Image: dok. brand, Freepik, iStock.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment