banner-detik

skin care

Cara Mengetahui Skincare yang Sudah Kadaluwarsa dan Tips Mengingat Expiry Date!

seo-img-article

Hal yang sering luput dari perhatian dalam penggunaan produk skincare adalah tidak memperhatikan kapan produk akan kadaluwarsa!

Padahal, skincare (juga makeup) yang sudah kadaluwarsa bisa membawa pengaruh yang nggak main-main bagi kulit, apalagi bagi kulit yang sensitif! Meski menjadi produk ‘rutinan’ yang biasa diaplikasikan ke kulit, jangan lupa bahwa produk-produk ini diformulasikan dengan zat-zat kimiawi yang memiliki jangka waktu dan aturan penyimpanan tertentu. We are putting something else we believe is good for our skin, makanya harus hati-hati dan lebih bijak dalam menggunakan skincare.

Baca jugaCara Menyimpan Skincare Agar Kandungannya Tidak Mudah Rusak

Menurut Food and Drug Administration atau FDA, shelf life atau umur simpan produk adalah jangka waktu di mana produk dapat berfungsi dan diharapkan terlihat hasilnya. Akhir umur simpan ini ditandai dengan expiry date yang biasanya terdapat di kemasan dengan berbagai ciri atau ikon tertentu. Produk yang sudah lewat umur simpan dan expiry date-nya ini lah yang disebut dengan kadaluwarsa. This one is a guide for you untuk memahami serba-serbi produk yang kadaluarsa, akibat, dan juga tips penyimpanan untuk bisa lebih peka dengan umur simpan produk!

Apa yang terjadi ketika produk kadaluwarsa?

Expiry date menandakan masa dan jangka waktu efektivitas produk yang sudah habis. Artinya, produk akan kehilangan atau berkurang efektivitasnya bahkan bisa menjadi berbahaya. Selain itu, seiring berjalannya waktu, paparan udara, serta kontak eksternal yang terus menerus, bakteri akan mudah tumbuh dan berkembang. Minyak dari produk menjadi berbau dan tengik serta kandungan di dalamnya mulai jelas terlihat teroksidasi dengan perubahan warna.

Beberapa kandungan utama yang biasa ditemukan dalam skincare khususnya serum, biasanya adalah kandungan yang cukup potent seperti Vitamin C, Retinol, atau bahkan SPF. Kandungan-kandungan ini sangat rentan teroksidasi dan menjadi lebih asam. Terlebih sunscreen, bila kehilangan efektivitasnya, kamu akan terpapar sinar matahari tanpa proteksi hingga menyebabkan sunburn! Jadi, jangan pernah gunakan sunscreen yang kadaluwarsa ya!

Apa pengaruhnya bagi kulit?

Bahan-bahan yang rusak dan sudah mengalami perubahan kimiawi hingga ditumbuhi bakteri, dapat menyebabkan berbagai reaksi pada kulit. Seperti, kulit terasa gatal, kemerahan, iritasi, jerawat, bahkan menyebabkan reaksi alergi atau infeksi karena bakteri. Untuk kulit sensitif, akibatnya bahkan bisa lebih parah lagi seperti ruam atau bahkan pengaruh jangka panjang. Kalau sudah seperti ini, segera temui dokter kulit untuk diagnosis tepat dan perawatan lebih lanjut ya!

Baca juga: Ini 7 Langkah Supaya Beauty Routine Bebas Bakteri

Bagaimana mengetahui skincare yang kadaluwarsa?

Memang sebaiknya langkah pertama untuk mengetahui kapan produk akan kadaluwarsa adalah dengan mengetahui betul expiry date yang tertera pada kemasan. Namun, mungkin saja karena faktor lupa dan berbagai faktor lain seperti penulisan yang sudah tidak jelas, kita jadi tidak bisa memastikan dengan benar kapan produk akan kadaluwarsa.  Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui apakah produk kamu sudah kadaluwarsa atau rusak, di antaranya:

1. Aroma berubah menjadi tidak sedap

2. Warna berubah keabuan atau seperti luntur

3. Konsistensi berubah menjadi lebih kering atau lebih cair, tekstur minyak dan air yang terpisah atau menggumpal

4. Bertumbuhnya jamur di sekitar tutup produk

Baca juga: Awas Kosmetik Ilegal! Kenali Bahan Berbahaya yang Ada di Kosmetik Palsu

Tips mengingat Expiry Date!

Sayangnya, beberapa tanda atau penulisan tanggal kadaluwarsa bisa menjadi kabur dan menghilang seiring berjalannya waktu dan kontak dengan berbagai faktor eksternal. Atau paling sering, kita yang kurang memperhatikan dan lupa dengan tanggal kadaluwarsa produk. Nah saya punya beberapa tips untuk menyimpan skincare agar expiry date sensitive!

Catat tanggal pembelian dan waktu expired produk

Yang paling basic adalah dengan mencatat tanggal pembelian dan tanggal expired produk. Kamu bisa mencatatnya di buku khusus atau notes simpel di HP. Dengan begitu, kamu bisa memahami berapa lama atau berapa bulan lagi waktu yang kamu miliki untuk menghabiskan produk. It may be simple, but trust me, the difference is significant!

Beri label khusus pada produk

Karena terkadang expiry date pada kemasan sangat mudah hilang, kamu bisa beri label tambahan yang menunjukkan tanggal kadaluwarsa produk atau tanggal pembelian produk. Jangan lupa untuk melapisi label dengan selotip plastik secara lekat dan rapat untuk memastikan tulisan pada label tidak hilang seiring berjalannya waktu. Atau kalau mau lebih kreatif, beri label warna yang menandakan kode bulan waktu kadaluwarsa. Semisal, label merah artinya produk akan kadaluwarsa di bulan Januari, biru untuk bulan Februari, dan seterusnya. Tentukan sendiri format kode warna dan bulan kalian.

Itu tadi serba-serbi skincare kadaluwarsa serta beberapa tips untuk membantu kamu mengingat expiry date. Semoga bermanfaat ya!

 

Images: freepik.com, skincare.com, dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment