banner-detik

beauty school

Tips Menjaga Kulit Tangan Tetap Lembap Sepanjang Hari di Masa Pandemi

seo-img-article

Di awal masa pandemi, di mana kita diminta untuk rutin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, jujur saya takut banget. Takut banget kulit tangan saya akan kering, apalagi mengingat saya memiliki permasalahan atopic dermatitis, di mana kulit tangan saya mudah kering bila terlalu sering kena air, apalagi menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol yang tinggi.

Ternyata benar saja, ketika saya melakukan protokol kesehatan ini, atopic dermatitis saya kambuh hingga kulit tangan terkelupas dan pecah-pecah. Di masa-masa tersebut, saya juga menerima banyak DM dari beberapa followers saya yang tiba-tiba tangannya menjadi kering dan terkelupas, semenjak rutin menggunakan hand sanitizer. Untungnya setelah banyaknya kasus kulit tangan kering akibat menggunakan hand sanitizer, banyak brand-brand yang mengeluarkan hand sanitizer dengan kandungan pelembap di dalamnya. Tentunya menggunakan hand sanitizer dengan kandungan pelembap saja nggak cukup untuk menjaga dan mengunci kelembapan kulit tangan kita.

Nah, untuk mencegah terjadinya peradangan pada atopic dermatitis saya, makanya saya memilih tiga produk ini untuk menjaga kesehatan kulit tangan saya.

Memilih hand sanitizer yang hydrating

Selama dua tahun ini, saya sudah mencoba banyak banget hand sanitizer yang ada di pasaran, tapi hanya Klarens Antibacterial Sprits ini lah yang cocok dengan kulit saya. Walaupun kandungan alkohol di dalam hand sanitizer ini cukup besar, yaitu 73%, tapi saya nggak merasakan kulit jadi kering dan juga ketarik bila dipakai sering. Mengingat di dalamnya juga tedapat kandungan yang dapat melembapkan kulit, seperti Castor Oil dan vitamin E. Selain terdapat kandungan skincare di dalamnya, jenis alkohol yang terdapat di Klarens Antibacterial Sprits adalah food grade, sehingga aman dan nggak akan terasa pahit, bila kita makan dengan menggunakan tangan. 

Hal lain yang saya suka dari Klarens Antibacterial Sprits adalah bentuknya yang slim dan compact. Jadi lebih mudah untuk diselipkan di dalam kantong, tas ataupun makeup pouch. Wangi hand sanitizer ini juga enak banget dan beda dengan wangi-wangi hand sanitizer lainnya, yang kadang bikin pusing. Selain saya memiliki Klarens Antibacterial Sprits, di rumah juga saya punya Klarens HOME Antibacterial Spray, untuk mendisinfektan paket-paket yang datang ke rumah saya. 

Anti-aging hand lotion

Mengingat kulit saya sangat bawel dan butuh hand cream yang lebih heavy duty, makanya saya splurge satu hand cream magic dari L’Occitane. Ini adalah hand lotion terbaru yang menggunakan teknologi serum-in-cream di dalamnya. Biasanya hand cream hanya memiliki berbagai kandungan yang melembapkan di dalamnya, seperti Shea Butter. Tapi di L’Occitane Youth Hand Cream ini terdapat kandungan Immortelle di dalamnya, yang nggak hanya melembapkan, tapi juga membantu tanda-tanda penuaan di kulit.

 

Super hydrating hand wash

Untuk membersihkan tangan dari bakteri ataupun virus, kita nggak perlu menggunakan hand wash dengan kandungan antiseptik di dalamnya. Cuci tangan dengan sabun apapun, sudah sangat efektif untuk membunuh seluruh bakteri yang ada di kulit kita. Maka dari itu, hand wash yang saya pilih adalah The Body Shop Shea Hand Wash, karena hand wash ini memiliki kandungan shea butter yang dapat melembapkan kulit.

Itu adalah tiga produk yang bisa kalian coba untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang hari.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment