banner-detik

skin care

Supaya Tampil Awet Muda Lebih Lama, Ini Tips Jaga Kadar Kolagen di Kulit!

seo-img-article

 

Semakin lama, jumlah kolagen dalam kulit kita semakin menurun! Gimana cara mengatasinya supaya kulit tetap tampak segar dan awet muda?

 

Pertambahan usia adalah hal yang nggak bisa dipungkiri. Seiring waktu, tampilan kulit nggak lagi sama seperti dulu, karena kadar kolagen dan elastin kian berkurang. Padahal, kolagen adalah protein penting yang perannya besar bagi tubuh, termasuk mendukung struktur kulit.

Berasal dari bahasa Yunani, “kolla” yang berarti lem, bermakna bahwa kolagen beraksi sebagai perekat bagian-bagian tubuh seperti kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Makanya, kalau kolagen di kulit semakin menipis, kulit kita akan tampil lebih kusam dan banyak kerutan. Tapi tenang saja, dengan melakukan hal-hal di bawah ini, kamu bisa menjaga agar produksi kolagen tetap lancar sehingga kulit bisa awet muda lebih lama.

Konsumsi makanan tinggi vitamin C

Pastikan kamu tidak kekurangan vitamin C setiap hari. Bukan hanya baik dalam menjaga daya tahan tubuh, vitamin C adalah nutrisi penting untuk memproduksi kolagen. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari jeruk, lemon, kiwi, beragam buah beri, wortel, brokoli, dan paprika, serta dilengkapi dengan minum suplemen vitamin C 500 mg. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan tinggi kolagen seperti chicken bone broth atau beef bone broth.

Baca juga: Apakah Menopausal Skincare Menjadi Pilihan Terbaik bagi Perempuan yang Sudah Menopause?

Hindari hal-hal yang bisa merusak kolagen

Tahukah kamu kalau gaya hidup tertentu bisa menghancurkan kolagen dalam kulit? Yup! Malas menggunakan sunscreen, contohnya. Sinar ultraviolet bisa menghambat pertumbuhan kolagen di kulit, lho. Merokok juga bisa mengurangi kadar kolagen di kulit. Begitu pula dengan makan terlalu banyak karbohidrat. Jadi, sebaiknya hindari paparan sinar matahari berlebihan, kurangi rokok, dan jangan ngemil terlalu banyak karbo ya!

 

Pilih skincare dengan kandungan kolagen

Kamu bisa menggunakan kolagen secara topikal, untuk membuat kulit tetap awet muda. Ada banyak sekali skincare dengan kandungan kolagen di pasaran, mulai dari facial wash, serum, hingga moisturizer. Bahkan bisa digunakan sejak usia 20-an untuk memperlambat datangnya tanda-tanda penuan. Dengan penggunaan teratur, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih kenyal dan ternutrisi.

Baca juga: Ini 4 Alasan Kenapa Terlalu Banyak Garam Berbahaya untuk Kulit!

Gunakan skincare retinol secara rutin

retinol awet muda

Retinol adalah ingredient yang terkenal powerful untuk kulit, karena mampu memicu produksi kolagen dalam kulit, bisa mengencangkan kulit, sekaligus membantu merawat jerawat dan menipiskan noda-noda gelap. Skincare dengan kandungan retinol, misalnya serum, bisa kamu pakai 2 kali dalam seminggu, saat malam hari. Jangan lupa, keesokan paginya kamu wajib mengaplikasikan sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari sinar UVA dan UVB!

 

Lengkapi dengan asupan suplemen kolagen

Seperti dilansir dari Healthline, sebuah penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi suplemen kolagen tampak memiliki kulit yang lebih elastis. Jadi, kamu bisa tambahkan juga nih suplemen kolagen dalam keseharianmu, seperti BYT Colla.

BYT Colla adalah collagen drink dengan rasa yang menyegarkan, mengandung Tripeptide Collagen yang molekulnya lebih kecil, sehingga lebih cepat diserap tubuh. BYT Colla juga dilengkapi dengan Glutathione Grade A dari Jepang yang bagus untuk membantu mencerahkan kulit, serta kandungan-kandungan lain yang menutrisi kulit seperti Strawberry Extract, Acai Berry Extract, Goji Berry Extract, Green Tea Extract, Sea Alage, Aloe Vera Extract, Apple Extract, Red Beet Extract, dan Zinc. Suplemen kolagen satu ini juga menggunakan pemanis stevia yang tanpa kalori, dan sudah tersertifikasi halal. Kamu bisa mengonsumsi BYT Colla pagi dan malam hari, 1 sachet yang dicampur dengan air 150 ml. Diminum dingin akan lebih menyegarkan!

Baca juga: Beautypedia: Adaptogen. Baik untuk Kelola Stres, Bermanfaat untuk Kulit!

 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar kolagen di dalam kulit kamu. Dengan melakukan 5 hal di atas secara rutin, kamu bisa punya kulit awet muda dan glowing yang jadi idamanmu!

 

Image: Dok. Freepik, Dok. Elemis, Dok. B.Y.T Official

Slow Down

Please wait a moment to post another comment