banner-detik

fitnfab

Oktober adalah Bulannya Breast Cancer Awareness! Gimana Cara Mencegah Kanker Payudara?

seo-img-article

Bulan Oktober adalah bulan Breast Cancer Awareness. Jadi, FD ingin mengingatkan kamu lagi untuk menjaga kesehatan payudaramu sendiri!

 

Bagi perempuan, payudara tentu sangat penting. Apapun ukurannya, payudara merupakan organ tubuh yang spesial dan perlu mendapat perhatian khusus. Jadi, jangan cuma rawat wajahmu saja, kamu perlu menjaga kondisi the girls agar tetap sehat dan terhindar dari salah satu penyakit yang mematikan, yaitu kanker. Gimana caranya? Yuk, rajin lakukan hal-hal di bawah ini!

Upayakan agar tidak overweight

 

Tubuh yang overweight bisa memicu munculnya kanker payudara setelah menopause, yang memang merupakan usia yang rentan terhadap terjadinya kanker payudara. Usahakan berat badanmu tidak naik secara drastis. Kamu tidak harus punya tubuh setipis model atau selangsing K-Pop idol, tapi sebaiknya selalu perhatikan body mass index kamu.

Konsumsi makanan sehat

Banyak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi oksidan bisa membantu kamu terlindungi dari radikal bebas dan membuat daya tahan tubuhmu lebih baik, contohnya teh hijau, buah beri, apel, brokoli, lemon, buah delima, salmon, dan lain sebagainya. Kurangi sumber lemak hewan, ganti dengan sumber lemak nabati misalnya alpukat. Perbanyak makan lean protein seperti ikan dan ayam dibandingkan daging merah.

Baca juga: 7 Makanan Penting untuk Membantu Mencegah Kanker

Selalu aktif bergerak

Exercise sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan payudara. Kamu nggak harus berolahraga berat kok, bisa dimulai dari yang ringan saja seperti berjalan kaki atau yoga 30 menit setiap hari, yang penting rutin. Penelitian menunjukkan bahwa aktif bergerak bisa mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 10%.

Baca juga:  3 Hal yang Harus Diingat Supaya Nggak Malas Berolahraga

Kurangi alkohol dan rokok

Alkohol adalah salah satu minuman yang kerap disebut memicu kanker. Kalau kamu terbiasa minum alkohol, usahakan maksimal hanya segelas sehari, lalu kurangi perlahan-lahan, misalnya hingga jadi seminggu sekali. Begitu pula dengan rokok. Kalau kamu bisa membatasi rokok dan alkohol, kamu bukan hanya memangkas kemungkinan terkena kanker payudara, tapi juga membuat kulitmu, jantungmu, livermu, dan paru-parumu lebih sehat.

Baca juga: 8 Produk untuk Merawat Kekencangan Kulit Payudara

Menyusui bayi semaksimal mungkin

Tahukah kamu kalau menyusui bayi bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara? Pada ibu yang baru melahirkan, menyusui memang bukan urusan mudah. Kadang sakit dan lecet, dan pastinya kamu jadi lebih sibuk karena ada sosok bayi yang membutuhkanmu kapan saja dan di mana saja. Namun, menyusui bayimu bisa menghindarkan kamu dari penyakit berbahaya tersebut. Jadi, usahakan menyusuinya minimal setahun, lebih baik lagi bila bisa sampai dua tahun.

Baca juga: 5 Alasan Seks Bikin Kulit Glowing dan Sehat!

Lakukan SADARI

Kamu bisa melakukan SADARI atau PerikSA PayuDAra SendiRI secara rutin. Ini adalah salah satu tindakan yang penting untuk dikenali seorang perempuan, sebelum terlambat. Ini berguna untuk mengenali perubahan pada payudara.

Kondisi payudara menjelang dan saat menstruasi biasanya jadi lebih membengkak dan tampak lebih padat, sementara setelahnya akan kembali normal. Memasuki masa menopause, biasanya payudara juga akan lebih mengendur. Perubahan kondis payudara ini normal terjadi. Namun kamu harus juga waspada, karena perubahan tertentu bisa jadi mengarah ke tumor atau kanker payudara.

Cara SADARI itu nggak sulit, kamu bisa melakukannya setiap hari setelah mandi.

  • Kamu cukup berdiri di depan cermin, dengan pencahayaan yang terang, lalu buka pakaian atas.
  • Perhatikan payudaramu, kebanyakan perempuan memiliki bentuk payudara yang tidak sama antara kanan dan kiri. Berdiri tegak dengan tangan ke bawah, perhatikan permukaan kulit dan bentuk puting. Apakah ada yang berubah?
  • Lalu berdiri tegak dengan kedua tangan di pinggang. Apakah ada yang berbeda?
  • Kemudian bungkukkan badanmu, biarkan payudara menghadap ke bawah. Apakah ada yang aneh?
  • Lalu raba seluruh area payudara, cek apakah ada benjolan atau tidak? Apakah ada yang sakit?
  • Kaitkan kedua tangan di belakang kepala, lalu perhatikan payudaramu, termasuk bagian bawahnya.
  • Letakkan jempol dan jari telunjuk di sekitar puting payudara, lalu tekan, untuk memeriksa apakah puting mengeluarkan cairan atau tidak. Apabila kamu tidak sedang dalam masa menyusui namun ada cairan dari payudara, alangkah baiknya segera hubungi dokter.

 

SADARI ini bisa dilakukan juga saat mandi atau sambil berbaring. Tidak perlu buru-buru saat melakukan pemeriksaan, pastikan kamu mengenali kondisi payudaramu secara menyeluruh setiap hari, sehingga bisa mengambil tindakan segera apabila merasakan ada perubahan.

Nah, itulah beberapa langkah penting untuk membantu mencegah kanker payudara yang perlu kamu perhatikan. Apabila keluargamu ada riwayat kanker, apapun jenis kankernya, kamu sebaiknya lebih waspada dan lebih rajin memeriksakan diri ke dokter. Jangan lupa sebarkan awareness ini pada sesama perempuan ya!

 

Image: Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment