banner-detik

lifestyle

Kamu Gampang Sakit? Ini Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan!

seo-img-article

Walau sudah telat, akhirnya Indonesia memasuki musim hujan. Ini saatnya untuk kamu menjaga kesehatan tubuh dengan benar, supaya nggak gampang sakit!

Rutinitas pulang-pergi dari kantor ke rumah di musim hujan, tentu jadi kendala sendiri bagi mereka yang mengandalkan ojek online maupun motor pribadi. Jas hujan bukanlah hal yang menyenangkan untuk dipakai berlama-lama. Bahkan, meskipun naik mobil, kamu bukan berarti nggak gampang sakit saat musim hujan tiba. Cuaca yang lebih dingin bisa membuat kamu jadi gampang pilek. Apalagi, musim hujan biasanya membuat kamu lebih suka mengonsumsi cemilan berbagai macam, karena mudah lapar. Nah, masalahnya, cemilannya itu nggak selalu bernutrisi atau menu yang sehat.

Gimana caranya menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan? Inilah beberapa hal yang wajib kamu ikuti!

Baca juga: Review Jo Malone Ginger Biscuit Cologne, Parfum yang Cocok untuk Musim Hujan!

Rutin konsumsi vitamin

cegah sakit di musim hujan

Kebiasaan kecil yang masih sering dilupakan ini bisa mengubah gaya hidup kamu, lho! Dengan minum vitamin, kamu bisa memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari biasanya, dan nggak gampang tertular penyakit. Saat ini sudah banyak sekali macam vitamin yang bisa kamu konsumsi, mulai dari vitamin C ataupun multivitamin yang sudah merangkum banyak vitamin.

Kalau kamu anaknya tradisional banget, yang lebih percaya keampuhan jamu, nggak apa-apa untuk konsumsi jamu seperti sambiloto, ekstrak kulit manggis, beras kencur, atau wedang jahe. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam jamu tablet herbal yang sudah banyak dijual di pasaran saat ini.

Pilih olahraga yang kamu suka

cegah sakit di musim hujan

Minimal berlari kecil keliling komplek ataupun bersepeda, bisa bikin kamu lebih fit! Bagi yang malas olahraga dan lebih suka melihat idol Korea, tentu kamu juga bisa zumba dengan cara mengikuti tarian boyband di video musik K-Pop favorit kamu, karena satu lagu mereka bisa menghasilkan keringat yang cukup banyak. Otot kamu pun jadi nggak kaku dan banyak gerak bisa bikin tubuh kamu jadi lebih kuat.

Adapun olahraga ringan lainnya yang bisa kamu tekuni adalah yoga. Ini adalah satu olahraga yang digemari kaum rebahan karena ngga banyak kardio yang digunakan seperti zumba ataupun berlari. Supaya lebih semangat, kamu bisa olahraga bersama teman atau sahabat terdekat kamu, agar lelahnya bisa dirasakan bersama. Kamu juga bisa gunakan outfit yoga yang lucu-lucu!

Baca juga: Beauty Routine Michelle Yeoh yang Bikin Dirinya Tampil Awet Muda!

Atur pola makan

cegah sakit di musim hujan

Ini penting banget bagi kamu yang terlalu pekerja keras. Kadang keasikan kerja sampai lupa harus makan tepat waktu, padahal makan merupakan hal paling penting untuk tetap sehat setiap harinya. Namun jangan asal memilih makanan, karena kita perlu nutrisi, bukan cuma asal kenyang. Jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, yang akan melancarkan pencernaan kamu, menyuplai tubuh dengan vitamin dan antioksidan, plus bikin kamu lebih segar, dan kulit juga jadi lebih glowing!

Biasanya kalau di pagi hari belum sarapan, jangan langsung minum kopi, karena bisa bikin asam lambung kamu naik dan mengakibatkan perut nggak enak, bahkan bisa bikin sakit kepala. Kalau ingin minum kopi, setidaknya kamu perlu melapisi lambung dengan sedikit karbohidrat, supaya perut kamu nggak bermasalah dan bikin bete seharian.

Baca juga: 4 Kebiasaan Sarapan yang Bisa Bikin Gemuk!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menjaga daya tahan tubuh kamu di musim hujan. Bagi yang mudah masuk angin, sebaiknya siap jaket parasut yang nggak menyerap air supaya tubuh kamu tetap terjaga dari hujan. Jangan lupa juga untuk sedia payung sebelum hujan!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment