aging

Selain Retinol, Ini 5 Kandungan Skincare yang Bikin Kulit Awet Muda!

seo-img-article

Retinol terkenal sebagai kandungan skincare yang powerful karena bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, bikin kulit lebih kencang, bahkan mengurangi jerawat! Selain retinol, bahan apa saja yang bisa bikin kulitmu awet muda?

 

Kamu nggak hanya bisa mengandalkan retinol untuk menjaga keremajaan kulit. Ia memang komponen yang hits di dunia skincare sejak dulu, karena ampuh menyamarkan garis-garis halus, bikin kulit kencang, bebas jerawat, noda-noda gelap pun tersamarkan. Tapi, sifat retinol yang powerful memang cenderung mengiritasi dan bisa bikin kulit kering, sehingga buat pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati. Retinol juga nggak bisa dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Sebenarnya ada banyak kandungan lain yang bisa bikin kulit tampak youthful dan segar, lho! Simak yuk, beberapa kandungan skincare untuk bikin kulit awet muda di bawah ini.

Bakuchiol

Bakuchiol adalah kandungan skincare yang vegan, berasal dari tumbuhan babchi atau Psoralea corylifolia. Tinggi antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-bakteri, bisa memicu kolagen, mengatasi pori-pori tersumbat, sehingga bisa menjaga elastisitas kulit dan mengurangi jerawat.

Manfaat tersebut mirip dengan retinol sehingga bakuchiol sering disebut “alternatif retinol” atau “retinol versi alami”. Namun, sebenarnya bakuchiol tidak bisa menggantikan retinol, karena bakuchiol adalah bahan alami, yang aksinya jauh lebih mild. Jadi, sifatnya lebih “mendukung”, atau sebagai booster dari skincare retinol yang kamu pakai. Kalau memakai bakuchiol, kamu nggak bisa berharap aksi skincare dengan kandungan bakuchiol akan secepat retinol. Namun, skincare dengan bakuchiol sangat baik untuk kamu yang ingin punya kulit awet muda dan minim jerawat tanpa bikin iritasi, atau buat kamu yang sedang hamil dan menyusui. Apa saja rekomendasi skincare lokal dengan kandungan bakuchiol? Baca di sini!

Baca juga:  5 Neck Cream Ini Penting untuk Membuat Leher Nggak Mudah Keriput!

Immortelle

Bunga immortelle atau Helichrysum tidak akan layu dalam jangka yang lama, bisa menstimulasi kolagen, serta sarat dengan antioksidan, sehingga ini adalah kandungan skincare yang bisa diandalkan untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan agressor berbahaya, serta tepat untuk bikin kulit awet muda. Immortelle juga memiliki kemampuan anti-inflamasi dan anti-fungal, sehingga baik untuk kulit sensitif, seperti dermatitis atopik, eczema, psoriasis, atau iritasi. L’Occitane punya rangkaian skincare dengan kandungan immortelle yang sangat lengkap, lho!

Baca juga: 5 Aktris Korea yang Punya Kulit Glowing dan Awet Muda Walau Sudah di Atas 30 Tahun!

Peptide

Peptide adalah sekumpulan amino acid, yang membentuk beberapa jenis protein yang diperlukan oleh kulit, seperti kolagen dan elastin. Makanya, nggak mengherankan kalau Peptide banyak dipakai dalam produk-produk skincare, karena kalau kulit kita cukup kolagen dan elastin, maka tampilan kita akan terlihat lebih muda dan segar. Mengaplikasikan serum atau moisturizer dengan kandungan Peptide bisa mengurangi fine lines, bikin kulit lebih kenyal, menjaga kekuatan skin barrier, bikin kulit lebih lembap, bahkan mengurangi inflamasi.

Baca juga: Ingin Kulit Tampak Lebih Muda? Pakai 5 Skincare Lokal dengan Peptide Ini!

Ginseng

Kenapa ginseng banyak dipakai dalam produk skincare, terutama brand dari Korea? Jawabannya karena ginseng punya sejuta manfaat yang bisa menguatkan struktur kulit. Ginseng mengandung saponin, vitamin B1, B2, B12, Pantothenic Acid dan berbagai mineral, yang bisa meningkatkan kadar oksigen dan sirkulasi sel di kulit, sehingga kulit tampak bercahaya alami. Ginseng juga sangat baik untuk mengontrol kadar sebum di kulit, berperan sebagai anti-inflamasi yang bisa mengurangi kemerahan dan puffiness, serta melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. Lengkap! Siapa sih, yang nggak mau punya kulit awet muda dan glowing?

Baca juga: Siapa yang Mau Punya Kulit Bernutrisi dan Selalu Muda? Pakai Skincare Ginseng Ini!

Pomegranate

Delima atau pomegranate adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Makanya, banyak sekali skincare dengan kandungan pomegranate yang ada di pasaran, mulai dari serum hingga sheet mask. Pomegranate bisa meregenerasi sel-sel kulit, melindungi kulit dari efek buruk lingkungan dan sinar UV, serta berperan sebagai detoks untuk kulit. Buah berwarna merah ini juga baik untuk mendukung produksi kolagen dan elastin pada kulit, bikin kulit lebih kenyal, serta mencegah munculnya age spots. Serunya, promegranate adalah kandungan skincare yang sangat baik untuk kulit berminyak, kombinasi, dan berpori-pori besar. Skincare pomegranate juga semakin bagus bila dipakai dengan skincare Ceramide, lho!

Baca juga: 2 Produk Skincare Terbaru dari Brand Lokal yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda

Nah, ternyata banyak kan alternatif retinol untuk kamu yang ingin achieve kulit yang tampak muda lebih lama? Kelima kandungan di atas juga minim iritasi lho, jadi kamu yang punya kulit sensitif nggak perlu ragu untuk menggunkan mereka. Jangan lupa, selain skincare dengan kandungan di atas, kamu juga harus lengkapi dengan pemakaian sunscreen setiap hari dan gaya hidup yang sehat. Selamat mencoba!

Image: Freepik, Pexels.

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment