technology

Fitur Kesehatan Pada Smartwatch yang Wajib Diketahui

seo-img-article

Apakah kamu salah satu dari pengguna smartwatch? Fitur apa sih yang jadi andalan kamu? Apakah mempermudah memantau kalori dalam tubuh, atau karena bisa mempermudah berkomunikasi dalam genggaman sambil olahraga? Kebutuhan orang memang berbeda, kehadiran smartwatch juga bisa dinikmati oleh orang yang membutuhkannya.

Dengan berkembangnya teknologi, kini banyak smartwatch yang semakin canggih. Nggak hanya sekadar mendeteksi langkah kaki, tapi juga bisa digunakan sebagai pengganti EKG yang biasa ada di rumah sakit, untuk memonitor jantung. Namun sebenarnya apa sih keunggulan dari EKG pada smartwatch?

Bisa memberikan informasi aktivitas jantung

EKG atau elektrodiagram, merupakan alat tes ukur aktivitas listrik yang ada di jantung. Di mana saat jantung berdetak akan ada gelombang listrik, hingga menyebabkan jantung berkontraksi, lalu memompa darah ke seluruh tubuh. EKG sendiri mampu mengukur gelombang listrik tersebut dan biasa dijadikan indikator kesehatan. Sama seperti fitur EKG pada umumnya yang ada di rumah sakit, biasanya akan dipasang ketika pasien mengalami penyakit yang harus dipantau detak jantungnya.

Hanya mempermudah memantau kesehatan

Fitur EKG pada smartwatch bisa dibilang nggak jauh berbeda dengan alat aslinya yang biasa digunakan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Setiap pengguna bisa turut memantau kondisi jantungnya setiap hari bahkan sebelum melakukan check up rutin ke dokter.

Namun meskipun begitu, perlu diingat juga kalau fitur EKG yang disematkan pada smartwatch sifatnya hanya memudahkan pengguna untuk monitor, dan nggak bisa menggantikan fungsi dari EKG yang biasanya digunakan. Karena bentuknya portable tentu memiliki kekurangannya sendiri. Maka dari itu, apabila membutuhkan pertolongan lebih lanjut, kamu bisa melakukan diagnosa melalui tenaga ahli yang lebih professional. Sementara EKG pada smartwatch hanya bisa membantu dalam situasi yang sifatnya sehari-hari.

Beberapa smartwatch yang memiliki fitur EKG

Memang nggak semua smarwatch memiliki fitur EKG, namun ada beberapa brand yang sudah menyematkan teknologi canggih tersebut. Di antaranya adalah Apple Watch Series 4, Apple Watch Series 5, Apple Watch Series 6, Fitbit Sense, Samsung Galaxy Watch Active 2, dan Samsung Galaxy Watch 3. Samsung Galaxy Watch Active 2 sendiri pernah menjadi alat bantu mendeteksi jantung pemeran utama pada drama korea The Extraordinary You.

Itulah beberapa fitur kesehatan yang ada di beberapa merk smartwatch. Kira-kira kalau kamu bisa menciptakan smartwatch sendiri, fitur apa sih yang ingin kamu hadirkan?

 

Image : gadgetren, tomsguide, pocket lint, the verge, eraspace.

diaan_acil

diaan_acil

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment