banner-detik

beauty school

Inilah 4 Manfaat Mugwort Bagi Kecantikan dan Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Kata siapa mugwort cuma bisa dirasakan untuk kecantikan? Ternyata tumbuhan ini memiliki berbagai macam manfaat lho!

Meski tumbuhan ini bukan berasal dari Asia, namun banyak orang Asia yang menggunakannya sebagai obat herbal untuk penyembuhan maupun mengatasi banyak masalah kulit. Bahkan di Korea, mugwort ini biasa digunakan sebagai bahan herbal di pemandian bersama atau jjimjilbang, untuk memberikan efek rileks pada tubuh. Korea pula yang mempopulerkan mugwort sebagai salah satu kandungan skincare yang akhirnya dikenal di seluruh dunia. Apa saja sebenarnya manfaat mugwort?

Dapat meredakan masalah kulit

Selayaknya kandungan herbal lainnya, mugwort memiliki sifat anti-inflamasi yang menjadikannya mampu mengatasi masalah kulit kering, kemerahan, bruntusan dan kulit sensitif. Selain itu, mugwort juga diklaim kaya akan antioksidan jadi bisa melindungi kulit dari radikal bebas, dan membantu produksi kolagen di kulit, sehingga membuat kulit lebih awet muda dan jadi lebih tampak bersinar.

Mugwort belakangan ini memang sedang tren di dunia kecantikan dan banyak muncul dalam produk masker, karena bisa mengurangi berbagai macam masalah kulit. Menggunakan masker berbahan utama mugwort secara rutin juga bisa melembapkan kulit serta membersihkan pori-pori.

Baca juga: 5 Masker dengan Kandungan Mugwort dari Brand Korea yang Bisa Kamu Coba

Mencegah timbulnya jerawat

Untuk perawatan kulit, mugwort yang bernama lain Artemisia vulgaris, juga diklaim dapat mencegah munculnya jerawat karena kandungan anti-bakteri di dalamnya yang bekerja dengan baik. Selain itu, anti-inflamasi dan efek menenangkan yang ada di dalam mugwort juga bisa meredakan jerawat yang meradang.

Bahkan nggak cuma mencegah jerawat tumbuh, tapi juga bisa memperkuat lapisan kulit. Hal ini tercantum dalam penelitian International Journal of Molecular Science yang menemukan bahwa ekstrak mugwort memiliki manfaat dalam melindungi kulit. Tanaman mugwort ini kemudian mengaktifkan gen yang memproduksi protein dalam tubuh sehingga lapisan pelindung kulit tetap kuat.

Baca juga: Mugwort Mulai Menggeser Hype Centella Asiatica di K-Beauty?

Melancarkan menstruasi dan persalinan

Siapa yang menstruasinya suka nggak lancar? Mungkin kamu bisa mencoba mengonsumsi mugwort. Pasalnya mugwort dipercaya mampu melancarkan menstruasi, dan membuat siklus menstruasi lebih teratur sehingga dapat mengatasi keluhan sakit akibat menstruasi. Selain melancarkan menstruasi, mugwort atau disebut Daun Baru Cina ini dianggap memiliki senyawa yang bisa membuat rahim berkontraksi, sehingga mugwort juga bisa untuk memperlancar masa persalinan.

Mengatasi gangguan pencernaan

Selain untuk kecantikan, mugwort ini ternyata juga bisa memberi manfaat lainnya pada tubuh, seperti mengatasi gangguan pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi mugwort untuk menghilangkan mulas, muntah, diare, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk obat herbal maupun teh yang sudah banyak dijual di marketplace.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat mugwort bagi kecantikan dan kesehatan! Apakah kamu termasuk yang menggunakan skincare dan teh mugwort untuk sehari-hari?

 

Image : theherbalacademy, allure, verywellhealth & dok. female daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment