banner-detik

lip treatment

Tips Merawat Bibir Biar Merona dan Sehat!

seo-img-article

Merawat bibir mungkin sering luput dari berbagai perawatan tubuh lainnya. Padahal, bibir juga jadi salah satu center of attention loh!

Padahal bibir sering terekspos lipstik, matahari, berbagai udara dan polusi, jadi seharusnya perawatan bibir juga perlu perhatian. Dari visualnya, kita pasti pengen punya bibir yang pink merona alami, tidak kering, dan plump. Tapi pasti kita juga mau bibir yang sehat luar dalam. Simak beberapa tips merawat bibir kalau mau bibir kamu merona sehat!

Eksfoliasi

Seperti bagian kulit tubuh yang lain, bibir juga membutuhkan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit kering dan mati. Dengan melakukan eksfoliasi, bibir akan terasa lembut dan sehat. Tapi jangan juga terlalu sering, karena kulit bibir terbilang cukup tipis dan mudah terluka. Lakukan saja minimal seminggu sekali. Melakukan eksfoliasi pada bibir akan memberi perbedaan yang besar pada bibir kamu!

Baca juga: Rekomendasi Lip Scrub Lokal di Bawah 50 Ribu

Pelembap

Agar tidak kering dan terjaga kelembapannya, menggunakan lipbalm juga jadi hal yang penting untuk mendapatkan bibir yang sehat dan plump. Apalagi, setelah memakai scrub bibir, wajib hukumnya untuk segera memakai pelembap. Ada juga banyak opsi membuat pelembap alami, di antaranya dengan menggunakan gel lidah buaya, madu, dan berbagai minyak alami lainnya.

Baca juga: 3 Rekomendasi Tinted Lip Balm Lokal Dengan Nuansa Kecoklatan

Sunscreen

Siapa yang baru tahu kalau bibir juga harus dilindungi dari sinar matahari? Yep, bibir juga membutuhkan sunscreen, lho. Minimal bibir harus dilindungi dengan SPF 15 atau lebih tinggi. Sekarang sudah cukup banyak kok, lip balm yang mengandung SPF di dalamnya, misalnya seperti Wardah, Nivea, Sebamed, Maybelline, dan lain sebagainya.

Persiapkan bibir sebelum memakai lipstik

Nggak cuma harus merawat setelah menggunakan lipstick, tapi sebelumnya kulit bibir butuh dipersiapkan lho. Khususnya kalau kamu cenderung punya bibir kering. Sebelum menggunakan lipstick, pakai dulu lip balm atau lip butter.

Hentikan kebiasaan buruk mengupas atau menjilat bibir

Kadang saat bibir sedang kering-keringnya, kita suka nggak sadar ya, untuk mengupas lapisan kulit bibir yang chapped. Ini hanya akan memperparah kondisi bibir dan menimbulkan rasa perih yang menyakitkan banget. Kadang juga tanpa sadar malah menjilat bibir agar tidak terasa kering, semacam jadi ‘pelembap instan’ di waktu-waktu mepet. Bukannya menjadi lembap, bibir malah akan semakin kering, lho. Karena air liur kamu hanya akan menguap dan tidak meresap ke bibir

Rutin dan cukup minum

Terakhir dan mungkin yang paling sering diremehkan, adalah rutin dan cukup minum air untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh. Manfaaat dari cukup minum air memang banyak banget dan saling berkaitan satu sama lain. Dengan memenuhi asupan cairan tubuh, kulit tubuh, termasuk juga bibir, tentu akan terlihat sehat dan nggak kering. Menurut saya ini tips yang harusnya paling mudah dan alami sih, untuk mendapatkan bibir yang sehat dan merona.

Selain dari tips di atas, apa kamu punya tips dan trik lain untuk mendapatkan bibir merona dan sehat? Bisa share di kolom komentar ya!

 

Images: Dok. Female Daily, freepik.com, pexels.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment