banner-detik

beautiful people

Mengenal Ni Nengah Widiasih, Peraih Medali Pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020!

seo-img-article

Kabar gembira datang lagi dari sektor olahraga Indonesia yang dimenangkan oleh wanita. Setelah banyak atlet Indonesia yang membawa pulang medali dari Olimpiade Tokyo 2020. Kini wanita asal Bali, Ni Nengah Widiasih sukses meraih medali perak pertama untuk Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020.

Atlet parapowerlifting ini tampil pada kelas 41 kg putri, dan berhasil mengalahkan sembilan wakil dari negara lain, seperti China, Brazil, Kolombia, Kenya dan lainnya. Pertandingan ini berlangsung di Hall Tokyo International Forum, Kamis 28 Agustus 2021.

Kursi roda tak jadi halangan

Menilik masa lalunya, Ni Nengah Widiasih yang akrab disapa Widi ini, sudah melakukan segala aktivitasnya dari kursi roda. Hal ini dikarenakan kakinya mengalami kelumpuhan. Meski kondisinya terbilang mustahil untuk melakukan sesuatu yang berat, namun berkat kegigihan dan kerja kerasnya selama ini, ia menjadi sosok yang nggak bisa di pandang sebelah mata. Kini ia menjadi atlet para-powerlifting andalan Indonesia.

Menjadi wakil Indonesia satu-satunya

Sebuah prestasi tersendiri apabila seseorang didapuk menjadi ‘satu-satunya’. Hal ini ternyata juga dialami oleh Widi. ia tercatat sebagai wakil Indonesia satu-satunya yang menyumbang medali pada Paralimpiade Rio de Jeneiro 2016. Penampilan tersebut ternyata menjadi agenda kedua Widi dalam ajang Paralimpiade, setelah debutnya di London pada tahun 2012.

Menabung banyak medali

Tak disangka ternyata kegigihan Widi mampu menabung banyak medali dari banyak perlombaan. Di tahun 2014 ia mengantongi dua medali perak di Incheon Korea Selatan. Kemudian di tahun 2015 dan 2017, ia mengantongi dua medali emas pada ASEAN Para Games. Sementara untuk single event, Widi juga meraih banyak medali dari European Championship 2018 di Prancis dan Piala Dunia Powerlifting di Hungaria pada 2019.

Sudah menuai prestasi sejak 2008

Jika diurutkan prestasi yang ia miliki, ternyata dari tahun 2008 ia sudah mengantongi medali perunggu di ASEAN Para Games Thailand. Sejak saat itu, hampir setiap tahun tanpa henti ia memenangkan berbagai macam medali, dari perunggu hingga emas. Jika ditotal ia sudah mengantongi 8 medali emas, dari 12 tahun berkarier sebagai atlet para-powerlifting.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Ni Nengah Widiasih. Masih tergolong muda, berusia 28 tahun namun kerja kerasnya nggak main-main. Di tengah keterbatasan yang ia miliki, ia mampu menembus batasan miliknya. Selamat Ni Nengah Widiasih, semoga bisa membawa pulang banyak medali emas lainnya di waktu yang akan datang.

 

Image : NPC Indonesia & Liputan 6

Slow Down

Please wait a moment to post another comment