banner-detik

skin care

Tips Efektif Memilih Pelembap untuk Kulit Sensitif yang Perlu Kamu Ketahui!

seo-img-article

Punya kulit sensitif harus serba lebih hati-hati saat memilah produk-produk perawatan yang digunakan. Apalagi kalau digunakan setiap hari.

Seperti kulit oily dan acne-prone, kulit sensitif juga punya segudang don’ts yang harus diperhatikan dan dihindari. Kalau nggak benar-benar dipertimbangkan, dampaknya bisa sangat painful dan mengganggu. Makanya, setiap produk perawatan yang digunakan, apalagi yang paling basic seperti pelembap, perlu diperhatikan cara memilihnya. Ini beberapa tips yang perlu kamu ketahui ketika memilih pelembap bagi kulit sensitif!

Baca juga: Gimana Sih Cara Memilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat?

Minimal ingredients

memilih pelembap

Kalau kulit kamu sensitif, carilah produk-produk perawatan yang kandungannya simpel dan basic. Memilih produk yang punya berbagai kandungan aktif bisa jadi tricky dan mungkin malah menambah masalah kulit. Hindarilah kandungan-kandungan tambahan yang tidak terlalu penting atau tidak terlalu dibutuhkan kulit. Karena topik kali ini kita berbicara soal pelembap, carilah pelembap yang punya kandungan paling basic, seperti glycerin, ceramide, atau hyaluronic acid yang secara natural diproduksi oleh kulit.

Harus fragrance-free dan hypoallergenic

Kulit sensitif sangat rentan dan peka terhadap berbagai permasalahan kulit, termasuk salah satunya rentan terhadap alergi. Carilah produk pelembap yang sudah berlabel hypoallergenic atau teruji minim menimbulkan potensi alergi. Memilih produk yang hypoallergenic juga wajib hukumnya digandeng dengan label fragrance-free untuk kamu pemilik kulit sensitif. Adanya wewangian atau parfum pada produk kecantikan bisa jadi salah satu penyebab munculnya reaksi alergi pada kulit.

Cari kandungan yang menenangkan

Karena kulit sensitif sangat rentan terhadap berbagai permasalahan kulit, sering kali kulit jadi meradang dan skin barrier menjadi rusak. Untuk dapat membantu dan menyeimbangkan kebutuhan kulit kamu, carilah kandungan-kandungan yang gentle dan menenangkan seperti aloe vera, oat, shea butter, atau bahan yang sudah alami diproduksi kulit seperti hyaluronic acid atau ceramides. Bahan-bahan ini bisa menutrisi, meredakan, serta memberbaiki kulit iritasi, sudah banyak juga pilihannya di brand-brand lokal kita!

Baca juga: 5 Rekomendasi Skincare Lokal Terjangkau yang Ampuh Merawat Skin Barrier!

Jangan gunakan acid

memilih pelembap untuk kulit sensitif

Pelembap adalah bagian dari rangkaian perawatan kulit paling basic yang digunakan setiap hari di setiap waktu (perawatan pagi atau malam). Karena sifatnya daily use, jangan masukkan bahan-bahan acidic yang biasa digunakan untuk eksfoliasi. Eksposur yang terlalu sering terhadap kandungan eksfoliasi bisa membuat kulit meradang dan kering, apalagi bagi kulit sensitif, dampaknya bisa lebih parah dan tipe kulit lainnya. Kalau membutuhkan produk eksfoliasi, pilihlah kandungan eksfoliasi yang gentle dan perhatikan frekuensi penggunaannya, jangan sampai terlalu sering ya!

Baca juga: 4 Jenis Skincare Ini Sebaiknya Dihindari Oleh Kulit Sensitif!

Itu tadi 4 tips paling umum yang harus kamu perhatikan ketika memilih pelembap untuk kulit sensitif. Produk pelembap apa yang menurut kamu sangat bagus untuk kulit sensitif? Share di kolom komentar ya!

 

Images: freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment